Akhir tahun 2017 yang lalu Xiaomi meluncurkan smartphone barunya yaitu Xiaomi Redmi Note 5A, dan kemaren gue berkesempatan mencoba smartphone ini. Ini adalah produk smartphone Xiaomi pertama yang benar-benar gue gunakan sendiri. Jika mendengar desas desus dan review orang-orang yang sudah menggunakan produk dari Xiaomi memang sangat jarang yang merasa tidak puas dengan fiturnya, sebagian besar dari mereka cukup puas dengan fitur yang disajikan diberbagai tipe smartphone dari Xiaomi.

Hal yang paling sering gue dengar dari para pengguna Xiaomi adalah " Spesifikasi yang menarik namun dengan harga yang terjangkau ", itulah yang membuatku semakin penasaran dengan performa smartphone dari Xiaomi ini.

Sebelumnya sangat viral salah satu e-commerce di Indonesia yang menjual produk smartphone Xiaomi Redmi 5A dengan harga kurang dari 1 juta dan selalu habis terjual, dan gue ga sempat mencicipi smartphone dengan harga yang tak sampai 1 juta rupiah tersebut. Maka kali ini gue mau coba "mencicipi" Xiaomi Redmi Note 5A saja dan apa aja sih kelebihan serta kekurangan smartphone yang katanya memiliki spesifikasi menarik dengan harga yang terjangkau ini.


KEMASAN

Dalam kemasan dari Smartphone Xiaomi Redmi Note 5A ini tidak ditemukan headset, didalam kotaknya hanya terdapat charger, SIM Ejector, Kartu garansi, dan buku panduan singkat mengenai smartphone ini.


HARDWARE

Smartphone ini dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 425 Octa-Core, Ram 2 GB dan storage Internal 16 GB yang juga bisa ditambahkan microSD. Bagi gue ini sudah sangat cukup untuk keperluan gue sehari-hari dari menyimpan foto dan bermain game-game ringan seperti Cooking Joy atau Candy Crush, namun untuk game yang lebih berat mungkin smartphone ini kurang cocok karena akan sangat berat.

WARNA

Silver
Gold 
Rose Gold
Kali ini gue memilih warna Rose Gold, karena warnanya yang terlihat cute tapi juga elegan. Warna Rose Goldnya tidak terlalu kekanak-kanakan tapi lebih ke feminim dan efek warna metalic nya memberikan kesan mewah pada smartphone ini.


HARGA TERJANGKAU

Xiaomi Redmi Note 5A ini hanya dibandrol dengan harga 1,5 jutaan (Rp) dengan spesifikasi yang cukup menarik, menurut gue itu cukup terjangkau. fitur-fitur yang ada di smartphone ini sudah bisa mencukupi keperluan gue sehari-hari.


BATERAI 3080 mAh

Walaupun smartphone ini adalah smartphone keluaran terbaru dari Xiaomi, tapi ga serta merta kapasitas baterainya lebih besar, karena Xiaomi Redmi Note 5A ini hanya dibekali baterai dengan kapasitas 3080 mAh. Tapi, untuk keperluan cewek yang biasanya hanya menggunakan smartphone untuk bersocial media, chatting, foto-foto, video, youtube, mendengarkan musik mungkin smartphone ini cukup bagus dan dengan baterai dengan kapasitas tersebut bisa bertahan seharian (sudah gue coba) dan gue ga perlu bawa-bawa powerbank lagi.

Namun Baterai smartphone ini tidak bisa dilepas alias baterai tanam, jadi kalau mau ganti baterai, kita ga bisa ganti baterai sendiri karena harus dibawa ke ahlinya bersamaan dengan smartphonenya juga hehe, selain itu Xiaomi Redmi Note 5A ini tidak mendukung fast charging, untuk sampai baterai full 100% kita harus menunggu sekitar 2 -2,5 jam.


KAMERA

Xiaomi Redmi Note 5A ini dilengkapi dengan kamera depan dan belakang, yang mana kamera belakang 13 MP dengan LED Flash yang bisa bikin foto yang cukup baik saat keadaan gelap, kamera belakang juga memiliki kemampuan Auto-Fokus yang cukup baik dan ini sangat membantu gue dalam hal pekerjaan gue sebagai reviewer karena gue sering foto produk hanya dengan menggunakan smartphone (menggunakan smartphone lebih praktis dibanding menggunakan kamera). Selain itu kamera belakang dilengkapi dengan berbagai menu, misalnya panorama, HDR, Timer, Audio, dan menu yang lainnya.


Sedangkan kamera depan Xiaomi Redmi Note 5A ini hanya 5 MP yang pastinya kurang tajam dibandingkan kamera belakangnya, dan kamera depan ini tidak memiliki menu seperti yang ada di kamera belakang, hanya ada menu timer dan pengaturan Skin Mode Pro dan Smart. Meskipun begitu hasil dari kamera depan cukup bagus untuk hanya sekedar selfi, apalagi ditambah oleh pancahayaan yang bagus.


DESAIN

First Impression gue terhadap smartphone ini adalah "Ringan", ya! dibanding dengan seri note yang lain, Xiaomi Redmi Note 5A ini lebih ringan dan juga lebih tipis dibanding dengan 4A, awalnya gue pikir material yang digunakan oleh smartphone ini pada penutup belakangnya adalah "Plastik" yang membuat bobotnya lebih ringan, namun setelah gue browsing-browsing dan juga gue baca dari situs resmi Xiaomi bahwa mereka meng-klaim jika material yang digunakan adalah logam. Ini suer keren banget, bobotnya yang ringan sangat cocok untuk dipakai oleh wanita. 

Xiaomi Redmi Note 5A ini memiliki layar 5,5 inci, yang bagi gue ini adalah ukuran yang pas dimata dan ditangan, why? smartphone ini ga terlalu kecil sehingga masih nyaman untuk membaca teks serta untuk mengetik pesan dan juga ga terlalu besar saat digenggam maupun saat mengetik walaupun itu hanya menggunakan satu tangan, mengingat tangan wanita Indonesia kecil (termasuk gue) lagi-lagi smartphone ini pas banget digunakan oleh wanita.


Layout tombol yang ada pada smartphone ini tidak jauh berbeda dengan serinya yang terdahulu, tombol volume dan power berada di sebelah kanan sedangkan slot kartu SIM berada disebelah kiri. Oh iya, pada slot kartu SIM ini terdapat 3 slot didalamnya, 2 untuk kartu SIM yang berukuran nano dan 1 untuk microSD, dan hal ini cukup menyenangkan karena gue ga perlu mengorbankan 1 slot SIM card hanya untuk meletakkan microSD dan semuanya bisa ditampung dalam satu tempat.

Pada bagian atas smartphone ini terdapat Audio Jack dan Sensor Infrared yang berfungsi sebagai remote berbagai benda elektronik seperti : TV, AC dan lain-lain. Pada bagian bawah terdapat port microUSB yang berfungsi untuk menyambungkan charger yang diapit antar speaker dikanan dan kirinya.

Xiaomi Redmi Note 5A tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari, tidak seperti saudaranya Xiaomi Redmi Note 5A prime yang sudah dilengkapi sidik jari, so untuk membuka layar smartphone ini dilakukan secara manual dengan memencet tombol power disebelah kanan atau dengan mengetukkan jari sebanyak 2 kali pada layar yang terkunci (Double Tab To Wake Up).

FITUR

Split Screen Fitur
Xiaomi Redmi Note 5A ini memiliki Split Screen Fitur, maksudnya adalah kita bisa membuka 2 aplikasi berbeda dalam satu layar. Ga semua smartphone dari Xioami yang memiliki fitur ini dan bagi gue ini adalah suatu kelebihan dan sangat memudahkan pekerjaan gue karena gue bisa membuka 2 aplikasi yang berbeda dalam 1 layar dan waktu. Gue bisa Facebookan sambil dengerin lagu lewat Youtube dan bisa keluar ke layar utama juga sambil dengerin Youtube :)



Dual Apps
Bagi kalian yang memiliki banyak social media atau aplikasi chat lebih dari satu, kalian pasti akan sangat terbantu dengan smartphone ini, kenapa? karena smartphone ini memiliki Dual Apps Fitur yang memungkinkan penggunanya dapat memiliki dua aplikasi dengan dua akun yang berbeda., misalnya Facebook, Whatsapp, dan lainnya, Simple banget kan?




Wallpaper & Tema
Smartphone ini juga dilengkapi dengan banyak pilihan wallpaper dan tema loh, saking banyaknya yang bagus-bagus gue sampai bingung milihnya 😍



KESIMPULAN

  • Xiaomi Redmi Note 5A memiliki desain yang sangat cantik, ringan dan tipis, sangat cocok untuk wanita apalagi smartphone ini memiliki variant warna Rose Gold yang sangat feminim dan elegan
  • Sayangnya smartphone ini tidak dilengkapi finger print
  • Untuk kamera, cukup baik dan cukup tajam
  • Walaupun smartphone ini hanya memiliki baterai dengan kapasitas 3080 mAh, namun untuk pemakaian biasa bisa bertahan seharian tanpa di charge
  • Bagi gue Smartphone Xiaomi Redmi Note 5A ini cukup worth untuk dibeli dengan harga 1,5 Jutaan, karena speknya yang menarik dan desainnya yang cantik