Bulan januari adalah bulan paling bersejarah dalam hidupku, karena dibulan ini aku say hello  pada dunia, walau sempat ada kesalahan beberapa data sipil yang mungkin sebagian teman-teman sudah mengetahui sejarahnya. Yah… tepat tanggal 7 januari kemarin umurku bertambah, tapi jangan ditanya sekarang umurku berapa karena sudah malas menghitungnya, apalagi kalau kata bapak-bapak penjual bakso itu biasanya masih mengira aku anak SMA berarti aku awet muda. But, gak ada masalah yang terpenting adalah doa semoga keberkahan umur masih setia padaku. 

Berkembangnya teknologi ternyata membawa dampak pada berkembangnya kehidupan manusia, ini bisa dilihat dari beberapa orang berbelanja tanpa harus membawa setumpuk uang tunai, cukup dengan memanfaatkan dompet digital, kartu debit/kredit  maupun dengan menggunakan secarik kertas Voucher bahkan cukup dengan sebuah barcode. Hal ini cukup mempermudah dalam bertransaksi dan bisa meminimalisir kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi pada saat pergi berbelanja. 

Di ulang tahun kemarin, ada teman yang berbaik hati menawarkan sebuah kado berupa E-Voucher Sodexo, karena ia kebingungan untuk memilihkan kado barang buatku, sehingga satu-satunya kado yang terpikir olehnya adalah memberikan E-Voucher dengan harapan aku bisa membelikan barang sendiri. Pastinya aku cukup senang dengan E-Voucher ini karena nominal di dalamnya bisa ku alihkan ke kebutuhan lainnya. 

Apa itu E-Voucher Sodexo?

E-Voucher Sodexo merupakan inovasi terbaru dari Sodexo, dalam bentuk e-voucher, yang dapat memberikan pengalaman belanja online maupun offline kepada penerima voucher.

E-Voucher Sodexo, atau disebut dengan Sodexo ePass, sekilas memang seperti voucher pada umumnya, berupa serangkaian kode-kode unik perpaduan antara huruf dengan angka. Setiap e-voucher Sodexo memiliki kode yang berbeda antara yang satu e-voucher dengan yang lainnya. Kamu juga bisa mengirimkan langsung melalui email atau sms tanpa harus menggunakan jasa kurir. Hal ini dari segi keamanan tentunya akan lebih efisien karena tanpa harus berpindah-pindah tangan sehingga  akan meminimalisir resiko yang kemungkinan terjadi seperti sobek atau lecet.

Dengan memiliki E-Voucher ini tentu banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan, diantaranya:

  • Kebebasan Memilih Hadiah, Penerima voucher dapat memilih sendiri hadiah yang diinginkan atau dibutuhkan dalam jaringan merchant Sodexo.
  • Proses Penggunaan Mudah Di Toko Offline, Cara menggunakannya sama seperti uang tunai, penerima voucher cukup menunjukkan kode voucher kepada kasir saat melakukan pembayaran transaksi di toko offline.
  • Proses Penggunaan Mudah Di Toko Online, Penerima voucher tinggal memasukkan kode voucher pada kolom yang tersedia di masing-masing merchant sebelum proses check out atau pembayaran pesanan.
  • Pilihan Kategori Yang Luas, Merchant Sodexo memiliki 8 pilihan kategori mulai dari makanan, supermarket, fashion hingga tour and travel. 

Selain manfaat diatas banyak keuntungan lain yang bisa dirasakan oleh pemilik voucher Sodexo karena tersedia lebih dari 35 merchant yang bisa menjadi pilihan, dan ada sekitar 15607 outlet  tersebar di seluruh Indonesia, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berbeda-beda dari setiap merchant yang ada. Namun kita juga perlu mengenali jenis E-Voucher Sodexo ini, ada 3 jenis voucher sodexo, yaitu:

  • Single Voucher, Hanya dapat menerima satu kode voucher per transaksi 
  • Multiple Voucher, Menerima lebih dari satu kode voucher per transaksi
  • Converter, kita harus menukar kode voucher terlebih dahulu sebelum menggunakannya 

Saat voucher sudah kita miliki, jangan sampai kita kebingungan untuk menggunakannya, karena cara menggunakannya cukup mudah sekali 

  • Tentukan Merchant yang dituju, rasanya memang sudah menjadi kewajiban sebelum pergi berbelanja harus terlebih dahulu menentukan kemana akan berbelanja apalagi jika berbelanjanya menggunakan E-Voucher , kita bisa mengecek alamat lengkap dari outlet merchant yang ingin dituju dengan melihat di epass.sodexomerchant.com.
  • Siapkan kode voucher, Kode voucher Sodexo selalu dimulai dengan SDX dan terdiri dari 5 hingga 10 digit huruf dan angka.
  • Berikan kepada kasir, Khusus untuk transaksi di toko offline Merchant Sodexo.
  • Masukkan di kolom kode promo, Khusus untuk transaksi di toko online Merchant Sodexo.

Selain itu juga ada beberapa hal yang harus kita ketahui ketika mempunyai Voucher Sodexo ePass:

  • Voucher Sodexo hanya dapat digunakan untuk satu kali transaksi
  • Jika jumlah nilai belanja kurang dari nilai nominal yang tercantum di voucher Sodexo ePass, maka sisa nilai tersebut secara otomatis hangus
  • Beberapa merchant memberlakukan untuk penukaran voucher terlebih dahulu sebelum digunakan untuk transaksi
  • Kita dapat mengunjungi tukar.sodexovoucher.com untuk melakukan penukaran voucher Sodexo ePass
  • Voucher Sodexo ePass yang telah ditukarkan, tidak dapat ditukarkan kembali
  • Tidak dapat ditukarkan dengan uang tunai
  • Merchant sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya
  • Voucher Sodexo ePass hanya dapat digunakan di merchant-merchant yang terdaftar pada website Sodexo
  • Selalu perhatikan masa berlaku Voucher Sodexo ePass, jadi yang memiliki Voucher ini jangan disimpan terlalu lama takut nantinya expired. 

Karena Merchant offline yang ada di daerahku hanya Alfamart, jadi E-Voucher Sodexo Ku nantinya bisa aku manfaatkan buat ngeborong di sana atau bisa juga dipakai untuk belanja secara online.

Share