Aroma tidak sedap yang keluar dari mulut sering kali menjadi masalah yang membuat kita tidak percaya diri dan bahkan bisa mengganggu orang lain. Masalah lain yang terjadi adalah kita bisa dijauhi oleh teman terdekat karena tidak tahan pada bau mulut yang tak sedap.

Berikut ini 7 makanan yang dapat menghilangkan bau mulut tidak sedap.

1. Jahe

Tak hanya bisa menghangatkan tubuh, jahe juga terbukti dapat menghilangkan bau mulut. Kita bisa mengonsumsi jahe dengan cara meminum wedang jahe setiap pagi secara rutin.

2. Yogurt

Yogurt juga dapat mengurangi bau mulut yang tidak sedap. Sebuah studi di jepang menemukan bahwa bau mulut dapat berkurang setelah memakan yogurt dua kali sehari. Ini terjadi karena yogurt dapat mengurangi kadar hidrogen sulfida, senyawa yang dapat menyebabkan bau mulut.

3. Apel

Mengkonsumsi apel dapat membantu mengurangi plak dan sisa-sisa makanan di gigi. Apel juga dapat memberikan kelembapan pada mulut yang diperlukan untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

4. Stroberi

Kandungan vitamin C yang besar pada stroberi membuat bakteri dan kuman sulit hidup di mulut, sehingga dapat mencegah bau mulut yang tidak sedap. Dengan memakan stroberi dan makanan lain yang mengandung vitamin C ,kita bisa mengurangi risiko bau mulut.

5. Teh Hijau

Studi menunjukkan bahwa meminum teh hijau tanpa gula dapat membantu menghilangkan bau mulut. Terdapat kandungan antioksidan yang disebut polifenol yang berguna mengusir senyawa sulfur dan bakteri yang ada di dalam mulut, sehingga efektif menghilangkan bau mulut.

6. Permen Mint

Permen mint dapat membantu menjaga kelembapan mulut dan membuat nafas menjadi segar. Tetapi bau mulut hanya hilang untuk sementara waktu. Jadi, kamu harus mengkonsumsi lagi permen mint jika bau mulut datang lagi.

7. Air putih

Dengan minum banyak air putih dapat membantu melembabkan mulut dan tenggorokan, serta membersihkan bakteri penyebab bau mulut dan sisa makanan. Minum air putih juga bisa meningkatkan produksi saliva yang dapat membersihkan dan menghilangkan zat penyebab bau dalam makanan dan minuman.