Hello Beauties ^_^

Aku dapat kesempatan lagi untuk mengikuti Ngopi Cantik yang diadakan oleh Beautiesquad. Aku selalu suka saat ikut Ngopi Cantik karena dari Ngopi Cantik kita bisa menambah ilmu, berkenalan dengan orang-orang baru dan saling tukar pikiran.

Di Ngopi Cantik #4 ini Beautiesquad mengambil tema "Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia bagi Beauty Blogger" dan narasumber nya adalah Langit Amaravati atau yang biasa disapa Teh Langit. beliau merupakan seorang carpenis, blogger dan desainer. Beliau juga profesional blogger dari wisatakata.id.


Sebagai seorang blogger menulis adalah hal yang sangat penting. Tidak susah tapi juga tidak gampang. Terkadang dalam menulis konten ada beberapa ejaan dan tata bahasa yang kurang benar. Nah untuk lebih jelasnya langsung aja yuk simak ilmu dari Teh Langit mengenai PUEBI 😊


APA ITU EJAAN ?
Yang dimaksud ejaan disini adalah kaidah penggunaan bahasa Indonesia, tanda baca, dan tata bahasa lainnya. Ejaan merujuk kepada dua "kitab suci", yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).
Karena bahasa bersifat dinamis, kedua kitab suci ini sesekali mengalami revisi. Yang terbaru adalah KBBI dan PUEBI 2016.


GAYA BERTUTUR 
Jadi apa sih gaya bertutur itu ? Sederhananya, gaya bertutur adalah gaya kita menyampaikan sebuah topik baik itu cerita, opini, berita dan sebagainya. Seni menyampaikannya itulah yang disebut gaya bertutur. Santai, serius, humoris, adalah label yang biasanya disematkan pada gaya bertutur tersebut. (Novia Syahidah)
Ada beberapa blogger memiliki gaya bertutur yang humoris, santai dan ada pula yang serius. Itu semua bisa dibilang ciri khas mereka dalam menulis blog.

KENAPA TATA BAHASA PENTING UNTUK BLOGGER ?
Karena blogger adalah penulis dan seorang penulis yang baik tentu harus peduli dengan teknis penulisan.

PENTINGNYA MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BENAR
1. Kredibiltas Blogger
Seorang blogger harus mengetahui tentang tata bahasa yang benar karena itu merupakan salah satu personal branding. Misalnya ada seorang blogger menulis review tentang suatu produk tapi menulisnya secara asal-asalan pasti sebagai pembaca akan malas untuk membaca review tersebut dan memilih membaca review lainnya yang lebih menarik.
2. Pagerank
Google dalam quality guidelines-nya mengatakan bahwa salah satu faktor yang menentukan peringkat sebuah situs web adalah kualitas tulisannya. Diantaranya : ejaan/tata bahasa dan minim typo.
3. SEO
Meski mesin pencari sudah sedemikian pintar sehingga bisa menafsirkan bahkan keyword dan meta description yang salah eja, namun jika ada dua artikel yang membahas topik yang sama, maka yang akan diprioritaskan untuk tampil di hasil pencarian adalah yang tata bahasanya lebih benar.
4. Pembaca
Seperti poin nomer 1 tadi, sebagai pembaca jika melihat artikel yang ditulis secara asal-asalan maka itu akan membuat para pembaca menjadi malas.
5. Monetasi
Brand tidak suka meng-hire blogger yang tulisannya berantakan.
6. Lomba Blog
Tata bahasa yang benar adalah satu poin penilaian yang penting ketika kita mengikuti lomba.

CARA BELAJAR TATA BAHASA 
Mudah kok, kamu bisa membeli buku PUEBI edisi terbaru, harganya juga terjangkau atau kamu juga bisa mengunduh PUEBI atau bisa cek KBBI daring.
Belajar dan terus berlatih itu adalah kunci utama. Biasakan menulis dengan tata bahasa dan ejaan yang baik ketika menulis artikel blog atau ketika membuat postingan di media sosial.
Attitude seperti ini seperti bumerang untuk kita. Kenapa ? Karena setiap hari bisa lahir blogger-blogger baru, yang mungkin cara menulisnya lebih baik dari kita. Maka dari itu satu-satunya yang bisa membuat kita stand out from the crowed adalah kualitas.

Okee selesai sudah materi dan ilmu yang disampaikan oleh Teh Langit. Semoga bermanfaat untuk kedepannya. Dan jangan lupa untuk terus berlatih dan belajar yaa 😃



See you on my next post (*_*)


rianna





FOLLOW ME : Instagram