Hallo, tak terasa kita berada di akhir-akhir Bulan Ramadhan ya, sedih memang karena pada saat Bulan Ramadhan, makanan berbuka dirumah terasa lebih spesial dan aku biasanya senang berkreasi masakan untuk menu berbuka puasa. Nah kali ini aku juga mau share menu masakan rumahan favorit keluarga ku saat Bulan Ramadhan tiba. 

Oh iya, menu kali ini terasa spesial dan sedikit berbeda karena aku menggunakan Chicken Cut dari So Good, salah satu variant So Good siap masak. Ngomong-ngomong menu kali ini yang aku buat adalah Ayam So Good Masak Habang, For Your Information Masak Habang merupakan makanan yang berasal dari Kalimantan Selatan, berbahan dasar cabe kering yang dihaluskan bisa dengan cara dicincang halus atau diblender.


Untuk resep aslinya, masak habang ini oily banget sampai seperti berkuah, kali ini aku pengen memasaknya lebih healthy dan mengurangi minyak, so penampilannya ga akan banjir kuah masak habangnya, tapi lebih terlihat seperti masak balado ya hehehe Jika kalian pernah makan masakan bumbu masak Bali, rasanya akan mirip-mirip seperti itu loh.

Bagaimana dengan rasanya? apakah pedas sekali? walaupun warnanya merah pekat tapi rasanya ga pedas sama sekali loh! karena menggunakan cabe kering, nah kali ini aku pengen sedikit ada pedas-pedasnya gitu, makanya aku pilih Chicken Cut dari So Good Siap Masak karena ayam dari So Good ini spicy alias pedas dan variant So Good ini sangat cocok untuk resep ini karena biasanya Masak Habang menggunakan potongan ayam yang cukup besar.

Oke, kalau begitu berikut resep dan cara memasaknya 😃

Bahan-Bahan 

Sambal Masak Habang :
- 10 buah cabe kering
- 3 Butir bawang merah
- 1 Butir bawang putih
- Kayu Manis sepanjang telunjuk
- 1 sdt Garam
- 2 sdt Gula putih ( bisa juga menggunakan gula merah secukupnya)
- Minyak Goreng secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya

Ayam

Chicken Cut So Good Siap Masak : 3 potong (ambil yang besar)


Cara Memasak

- Rendam cabe kering kedalam air panas sekitar 10 menit sampai cabe kering menjadi cukup lembut
- Siapkan blender kecil, masukkan semua cabe kering, bawang merah, bawang putih, dan minyak sedikit
- Blender sampai cabe nya halus, pindahkan
- Siapkan wajan, tuang minyak goreng secukupnya, masukkan chicken cut kedalam wajan dan goreng sebentar, angkat dan tiriskan
-  Siapkan wajan kembali, masukkan minyak goreng secukupnya
- Masukkan sambal masak habang, kayu manis dan masak sebentar kemudian masukkan ayam yang sudah digoreng tadi
- Aduk hingga semua tercampur rata dan tambahkan garam, gula serta penyedap rasa
- Koreksi rasa, angkat dan siap disajikan dipiring 😋


Nah itu dia resep masakan rumahan favorit keluarga ku, walaupun warnanya merah menyala tapi rasanya sama sekali tidak pedas, namun hanya gurih dan sedikit manis terasa, anak-anak juga menykainya loh. Karena aku kalau makan harus ada seratnya maka dalam plating aku memberi rebusan brokoli dan tomat agar terasa lebih segar.

Gimana? tertarik untuk membuatnya? caranya cukup mudah bukan dan ternyata Chicken Cut dari So Good Siap Masak ini ga pedas-pedas banget dan aku yakin anak-anak masih suka apalagi ayamnya yang sudah berbumbu makin terasa enak saat dibuat makanan seperti masak habang ini, apalagi aku ga perlu repot potong-potong ayam untuk membuat masakan masak habang ini karena sudah ada Chicken Cut dari So Good Siap Masak ini dan ukuran potongan ayanya pun pas sekali 😍