Ibu hamil memang pasti mengalami banyak perubahan pada kondisi tubuh mereka. Mulai dari kondisi tangan dan kaki yang membengkak, mood swing, dan perubahan bentuk tubuh lain akibat aktivitas hormonal. 

Salah satu perubahan yang juga kerap terjadi pada Ibu hamil adalah adanya pembengkakan di bawah ketiak dekat dengan payudara.

Bahkan, tak jarang bengkak atau benjolan di ketiak ini menimbulkan rasa nyeri yang cukup mengganggu.

Pada dasarnya, munculnya benjolan di ketiak merupakan hal yang dapat terjadi pada siapa saja, dan tak jarang kondisi ini menimbulkan berbagai macam keluhan atau gejala pada penderita.

Namun, ada beberapa wanita yang mengaitkan munculnya benjolan di ketiak dengan kanker payudara. Pasalnya, benjolan di ketiak muncul secara tiba-tiba, bahkan terkadang disertai dengan rasa sakit.

Selain akibat perubahan hormon pada Ibu hamil, benjolan di ketiak juga bisa jadi muncul akibat pencukuran bulu ketiak yang salah, reaksi alergi, infeksi virus atau bakteri, penggunaan deodoran, hingga tumor atau kanker.

Pada beberapa kasus, benjolan di ketiak dapat membuat badan menjadi panas dingin, sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa bahan alami dan aman yang dapat digunakan untuk mengobati benjolan di ketiak.

1. Air Perasan Lemon

Lemon merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin C, serta memiliki banyak kandungan anti-inflamasi.

Dengan kandungan yang dimilikinya, air perasan lemon dapat membantu meredakan dan menyembuhkan benjolan yang ada di ketiak Anda.

aranya adalah dengan mengompres bagian ketiak yang terdapat benjolan dengan kain atau handuk yang telah dibasahi dengan air perasan lemon.

2. Madu

Madu memiliki kandungan antibiotik yang dapat membantu melawan infeksi, sehingga dapat membantu meredakan benjolan yang muncul di ketiak Anda.

Caranya pun cukup mudah,yakni Anda hanya perlu membalurkan madu murni ke benjolan yang berada di ketiak.

3. Bawang 

Bawang merupakan jenis rempah yang selalu ada di dapur di setiap rumah. Selain dapat menjadi bumbu masakan, bawang putih juga dapat Anda manfaatkan untuk mengobati benjolan di ketiak.

Pasalnya, bawang memiliki sifat antimikroba dan antiseptik yang mana dapat emngobati infeksi penyebab benjolan di ketiak.