Hallo, apa kabar?

Semoga sehat selalu, ya. Ngomongin tentang kesehatan, apakah Anda sudah punya asuransi kesehatan? Terkadang asuransi kesehatan suka dianggap tidak penting bahkan terlupakan. Walaupun sudah mempunyai asuransi wajib dari pemerintah (BPJS), tapi asuransi kesehatan dari perusahaan swasta juga sangat dibutuhkan. Kenapa? Karena terkadang asuransi kesehatan yang dari pemerintah tidak dapat claim semua biaya (hanya sesuai kelas).

Selain itu, asuransi saat ini tidak bisa claim semua penyakit bahkan dalam keadaan kritis. Sedangkan sekarang semakin banyak penyakit-penyakit baru yang aneh, dan itu tidak bisa diclaim oleh asuransi. Tapi sekarang ada produk baru dari Prudential, yaitu PRUTotal Critical Protection dan PRUTotal Critical Syariah. Seperti apa produk terbaru dari Prudential ini, baca terus Blog Post ini sampai akhir, ya! 😊

Prudential PRUTotal Critical Protection (PRUTop)

Prudential Indonesia
dr. Laura, Bpk. Himawan, & Bpk. Rusli (kiri ke kanan)

Beberapa hari yang lalu saya dan teman-teman Blogger Bandung mendapatkan kesempatan untuk menghadiri peluncuran produk terbaru dari asuransi Prudential. Acara ini dilaksakan pada tanggal 18 Januari 2020 di Harris Hotel Festival City Link. Acara ini dihadiri oleh Bpk. Rusli Chan, Chief Agency Officer Prudential Indonesia, dr. Laura Anasthasya, Sp.PD dari RS. Premier Jatinegara Jakarta, dan Bpk. Himawan Purnama, Head of Product Development Prudential Indonesia.

Pada acara tersebut, Pt. Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) membuat sebuh program baru yang sangat inovatif, yaitu PruTotal Critical Protection (PRUTop) dan PRUTotal Critical Syariah (PRUTop). Inovasi ini sangat menolong masyarakat Indonesia untuk terlindung secara total tanpa ada batasan jumlah maupun jenis penyakit kritis.

Keunggulan PRUTop & PRUTop Syariah

Setelah 25 tahun Prudential Indonesia hadir untuk memberikan perlindungan kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang untuk masyarakat Indonesia. Saat ini mengeluarkan produk baru yang akan memberikan perlindungan masyarakat dari kondisi kritis secara total.

Adapun beberapa keunggulan dari PRUTop & PRUTop Syariah yang ditawarkan Prudential Indonesia, yaitu :

  • Perlindungan atas kondisi kritis yang lebih luas, tidak ada lagi batasan jumlah penyakit kritis yang dilindungi.
  • Maksimal yang pertanggungan hingga Rp 5 Miliar.
  • PRUTop dan PRUTop Syariah yang dibeli bersaman dengan PRUEarly Stage Crisis Cover Plus (konvensional dan syariah) merupakan perlindungan kondisi kritis yang komplit.
  • Tidak ada ketentuan masa bertahan hidup.
  • Perlindungan atas penyakit kritis yang belum ditemukan (future-proof).

Asuransi Prudential memiliki sebuh tagline untuk produk terbaru ini, yaitu “hidup tenang dengan perlindungan total.”

Pentingnya Menjaga Kesehatan

Prudential Indonesia
Credit Picture from Pixabay.com

Selalu ada kalimat yang sering muncul saat kita sakit, yaitu “sehat itu mahal“. Memang benar kalau sehat itu mahal, karena kalau sudah terjatuh sakit banyak hal yang tidak dapat kita kerjakan. Maka dari itu kita harus belajar untuk bisa mengubah pola hidup. Dimulai dari rutin berolahraga, makan makanan yang sehat, istirahat yang cukup, dan memiliki hati yang gembira (tidak stress).

Menurut data WHO, hingga saat ini permasalahan kesehatan sudah mencapai 68.000 jenis. Maka tidak heran semakin banyak penyakit-penyakit baru yang aneh. Indonesia pun salah satu negara yang akan terkena bahaya penyakit tersebut, maka kita harus terus siaga. Para ahli juga mengatakan bahwa ada lima penyakit baru setiap tahunnya, tiga diantaranya bersumber dari binatang.

Di Jawa Barat sendiri, Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan berbagai jenis penyakit memiliki prevalensi yang melebihi rata-rata nasional. Data kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) menunjukkan penyakit janting diderita oleh 1,6% masyarakat, hipertensi sebanyak 9,67%, stroke sebanyak 11,4%, hingga gagal ginjal kronis sebanyak 0,48%.

Prudential Indonesia
dr. Laura Anasthasya, Sp.PD dari RS. Premier Jatinegara, Jakarta

Pada acara kemarin dr. Laura Anasthasya pun menjelaskan bahwa jika salah satu anggota keluarga yang sakit akan berdampak kepada keluarga lainnya juga. Misalnya, papa kita terkena sakit kritis dan harus dirawat di Rumah Sakit, maka semua anggota keluarga juga akan terkena dampaknya. Dampak yang dimaksud adalah orang tua laki-laki adalah tulang punggung keluarga, kalau beliau sakit maka stabilitas ekonomi dan masa depan keluarga akan tergoncang dan goyang. Lalu aspek psikologis juga, saat beliau sakit tentu saja akan ada anggota keluarga yang bergantian untuk menjaga dan berkorban untuk meninggalkan aktivitasnya.

Prudential Indonesia

Kejadian ini pernah saya alami sendiri. Saat papa saya harus terkapar di rumah sakit untuk beberapa minggu menjalani perawatan. Maka saya harus berhenti kuliah karena harus merawat papa hingga masa pemulihannya. Selama masa pemulihan tersebut papa tidak bisa mencari nafkah, sedangkan adik saya masih sekolah dan membutuhkan biaya. Jadi saya harus mencari pekerjaan untuk bisa membiaya keluarga saya saat itu. Situasi seperti ini sangat diluar perkiraan keluarga, seandainya dulu sudah ada asuransi perlindungan kondisi kritis.

PRUTop dan PRUTop Syariah Bukan Hanya Melindungi Kesehatan, Tapi juga Finansial

Prudential Indonesia
Bpk. Himawan Purnama, Head of Product Development Prudential Indonesia

Setelah mendengar penjelasan dari Bpk. Himawan Purnama, maka produk terbaru dari Prudential Indonesia yang PRUTop dan PRUTop Syariah ini bukan hanya memberikan perlindungan kesehatan dalam keadaan kritis, tapi juga finansial masyarakat Indonesia. Karena program ini dapat mengklaim penyakit jenis baru serta perlindungan kondisi kritis, mulai dari perawatan, tindakan, atau ketidakmampuan permanen yang terjadi akibat kondisi kritis.

Program asuransi terbaru ini bisa menjadi solusi asuransi tambahan untuk keluarga Anda. Andai dulu saat papa saya sakit, program asuransi ini sudah ada. Mungkin kondisi finansial keluarga saya bisa terbantu. Oh iya, asuransi apa yang sudah Anda miliki untuk keluarga? Sharing yuk dikolom komentar. 😊