Sejak beberapa tahun belakangan, permasalahan kulit wajahku mulai bermunculan, maklum sekarang umurku sudah menginjak kepala 3 (ohh no.. aku udah tua!) selain karena faktor umur juga bisa saja disebabkan oleh kegiatanku sehari-hari yang mana aku dipaksakan harus bertemu dengan terik matahari, debu, dan polusi setiap pulang bekerja, padahal aku selalu menggunakan masker dan sun protection loh, tapi ternyata ga mempan juga.


Permasalahan Kulit Wajah dan Rambutku

Alhasil, wajahku memiliki banyak masalah seperti flek hitam yang membandel di area pipi, pori-pori besar, komedo, wajah kusam, dan yang paling ngeselin adalah munculnya jerawat, tapi munculnya cuma di jidat (plak! jidat kan ga bisa aku pakai kan masker kalau keluar rumah!), iya kasihan jidat ku, bagian wajah yang paling terpapar sinar matahari, debu dan polusi jalanan karena ga mungkin lah selama berkendara aku nutupin seluruh wajah aku.

Belum lagi kalau masa hibernasi ku tiba alias datang bulan, kayaknya hampir semua cewek merasakan ini, jerawat tumbuh subur di "T" Zone wajah, belum hilang bekas jerawat yang dulu, malah muncul lagi jerawat yang baru yang akhirnya juga meninggalkan bekas menghitam membandel. Selama masa haid, wajah ku akan sangat berminyak khusunya bagian hidung dan jidat, mungkin karena itu juga jerawat tumbuh subur di area tersebut dan padahal aku sangat jarang menggunakan makeup tebal, hanya foundation (jika diperlukan) dan bedak.

Oke, masalahku ga hanya sampai disitu, selain wajah yang kusam, flek dan jerawat, aku juga memiliki masalah pada rambut. Yash, rambutku rontok parah! For Your Information, rambutku sudah mulai rontok sejak aku masih SMP setelah menggunakan produk shampoo sembarangan dan rontoknya berlanjut sampai sekarang. Can you imagine? betapa pasrahnya aku terhadap masalah rambut rontokku karena aku sudah mencoba berbagai macam jenis shampoo dan tonic tapi ga menunjukkan hasil yang signifikan ๐Ÿ˜“, belum lagi jika kulit kepalaku sedang berminyak akibat cuaca panas dan lembab karena aku menggunakan hijab setiap harinya ditambah dengan penggunaan helm saat cuaca panas, maka terbitlah sang ketombe yang membuat kulit kepalaku terasa gatal.

Sejak saat itu aku mulai sadar, merawat wajah dan rambut tidak hanya sekedar mencuci muka dan keramas saja, apalagi di usia yang bisa dibilang ga muda lagi, perawatan ekstra memang sangat diperlukan agar kulit wajah tetap sehat, bersih terbebas dari flek hitam, cerah dan ga berjerawat. Merawat kulit wajah dan rambut merupakan sebuah proses, dan tiap bertambahnya usia permasalahan kulit dan rambut kita juga akan berbeda.

Aku #TerjebakERHA

Kalau sudah gini aku harus apa? membiarkan mereka merajalela diwajahku? membiarkan wajahku tetap kusam dan memiliki flek-flek hitam yang semakin banyak seiring bertambahnya usia? serta mencoba menerima kenyataan kalau kulit wajahku memang sudah tua dengan rambut yang.....? Oh No! 

Kebetulan saat aku buka instagram, aku nemu akun @michimomo yang disalah satu kirimannya membahas tentang share pengalamannya yang cocok setelah menggunakan rangkaian produk perawatan ERHA, akhirnya aku #terjebakERHA dan langsung aku cari-cari informasi tentang ERHA di akun instagramnya @erha.dermatology, ternyata disana ga hanya menyediakan konsultasi dengan dermatolog tentang permasalahan kulit wajah tapi juga permasalahan rambut, dan ini pas banget buat aku.

Di Banjarmasin tempat aku tinggal, sangat mudah menemukan ERHA, berada di lantai dasar Duta Mall Banjarmasin dan aku langsung berangkat kesana untuk dapat berkonsultasi langsung dengan tenaga ahli dan dokter tentang permasalahan kulit wajah dan rambutku. Sebenarnya ERHA memiliki beberapa jaringan seperti ERHA Dermacenter, ERHA Clinic, ERHA Skin dan ERHA APOTHECARY diseluruh Indonesia, namun di Banjarmasin yang ada adalah ERHA APOTHECARY. ERHA menerapkan konsep Personalized Program dimana pasien dapat berkonsultasi langsung dengan dermatolog untuk memahami secara mendalam tentang jenis dan kondisi kulit yang sedang kita alami. Disana aku juga mendapat penjelasan tentang Produk Over The Counter (OTC) ERHA yang ternyata dapat dibeli tanpa menggunakan resep, untuk digunakan sehari-hari.


Rangkaian produk OTC ERHA ini hadir dalam konsep ERHA APOTHECARY, ya seperti yang aku kunjungi di Duta Mall Banjarmasin kemarin. OTC ERHA ini memiliki 11 personalized category yang dapat dipilih sesuai kebutuhan kita, dan jangan khawatir di ERHA APOTHECARY ini juga menyediakan konsultasi dengan tenaga ahli dan dokter kok, so no worry lagi kan jika takut salah pilih produk perawatan ๐Ÿ˜Œ

Betah banget deh selama berada di ERHA APOTHECARY, karena selain ditangani oleh tenaga ahlinya langsung untuk menganalisis permasalahan kulit wajah dan rambutku, fasilitas medisnya menggunakan teknologi terkini, tempatnya yang nyaman, pelayanan konsumen disana juga sangat ramah loh. 

Kenapa Harus ERHA?

Selain dapat berkonsultasi langsung dengan dokter dan tenaga ahli di ERHA APOTHECARY tentang permasalahan kulit dan rambut yang aku alami, seluruh rangkaian produk OTC ERHA merupakan Dermatologist Formularies yang berarti setiap produknya diformulasikan oleh para dematolog yang bekerjasama dengan scientist, formulator dan pharmacist. Produk-produk dari ERHA akan dilakukan uji klinis terlebih dahulu oleh badan riset terpercaya sebelum diluncurkan. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan efektivitas formula produk. 

ERHA juga memiliki perawatan lanjutan yaitu Signature Line, yang merupakan sebuah layanan eksklusif yang memadukan teknologi dermatologi terkini dengan perawatan topikal, formulasi produk yang berkualitas dan aman. Terapi ERHA Signature Line meliputi ; Skin Thightening Therapy, Laser Photo Rejuvenation, Laser Pigmentation, Laser Vascular, Skin Resurfacing Treatment, Collagen Rejuvenation Therapy, Light Therapy, UVA/UVB Photo Therapy, Botox, Filler, Hair Removal Therapy, Laser Lipolysis, dan Excimer Laser.

For Your Information juga nih, ERHA sudah berdiri sejak tahun 1999 dan sekarang sudah memiliki 90 cabang ERHA Clinic yang tersebar di 39 kota di Indonesia dengan 450 dermatolog dan dokter, dan ditargetkan outlet ERHA akan mencapai 100 cabang pada akhir 2018 nanti, selain itu ERHA juga mengembangkan ERHA Skin Science yang tersedia untuk melayani masyarakat luas dan memberikan informasi yang tepat seputar kulit dan rambut. Jadi, menurut aku ERHA ini sudah sangat terpercaya dan berpengalaman menangani segala permasalahan kulit dan rambut, untuk masalah kecantikan/kesehatan kulit dan rambut aku percaya kepada ERHA.

Rangkaian Produk Perawatan Wajah dan Rambutku dari ERHA

Setelah berkonsultasi serta telah dilakukan analisis secara mendalam oleh dokter dan tenaga ahli di ERHA APOTHECARY, aku mendapatkan rangkaian perawatan untuk permasalahan kulit wajah dan rambutku, cukup banyak tapi aku rasa ini semua memang aku perlukan mengingat permasalahan wajah dan rambutku juga kompleks, nah berikut produk-produk ERHA yang akan aku gunakan :


PERAWATAN WAJAH
Erha21 - Truwhite Activator Day Cream, memiliki Active Whitening System yang dilengkapi dengan SPF 25 PA ++ merupakan Daily Whitening Moisturizer with Broadspectrum Suscreen. Truwhite Activator Day Cream dengan Tyrosinase Inhibitor dan Niacinamide berfungsi untuk menghambat pigmentasi berlebih. Vitamin E sebagai antioxidant dan dilengkapi dengan UVA dan UVB untuk wajah cerah, sehat bercahaya. Diformulasikan dengan Oil Absorbance untuk membantu mengurangi minyak berlebihan pada kulit wajah. Truwhite Activator Day Cream ini digunakan pada saat siang hari setelah wajah dibersihkan.

Erha21 - Truwhite Activator Night Cream for brighter and healthier skin, night cream ini cocok untuk semua jenis kulit. Erha21 - Truwhite Activator Night Cream ini mengandung Arbutin, Vitamin C, Crommabright MFFTM, dan TegoCosmo C 250TM sebagai Whitening Complex yang membantu mencerahkan kulit. Diperkaya dengan Glycosphere Papain untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan mencegah kusam pada wajah. Menjadikan wajah tampak lebih cerah, sehat dan lembut. Truwhite Activator Night Cream ini digunakan pada saat malam hari sebelum tidur dan tentunya setelah wajah dibersihkan.



Kemasan : Truwhite Activator Day Cream dan Night Cream ini memiliki kemasan tabung putih dilengkapi dengan kotak luar dan segel yang membuktikan bahwa kemasan ini belum dibuka sama sekali, memiliki warna putih yang dominan membuat kesan elegan pada produk, Truwhite Activator Day Cream dan Night Cream ini menggunakan sistem pompa untuk mengeluarkan isinya, menurut aku ini bagus banget karena aku bisa menakar seberapa banyak cream yang ingin digunakan tanpa harus tumpah dan belepotan.



Tekstur, isi dan aroma : Seperti halnya kemasannya, warna dari Truwhite Activator Day Cream dan Night Cream ini juga berwana putih, namun ada sedikit perbedaan dari segi warna, untuk Day Cream cukup pekat dan bentuknya cream namun tidak terlalu kental. Sedangkan Night Cream, warna putihnya agak sedikit lebih terang dari Day Cream Aroma nya cukup light dan tidak terlalu tajam. 

Berat Bersih : Masing-masing kemasan Day Cream dan Night Cream memiliki berat bersih 30g

Erha21 - Truwhite Activator Day Cream
Erha21 - Truwhite Activator Night Cream

Acne Care Lab
merupakan produk Acne Cleanser Scrub Beta Plus with Salicylic Acid and Sulphur (ACSBP), adalah pembersih dengan scrub lembut yang mengandung Salicylic Acid yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyebabkan penyumbatan pori wajah yang dilengkapi dengan Sulphur sebagai anti-acne sehingga menjadikan wajah bersih dan terasa segar.


Kemasan, Isi, Tekstur dan Aroma : ACSBP ini memiliki kemasan tube yang sangat mudah dibuka dan ditutup, pada tutup dalamnya terdapat segel yang membuat isi dari produk ini terjamin kualitasnya, isiya berwana hijau dengan butiran scrub lembut dan tidak mengakibatkan iritasi pada kulit wajah pada wajah, wanginya juga sangat light dan kalem. 


Acne Care Lab
Berat Bersih : 60g

Erha21 - Oil Control Wipes for Normal to Oily Skin, Merupakan tissue basah yang mampu membantu menyerap dan mengurangi minyak berlebih dengan segera, serta mengurangi kilap pada wajah. Dilengkapi dengan Allantoin sebagai sooting agent dan Triclosan sebagai anti-bakteri untuk membantu menjaga kesehatan kulit wajah. Mereka mengklaim dapat mengurangi minyak wajah berlebih hanya dalam 1 - 2 menit.

Kemasan : Oil Control Wipes ini tersedia dalam kemasan sachet, dimana setiap sachetnya berisi satu sheet oil control wipes, sangat praktis dan mudah dibawa kemanapun karena kemasannya yang tidak memakan banyak tempat, kemasan seperti ini dapat menjaga kualitas dari oil control wipes itu sendiri karena jika dalam 1 kemasan terdiri dari beberapa sheet, akan membuat kemasan terbuka sehingga isi yang lain mudah terkontaminasi, selain itu oil control wipes ini juga soap & fragrance free loh, jadi jangan khawatir sama kandungannya.

Oil Control Wipes ini akan sangat berguna pada saat masa hibernasi alias masa haidku datang, karena wajahku akan sangat berminyak, mari nanti kita buktikan apakah ini benar-benar bekerja menyerap minyak berlebih pada wajah ๐Ÿ˜



PERAWATAN RAMBUT
Erhair - Scalp Care Shampoo For Dandruff & Scalp Problem, Erhair Scalp Care Shampoo ini berfungsi membersihkan rambut dan kulit kepala yang diformulasikan dengan Climbazole dan Piroctone Olamine yang bekerja sinergis untuk membantu mengurangi dandruff. Shampoo ini juga dilengkapi dengan Aloe Vera dan Provitamin B5 yang memberikan efek segar di kulit kepala. 


Kemasan, Isi, dan Aroma : Scalp Care Shampoo ini memiliki kemasan botol dengan tutup flip-top yang mudah dibuka dan ditutup namun ga menyebabkan isinya mudah tumpah dan ga mudah meluber, pokoknya kemasannya clean, botolnya ga terlalu besar dan ga memakan tempat. Isinya berwarna putih bening dengan wangi yang sangat lembut, aku suka banget.

Berat Bersih : 100ml

Erhair - HairGrow Serum for All Hair Type, Merupakan serum perawatan yang intensif dengan KopexilTM dan Ekstrak Panax Gingseng untuk membantu mengurangi kerontokan rambut dan membantu meningkatkan pertumbuhan (desnsitas) rambut. Dilengkapi dengan Arginine, Biotin, D-Panthenol untuk menutrisi rambut. 


Serum ini dapat membantu mengurangi kerontokan rambut dalam 3 minggu* dan meningkatkan pertumbuhan (densitas) rambut dalam 4 minggu* (*Pengujian terhadap pasien AGA (Androgenetic Alopecia) dalam perbandingan dengan plasebo dan produk pembanding). 

Serum ini digunakan rambut dibersihkan, dengan dosis Erhair HairGrow Serum sekali sehari pada kulit kepala yang bersih dengan rambut dalam keadaan kering atau setengah basah. Dianjurkan untuk memijat kulit kepala pada saat mengaplikasikan serum ini dengan gerakan melingkar agar serum cepat menyrap dan bekerja maksimal, oh iya serum ini tidak perlu dibilas.


Kemasan dan Isi : Erhair HairGrow Serum ini terdiri dari beberapa kemasan mini dalam satu kotak, yaitu terdiri dari 7 botol mini transparant serum yang masing-masing berisi 8ml untuk 7 hari perawatan. Selain itu juga disediakan semacam pipet atau corong kecil yang akan memudahkan pengaplikasian serum ke kulit kepala.


Gimana? banyak dan lengkap banget kan perawatan kulit wajah dan rambutku? aku bakal share lagi hasilnya pada kulit wajah dan rambutku setelah menggunakan serangkaian perawatan dari ERHA ini dalam waktu kurang lebih satu bulan dari sekarang. So, stay tune ya! kita ketemu lagi untuk hasilnya nanti ๐Ÿ˜‰ Terima kasih sudah berkunjung ya.

Instagram : @erha.dermatology
Website : www.erha.co.id