Saat ini, jenis material sebagai atap bangunan memang semaki bervariasi. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah atap asbes.

Hal ini disebabkan karena, atab asbes cenderung lebih murah dibandingkan dengan bahan material lainnya, seperti tanah liat, beton, maupun seng.

Sehingga, membangun bangunan dengan atap asbes memang memberikan banyak keuntungan.

Selain itu, dari segi pemasangannya atap asbes juga tidak memerlukan banyak orang, sebab bahannya lebih ringan.

Dari segi waktu pun, pemasangan atap asbes akan jauh lebih cepat dan sederhana, berbeda dengan genteng yang harus dipasang satu persatu.

Meskipun dinilai dapat memerikan banyak keuntungan, namun perlu Anda ketahui bahwa asbes sendiri ternyata sangat berbahaya untuk kesehatan.

Bahkan, asbes diketahu dapat memicu timbulnya penyakit mematikan, yaitu kanker. Lanyas, seperti apa prosesnya sehingga asbes mampu menyebabkan kanker? Simak penjelasan di bawah ini.

Mengapa asbes berbahaya?

Pada dasarnya, material asbes dibuat dari mineral silica yang berbentuk serat-serat kecil dan halus. Dengan begitu, jika serat tersebut berterbangan di udara dan terhirup oleh tubuh, maka dalam jangka pangjang akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Bahaya asbes jika masuk kedalam tubuh

Serat asbes yang terhirup akan masuk kedalam paru-paru dan dapat memicu terjadinya asbestosis, yakni timbulnya jaringan parut di paru-paru. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan kanker paru-paru dan mesothelioma atau kanker ganas yang menyerang selaput mesothelium.

Risiko seseorang terkena penyakit-penyakit tersebut akan semakin meningkat seiring banyaknya jumlah serat asbes yang dihirup. Bahkan, yang lebih parahnya lagi, risiko kanker paru-paru akibat menghirup asbes cenderung lebih besar dibandingkan dengan asap rokok.

Melihat seberapa bahaya abses untuk kesehatan, tentunya akan membuat Anda berpikir lebih banyak ketika akan menggunakan abses untuk rumah atau bangunan yang Anda punya. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi paparan dari serat abses, di antaranya adalah :

- Menutup abses dengan terpal guna menghindari paparan cuaca.

- Mengganti lembaran abses yang sudah rusak dan berlubang.

- Memberikan batasan antara abses dengan ruangan di dalam rumah.