Benjolan di gusi sering sekali dianggap remeh oleh penderitanya sehingga mereka menyadari ketika benjolan sudah semakin membesar.

Penumpukan bakteri dan flak menjadi penyebab dari bengkaknya gusi. Jika benjolan gusi semakin besar akan menjadi keras. Hal tersebut perlu kalian ketahui karena benjolan keras di gusi tidak bisa di abaikan.

Ada beberapa yang harus kalian ketahui tentang benjolan yang ada pada gusi, karena ada berbagai macam penyakit yang dapat membuat gusi menjadi bengkak.

- Radang gusi. 
Penyakit yang umum terjadi pada gusi, dimana gusi mengalami iritasi, pembengkakan, kemerahan serta benjolan di gusi. Radang gusi tidak bisa di diamkan, perlu penanganan untuk menyembuhkannya, sebab bila di biarkan akan menjadi lebih serius sehingga bisa kehilangan gigi.

- Mukokel. 
Penyakit ini dikenal dengan Penyakit Kista mukosa yang berbentuk benjolan berisi cairan dan lebih umum muncul di bibir atau mulut dan juga gusi. saluran kecil kelenjar yang rusak atau tersumbat menyebabkan mukokel, dan biasanya mukokel sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Walaupun bisa sembuh dengan sendirinya lebih baik melakukan pengobatan untuk mencegah terjadinya infeksi atau kerusakan jaringan. Bila sudah membesar maka akan di tindak lanjuti dengan pengobatan gigi lebih serius.

- Abses gigi. Suatu kumpulan nanah yang terdapat di gusi, sehingga membentuk suatu benjolan. Penyebab hal ini bisa menjadi adanya bakteri yang sudah menumpuk di gigi atau gusi yang sudah tidak di rawat.

- Oral lichen planus. Benjolan gusi ini sebabkan karena penyakit lichen planus pada mulut, nampak bercak putih, benjolan, atau luka terbakar. Umumnya Benjolan ini terjadi pada mulut, gigi, gusi, lidah, dan juga jaringan bibir.
 
1 . Cara cepat mengobati gusi bengkak ialah dengan berkumur dengan air garam. Manfaat dari ai garam ini dapat menetralkan pH mulut, menenangkan radang gusi, dan membantu meringankan pembengkakan.

2. Minyak cengkeh
Minyak cengkeh memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, termasuk mengobati gusi bengkak. Minyak cengkeh memiliki sifat antimikroba dan sebagai analgesik yang dapat mengobati infeksi dan meredakan rasa sakit. Apabila Anda akan menggunakan minyak ini untuk mengobati gusi bengkak, Anda harus menggunakan minyak cengkeh yang asli.

3. jahe
Bumbu masakan ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan mengandung antioksidan yang bermanfaat mengurangi pembengkakan pada gusi dan peradangan.

4. Kunyit
Bumbu dapur berikutnya adalah kunyit sebagai sumber antimikroba yang kuat dan berkhasiat mengurangi peradangan, dan membantu penyembuhan gusi bengkak dengan cepat.

5. Lemon
Lemon dan air hangat adalah cara mengobati gusi bengkak yang cukup ampuh. Lemon diketahui memiliki senyawa antimikroba yang mampu membunuh mikroba penyebab infeksi dan mengatasi pembengkakan pada gusi, serta dapat menyeimbangkan pH di mulut.

Baca juga :
Manfaat daun pandan untuk wajah 
Manfaat kecantikan dari buah bit 
Kurangi makanan ini untuk detox wajah berjerawat