Setiap jalan-jalan saya selalu suka mampir di masjid yang terkenal di daerah tersebut. Selain untuk sholat, saya juga suka memperhatikan bangunan masjid. Karena setiap daerah biasanya memiliki masjid besar yang dibangun dengan megah dan dengan arsitektur yang khas. 

Salah satu yang menjadi perhatian adalah kubah masjid. Kubah masjid merupakan ciri khas bangunan masjid yang terdapat di Indonesia serta beberapa negara lainnya. 


Dengan menggunakan kubah dalam suatu bangunan masjid akan memberi keindahan tersendiri. Bentuknya pun tidak harus bulat, di Sumatera Barat, kubah masjid rayanya berbentuk seperti atap rumah adat khas minang yaitu rumah gadang.

Selain sebagai komponen atau ciri khas masjid, Kubah Masjid juga sebagai penanda arah kiblat yang dilihat dari sisi luar. Serta reflektor cahaya juga mempunyai fungsi untuk menerangi sisi bagian dalam interior bangunan masjid. Untuk memperoleh unsur arsitektur satu ini, ada banyak kontraktor yang jual kubah masjid di Jakarta. Akan tetapi, diperlukan ketelitian dalam memilih kontraktor kubah masjid yang berkualitas dan terpercaya.

Mengenal Jenis-Jenis Kubah Masjid

Sebelum menentukan kontraktor serta jenis kubah masjid yang akan dipergunakan, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu jenis-jenis bahan kubah masjid yang dapat menjadi pilihan dalam pembuatan kubah masjid.

Terdapat beberapa jenis bahan dalam pembuatan kubah masjid. Akan tetapi, masing-masing bahan mempunyai kualitas yang berbeda-beda tergantung dengan tingkat ketahanan terhadap situasi serta kondisi tempat pembangunan masjid. Di bawah ini beberapa jenis bahan kubah masjid, antara lain:

1. Kubah Masjid GRC / Beton

Pembuatan kubah masjid dengan menggunakan bahan GRC (Grassfiber Reinforced Cement) atau bisa disebut bahan beton diakui sangat kuat dan kokoh. Selain itu, bahan ini lebih tahan api dan air. 

Penggunaan bahan beton dalam pembuatan kubah masjid diperlukan adanya rangka besi tulangan di dalamnya untuk memperkuat kubah tersebut. Kubah masjid dengan bahan beton pada umumnya diberi motif serta hiasan tertentu sehingga semakin menjadi daya tarik tersendiri dari kubah masjid tersebut.

Akan tetapi, penggunaan bahan GRC/beton dalam pembuatan kubah masjid memerlukan biaya yang tidak sedikit karena dibutuhkannya pondasi yang ekstra kuat untuk menanggulangi resiko runtuh atau retak. Selain itu, apabila terjadi kebocoran akan sangat sulit untuk ditambal seperti keadaan semula. Perancangan konstruksi dalam pembuatan kubah masjid berbahan GRC pun dapat dikatakan sangat sulit.

2. Kubah Enamel dan Galvalum

Kedua bahan ini terbuat dari baja ringan sehingga tidak sekokoh serta sekuat kubah masjid berbahan GRC/beton. Akan tetapi, untuk saat ini pembuatan kubah dengan menggunakan bahan enamel serta galvalum merupakan alternatif terbaik karena kedua bahan ini jauh lebih simpel dibandingkan dengan bahan GRC. Karena tidak dibutuhkannya pondasi yang kuat serta resiko yang ditimbulkan pun relatif kecil.

Kubah masjid berbahan enamel cukup banyak diminati karena mempunyai daya tahan yang lebih lama yakni dapat bertahan antara 20 hingga 30 tahun. Untuk harga kubah masjidenamel dapat dihitung dengan mengalikan luas permukaan kubah dengan harga bahan per meter.

Tips Memilih Penjual Kubah Masjid

Kita perlu mengetahui beberapa tips dalam memilih kontraktor yang menjual kubah masjid di Jakarta yang terpercaya serta berkualitas, antara lain carilah referensi mengenai kontraktor kubah masjid dengan memperhatikan hasil akhir yang telah diproduksi sebelumnya. Para kontraktor ini tentunya telah banyak memproduksi kubah masjid dengan berbagai model. Dari sini dapat kita melihat kubah yang dihasilkan berkualitas atau tidak.

Cari perbandingan antara kontraktor yang satu dengan kontraktor yang lain sehingga kita akan memperoleh kontraktor yang pas sesuai dengan harapan. Selain itu, perlu adanya saran dari orang yang telah berpengalaman dalam memakai jasa kontraktor kubah masjid. Serta periksa bahan baku yang disediakan oleh kontraktor, karena bahan baku sangat berpengaruh terhadap kualitas yang dihasilkan.

Dengan mengetahui jenis-jenis bahan kubah masjid serta berbagai tips dalam memilih kontraktor kubah masjid di Jakarta yang berkualitas dan terpercaya. Sehingga akan memudahkan kita dalam merancang serta mewujudkan kubah masjid sesuai dengan harapan dan kelak masjid yang dibangun akan berguna bagi banyak orang dalam menunaikan ibadahnya.