Menurut Wikipedia, asuransi merupakan perjanjian antara dua pihak. Pihak pertama mempunyai kewajiban membayar iuran/premi sedangkan pihak kedua dalam hal ini perusahaan asuransi memiliki kewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pihak pertama selaku nasabah bila terjadi sesuatu kepada pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat. 

Perlindungan-asuransi-kesehatan
Perlindungan Asuransi Kesehatan (sumber : pixabay)
Asuransi merupakan sebuah instrumen sosial yang menjadikan resiko individu menjadi resiko suatu kelompok dengan menggunakan dana yang telah dikumpulkan untuk membayar suatu kegiatan yang mengalami kerugian.

Ada bermacam-macam asuransi yang ditawarkan. Salah satu yang banyak diminati adalah asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang khusus memberi jaminan atas biaya kesehatan atau biaya perawatan dari para nasabah jika mereka mengalami sakit atau terjadi kecelakaan. 

Secara umum, ada dua macam perawatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, yakni rawat inap di rumah sakit (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment).

Pergantian biaya kepada nasabah asuransi kesehahatan yang sudah membayar premi, diberikan secara proporsional sesuai kesepakatan awal. 

Perlindungan-Asuransi-kesehatan
Premi yang dibayarkan menentukan besarnya penggantian (sumber : pixabay)
Karena asuransi merupakan perjanjian antara perusahaan asuransi dan tertanggung (nasabah) sebagai pengalihan resiko dari nasabah kepada perusahaan. 

Perlindungan asuransi kesehatan akan memberikan ganti rugi secara terhadap materi terhadap pengeluaran yang terjadi akibat gangguan kesehatan, yang membuat keuangan tertanggung terganggu dan terjadi diluar kendali.

Asuransi kesehatan akan memberikan jaminan finansial untuk masa depan sehingga resiko gangguan kesehatan yang terjadi secara mendadak dan tidak ada kesiapan akan ditutupi oleh asuransi. 

Asuransi akan memberikan keringanan kepada keuangan keluarga sehingga tidak perlu khawatir untuk biaya perawatan inap, rawat jalan maupun pengobatan yang akan dijalani.

Perlindungan-Asuransi-kesehatan
Kondisi sakit membutuhkan biaya ( sumber : pixabay)
Asuransi kesehatan keluarga premi murah memberikan manfaat untuk rawat inap, rawat jalan termasuk biaya pemeriksaan dan konsultasi dokter spesialis, perawatan untuk pencegahan penyakit, persalinan secara caesar maupun normal, perawatan gigi dan biaya obat.

Adapun tips memilih asuransi kesehatan yang penting untuk diketahui adalah sebagai berikut :
  • Pahami kebutuhan asuransi mulai dari manfaat yang akan dibutuhkan serta layanan yang diberikan.
  • Pilih jenis pelayanan yang diinginkan. Peserta dapat memilih perlindungan diluar layanan standar. Walaupun akan mendapatkan biaya tambahan namun peserta akan mendapatkan layanan yang sesuai dan lengkap.
  • Lakukan perbandingan antara beberapa perusahaan asuransi berdasarkan premi yang dibayarkan dan pastikan mendapatkan yang terbaik.
  • Pilih asuransi sesuai dengan kemampuan dan anggaran keuangan yang kita miliki dan pastikan premi yang dibayarkan tidak memberatkan yang akan membuat keuangan menjadi terganggu.
  • Lakukan pengecekan terhadap kredibilitas dari penyedia layanan asuransi agar terhindar dari resiko kerugian.  Pastikan perusahaan asuransi dan agennya telah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan.
  • Komunikasikan dengan orang ketiga dalam hal ini agen asuransi untuk membantu menganalisis kebutuhan dan layanan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan kita (tertanggung). 
Perlindungan-asuransi-kesehatan
Konsultasikan besaran premi yang akan kita bayarkan (sumber : pixabay)
  • Pertimbangkan untuk menggunakan asuransi kesehatan keluarga yang menawarkan premi murah dan memiliki satu polis tanpa biaya administrasi yang banyak.

Dengan tips di atas semoga pilihan kita untuk menentukan perusahaan asuransi yang akan kita pilih untuk mengasuransikan kesehatan kita dan keluarga bisa sesuai, tepat, dan aman.

Semoga informasi ini bermanfaat yaa...
Salam...