Bismillahirrahmanirrahim..... 

Tak terasa, akhir Januari besok blog ini akan memasuki tahun ke-14 nya, woow jika diibaratkan dengan manusia sudah masuk SMP yah, heheheh. Tapi bagi saya blog ini  sudah seperti rumah, tempat saya untuk kembali. Blog ini telah menampung banyak cerita saya selama ini.


Meski saya beberapa kali membuat blog lain tapi kembali lagi cuma di blog ini yang jadi tempat utama saya berbagi cerita. Dari yang awalnya buat blog ini hanya sebagai tempat bercerita, berbagi pengalaman dan perasaan yang saya rasa hingga sekarang saya pun ikut menikmati mendapatkan rejeki melalui tulisan di blog ini dengan adanya sponsored post. Iyah, iyaaa, saya sadar kok kalau belakangan blog ini malah lebih banyak postingan sponsornya daripada organik, upsss. 😅

Kalau ada yang nanya, ngeblog selama itu udah dapat apa aja sih? Katanya belakangan lebih banyak sponsored post berarti udah banyak duit dong dari blog ini? Hmm, kamuu... Mau tahu atau mau tahu banget sih? :p 
Baiklah, di postingan kali ini saya mau sedikit cerita juga dong tentang kegiatan ngeblog saya selama ini. Bagaimana saya bisa tetap mempertahankan blog ini ditengah kesibukan mengurus keluarga dan rumah. Oh iyah, sebelumnya saya juga bekerja dan Alhamdulillah blog ini pun juga tetap eksis, hehehh. 

Seperti kata saya tadi bahwa awalnya blog ini hanya dibuat sebagai catatan saja. Ketika teman-teman lain sudah berpindah dari blog gratisan menjadi berdomain dan bahkan punya hosting sendiri, saya tidak bergeming. Ya, saya sempat seidealis itu, tidak ingin mengubah blog saya menjadi berdomain, saya bertahan dengan yang gratisan.

Hingga suatu hari saya pun memutuskan untuk terbawa arus membeli domain juga untuk blog ini. Demi apa? Yaaa, demikianlah. Eh maksudnya biar bisa menjadikan hobi saya yang satu ini lebih bermanfaat lagi. Baik bagi saya sendiri dan syukur-syukur buat orang lain juga nantinya. Saya pun juga tergiur dengan cerita dari teman-teman yang sudah lebih dahulu hijrah berdomain.

Baca juga: Ngeblog Jaman Old VS Jaman Now

Alhamdulillah, ternyata memang benar bahwa punya blog yang berdomain itu bisa mendatangkan rejeki. Tak selang beberapa lama tawaran kerjasama pun datang, Alhamdulillah modal beli domain pun bisa kembali, *emakperhitungan* hihihi. Eits tapiii, punya blog berdomain dan niat untuk monetize  blog itu tidak mudah Bambang! Harus disertai usaha agar klien juga mau bekerjasama dengan kita. Nah, apa saja cara-cara yang saya terapkan demi mempertahankan semangat ngeblog agar dapat rejeki dari ngeblog juga? Cekidot yuks! 🙂

1. Update Blog

Yes, namanya juga ngeblog, ya wajib dong mengisi cerita secara berkala. Ceritanya juga sebisa mungkin yang berfaedah, gak sekedar update semata. Cerita curhatan sih pasti masih sering yah, tapi sebisa mungkin dibuat lebih menarik agar pembaca juga lebih betah mampir dimari. Biar lebih menarik, mau tidak mau saya pun juga harus belajar menyuguhkan gambar yang baik untuk mendukung cerita yang saya tampilkan.

Harusnya sih belajar SEO juga tapi hal ini belum saya laksanakan, sebenarnya sesekali menyimak sharing dari teman-teman di group sih, tapi sayangnya untuk pengaplikasiannya saya belum melangkah ke tahap itu. Untuk saat ini, bisa posting rutin sesuai jadwal saja sudah cukup.

2. Share Postingan via Media Sosial

Agar menarik pembaca untuk mampir ke blog ini, salah satu cara saya adalah membagikan postingan terbaru ke media sosial. Saya akui sih bahwa sebenarnya saya masih belum begitu rajin untuk share postingan ke media sosial, sesekali saja jika postingan itu memang butuh pengunjung yang banyak untuk dilaporkan ke klien barulah saya sibuk share sana sini. Tapi di lain kesempatan jika ingat, begitu beres update langsung deh share sana sini.

Baca juga: Gregetnya Bersosial-Media

3. Blogwalking

Bagi saya pribadi, dengan adanya komen yang diberikan teman-teman di postingan saya itu menjadi motivasi saya untuk tetap update. Sadar akan hal itu, saya pun juga harus dong bisa memberi komen-komen yang tentunya jujur dan positif ke teman-teman melalui kegiatan blogwalking. Makanya saya rajin gabung di group blogwalking yang sekarang banyak bermunculan. Dengan gabung di group itu otomatis akan banyak pula yang berkunjung kemari, iyah jika saya ikut setor link di list BW sih, heheheh.

4. Mengecek Update DA, PA, GA dan juga Bersih-bersih Broken Link

Yeeaah, tahu sendiri dong ya persaingan job sekarang itu semakin berat dan ketat. Jadilah jika kita ingin blog punya nilai DA, PA dan GA yang tinggi sih harus rajin melakukan hal-hal yang sudah saya sebutkan di atas tadi. Jangan lupa cek nilai-nilainya itu tiap bulan, biasanya di awal bulan muncul tuh update ranking nilai blog kita. Kalau naik Alhamdulillah, jangan kendor semangatnya, harus lebih rajin posting lagi.

Baca juga: Misteri Nilai Google Analytic yang Anjlok!

Gimana kalau turun? Berarti rajinnya belum maksimal, rajinnya harus dimaksimalkan dong ya. Biar bisa kuat juga bargainnya saat ada tawaran datang. Jujur sih, saya masih tipe blogger yang woles dan nrimo kalau ada tawaran yang datang, eitss tapi terkadang saya pun juga berani minta harga yang tinggi apalagi jika syaratnya banyak, heheheh.

Apakah cukup segitu saja? Ohh, tentu tidak Marimar! PR ngeblog itu memang banyak, apalagi jika kita ingin serius menggelutinya. Masih ada satu lagi yang penting yaitu membersihkan broken link, ini biasanya banyak ditemukan di kolom komentar. Ntah, itu teman yang komen salah menuliskan URLnya atau mungkin saja ada perubahan link pada postingannya.

Tidak hanya itu saja sih, di postingan kita sendiri pun juga biasanya banyak broken link, bisa disebabkan karena tautan yang kita sematkan sudah tidak berlaku lagi atau mungkin saja sudah dihapus. Upss, jadi ingat sudah lumayan lama juga nih tidak bebersih. Kegiatan satu ini emang harus fokus sih dikerjainnya dan itu butuh waktu, apalah daya mamak ini sekarang harus bisa lebih adil membagi waktu. Belum lagi si Lepi yang sedang mogok jadilah semua terhambat, gempor shaayy kalau bebersihnya via henpon. 😑

5. Ikut Group Blog

Hal lain yang tidak kalah penting adalah harus mau terus belajar! Salah satu caranya adalah bergabung dengan orang-orang yang punya ilmu dan passion yang sama dalam ngeblog seperti Emak-Emak Blogger, Blogger Perempuan, atau yang paling sering saya sebutkan di blog ini yaitu #1minggu1cerita yang selalu sukses memotivasi saya untuk menulis, apalagi jika minggu tema. Dengan bergabung di group seperti itu saya jadi banyak belajar melalui diskusi-diskusi kecil yang disampaikan oleh para member.

Baca juga: Ngeblog dari Handphone? Ini dia, Rahasianya!

Oh iya, belakangan saya juga ikut WAG Belajar Web & Blog free, disana banyak sharing yang bisa diambil. Meski saya sudah lama ngeblognya tapi ternyata saya masih tidak memperhatikan kaidah ngeblog yang baik. Masih sering asal posting saja, hihihih. Seperti tentang SEO atau posting gambar yang sizenya besar tanpa melakukan resize terlebih dahulu dan masih ada beberapa hal lainnya.

Ahhh, memonetize blog itu ternyata memang tidak semudah yang kita bayangkan ya, Jenderal! Tapi meskipun demikian jangan pernah menyerah, yakin usaha tidak akan mengkhianati hasil *tsaaa, ngomong apa seh ini?* 😂

Yaaa, seperti begitulah usaha-usaha yang saya lakukan selama ini demi mempertahankan semangat ngeblog, demi eksistensi di dunia blogsphare ini yang semakin kejam menggemaskan. 😅

Anyway, postingan ini adalah special post collab perdana saya bersama Kak Reyne Raea, Blogger hitz pemilik blog: reynerae.com asal Sulawesi juga tapi sekarang stay di Sidoarjo. Apa? Belum kenal siapa dia? Aduuh, pasti becanda deh. Mamak dua anak ini kan terkenal sejagad medsos. Ayoo, silah langsung berkunjung ke blognya ya: 6 Hal yang Rutin dikerjakan IRT Ngeblog.

Sampai ketemu di collab selanjutnya. 🤗

Semoga bermanfaat.  🤓