Hallo, apa kabar?

Sekarang semakin banyak ya tempat kopi. Tapi ada coffee shop yang baru dan spesial di Bandung, yaitu Cafe More Wyata Guna. Kenapa spesial? Karena barista yang bekerja adalah seorang disabilitas sensorik netra. Penasaran seperti apa cerita dan tempatnya? Baca terus sampai akhir, ya!😊

Cafe More Wyata GunaBandung

Cafe More Bandung
Barista Cafe More Penyandang Disabilitas Sensorik Netra

Coffee shop yang baru di Bandung adalah Cafe More Wyata Guna. Tempat ini ada sejak Desember 2019, yang berada di dalam Wyata Guna Pasirkaliki Bandung. Kenapa berada di dalam Wyata Guna? Karena coffe shop ini dikelola oleh Badan Rehabilitas Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna, yag merupakan lembaga yang dinaungi Kementerian Sosial.

Baca Juga : Kopi Seru Bandung

Wyata Guna membuka cafe ini dengan tujuan memenuhi hak-hak disabilitas dan belajar untuk mandiri dalam dunia pekerjaan. Jadi yang menjadi barista di Cafe More ini adalah orang-orang disabilitas sensorik netra. Sebelumnya barista yang bekerja di Cafe More ini diberikan pelatihan oleh Siloam Center for The Blind Korea, yang dimulai pada Juni 2019 lalu. 

Cafe More Wyata Guna Bandung
Interior Cafe More Wyata Guna Bandung

Barista yang mengikuti pelatihan ada enam orang dan tidak mengeluarkan biaya sedikitpun. Mereka diajarkan mulai dari penggunaan mesin pembuat coffee, teknik menyeduh, dan lainnya hingga kopinya jadi. Keenam orang sudah mengikuti pelatihan akhirnya menjadi barista tetap di Cafe More dan merangkap juga menjadi kasir dan pelayan. Cafe More ini buka dari pukul 08.00 sampai 21.00 WIB, jadi mereka dibagi menjadi dua shift yaitu siang dan malam.

Cafe More Information

Cafe More Bandung
Menu Cafe More Bandung

Bagaimana dengan harga di Cafe More ini? Tenang harganya cukup terjangkau kok, terus juga bukan hanya menyediakan kopi saja, tapi ada juga Frape, Chocolate, Milk, dan Tea. Untuk harga kopinya mulai dari Rp 18.000 – Rp 25.000, untuk Frape mulai dari Rp 25.000 – Rp 28.000, Chocolate dan Milk mulai dari Rp 20.000 – RP 25.000, dan  untuk menu Tea nya mulai dari Rp 10.000 – Rp 16.000.

Baca Juga : Oleh-Oleh Khas Bandung, Bolu Susu Lembang

Cafe More Wyata Guna Bandung
Es Kopi Susu Aren

Saat saya ke sana masih ada promo beli Es kopi Susu Aren, Leci Tea, atau Espresso, sudah mendapatkan brownis, cukup membayar sebesar Rp 25.000 saja. Dan ini menjadi menu yang paling banyak dipesan saat itu.

Tempat ini berada di dalam kawasan Badan Rehabilitas Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna. Nanti dari gerbang depan, Anda cukup bilang ingin ke Cafe More. Nanti akan diarahkan untuk belok ke kiri saja, dan akan terlihat coffee shop-nya.

Cafe More Wyata Guna Bandung
Suasana Cafe More Wyata Guna Bandung

Kalau Anda berkunjung ke Cafe More ini pada siang hari, saya himbau untuk membawa kipas angin kecil yang portable. Karena waktu saya dan teman-teman berkunjung kesana, kami sangat kepanasan sekali dan merasa tidak nyaman. Mungkin kondisinya diluar sangat panas, di dalam cafe pun sangat penuh orang, dan AC yang ada hanya satu. Mungkin AC yang ada juga tidak mampu untuk melawan panas diluar dan kondisi yang banyak orang juga didalam.

Suatu Pesan Dari Cafe More

Cafe More Bandung
Berkumpul Bersama Teman-teman Blogger Bandung di Cafe More Wyata Guna

Saya datang ke Cafe More ini bersama teman-teman dari Blogger Bandung. Kebetulan kami juga sudah lama tidak bertemu dan ngopi bareng. Jadi kami janjian dan bertemu di coffee shop yang baru di Bandung ini. Banyak sekali pesan dan pembelajaran yang didapat sesudah bermain dan ngopi disana.

Cafe More Bandung
Suatu Pesan di Meja Barista Cafe More

Di meja barista ada tulisan yang berisi”, “Kakak, terima kasih atas bantuannya untuk memesan dan mengambil orderannya langsung di tempatnya. Karena barista kami adalah penyandang disabilitas tunanetra.”

Cafe More Bandung
Pesan di Dinding Cafe More

Adapun tulisan di dinding yang cukup besar yang berbunyi, “Secangkir kopi yang Anda minum menciptakan pekerjaan untuk para penyandang disabilitas.”

Cafe More Wyata Guna Bandung
Hot Espresso 

Memang banyak sekali coffee shop di Bandung, tapi Cafe More ini sangat spesial. Bukan hanya dengan membeli kopi disana kita membantu mereka dalam menjalankan bisnis. Tapi ada pesan yang sangat mendalam saat melihat mereka membuat kopi. Dengan keterbatasan tapi mereka ingin terus belajar dan berusaha untuk bisa menjadi orang yang berguna dan menjadi berkat untuk orang lain.

Dengan kondisi kita yang sehat apakah masih pantas untuk bermalas-malasan, atau terus mengeluh capek saat bekerja? 

Baca Juga : Korean BBQ Murah di Bandung

Cafe More Wyata Guna Bandung
Es Kopi Susu Aren

Nah, itu dia cerita singkat saya saat bermain ke Cafe More. Kalau Anda pergi ke Bandung atau berada di wilayah Bandung, jangan lupa mampir ke Cafe More ini, ya! Sampai bertemu lagi di Blog Post saya yang membahas tentang kuliner. 😉