Buibu yang punya anak balita, ada kah yang anaknya suka makan yang manis-manis seperti permen? Kayanya sebagian besar anak usia dini pasti suka makan yang manis-manis karena rasanya yang enak. Tapi jangankan anak-anak, kita pun orang dewasa banyak yang suka makan makanan manis. Mayoritas anak memang pasti suka makan permen, tapi sebagai orangtua pastinya kita harus bisa memfilter permen seperti apa yang diperbolehkan dan aman dikonsumsi untuk anak. 



Sebenarnya, memberikan permen ke anak ada pro dan kontra juga sih. Ada orangtua yang tidak mempermasalahkan memberi permen ke anak tapi disertai dengan syarat. Ada juga orangtua yang bebas memperbolehkan anaknya makan permen sepuasnya. Dan nggak sedikit juga orangtua yang melarang anaknya sama sekali untuk makan permen dengan alasan nggak baik untuk gigi dan kesehatan tubuh.

Saya termasuk orangtua yang memperbolehkan anak untuk makan permen tapi dengan beberapa syarat. Biasanya sih, sebelum memberikan Sultan permen, saya selalu cek dulu apakah permennya aman dikonsumsi dari segi ingredientsnya atau tidak. Pernah suatu ketika anak saya yang lagi main di luar diajak ke warung oleh tetangga, pulang-pulang dibawain permen yang belum pernah saya lihat sebelumnya, terus saya cek dulu apa kandungannya, karena dirasa aman akhirnya saya memberikan permen itu ke Sultan. Demi kesehatan anak, pastinya saya punya standar khusus, permen mana yang saya boleh kasih ke anak.

Bagi saya, permen yang boleh Sultan makan itu :
  • Permen Harus yang Bener-Bener Aman Dikonsumsi untuk Anak
  • Terdapat Sertifikasi Halal MUI atau Setidaknya Terdaftar di BPOM
  • Teksturnya Chewy biar Bisa Dikunyah
  • Kadar Gulanya Rendah

Meski saya tipe ibu yang tidak melarang anak sama sekali untuk makan permen, tapi saya nggak pernah menawarkan permen ke Sultan secara langsung. Biasanya saya kasih Sultan permen kalau dia terlanjur lihat ibunya lagi megang permen dan dia pengen. Karena kalau nggak diturutin, kemungkinan dia akan tantrum, dan itu pasti bikin repot. Tapi setelah saya kenal sama Pindy Permen Susu, saya nggak ragu sih nawarin dia permen tanpa diminta dulu, apalagi pas dia ngambek biar diem, haha 



Pliss jangan ditiru ya buibu, hehe

Saya nggak worry nawarin Sultan Pindy Permen Susu karena dari segi kandungannya pun aman banget. Selain ingredienstnya aman, Pindy Permen Susu juga sudah mengantongi izin BPOM dengan nomor 224510033005 plus udah dapet sertifikasi halal MUI juga.

Pindy Permen Susu ini ada 3 rasa yang semuanya disukai anak-anak, Strawberry, Coklat dan Susu. Tiga-tiganya aman dikonsumsi karena ingredientsnya sama, yang membedakan adalah kandungan gula di permen yang rasa susu lebih gede 1gr dibanding yang strawberry dan coklat. 



Ingredients Pindy Permen Susu

Gula, Sirup Glukosa, Lemak Nabati, Bubuk Buttermilk, Lemak Susu Anhidrat, Pembentuk Gel Gelatin Sapi, Pengenal Gom Arab, Perisa Sintesis Susu, dan Pengemulsi Nabati Lesitin Kedelai. 

Khusus yang rasa strawberry, ada tambahan Pewarna Kamoisin CI

Tapi tenaaangg, meski ada pewarnanya, Pindy Permen Susu tetap aman ko, karena cuma terdiri dari satu pewarna makanan. Soalnya saya tuh kalau pilih camilan kemasan atau jajanan seperti snack gitu, sebelum dikasih ke Sultan saya harus cek dulu kandungannya, kalau ada pewarna makanan lebih dari dua macam, prefer nggak saya kasih. Dan saya sering nemuin jajanan yang mengandung pewarna makanan lebih dari dua macam.

Walau sekarang saya suka kasih Sultan permen tanpa diminta lagi, ada beberapa syarat yang saya terapkan ke Sultan biar kesehatannya tetap terjaga. Karena pasti tahu dong ya, kebanyakan makan yang manis itu nggak bagus banget buat kesehatan.

  • Membatasi Jumlahnya.
Biasanya saya kasih Pindy Permen Susu ke Sultan maksimal 2 butir sehari. Kalau misal hari ini ngasih lebih dari 2, besoknya nggak saya kasih sama sekali.

  • Minum Air Putih
Minum air putih nggak boleh lewat biar nggak ada sisa-sisa rasa manis yang masih nempel di mulut.

  • Sikat Gigi
Ini penting banget, apalagi Pindy Permen Susu ini permen yang chewy gampang dikunyah, jadi pasti ada aja yang nyangkut di gigi. Sultan udah bisa sikat gigi sendiri, jadi pas mandi sore harus sikat gigi dulu. Dan karena setelah makan permen harus sikat gigi, biasanya kalau malam nggak saya kasih permen, biar nggak repot sikat gigi lagi dan juga karena mau tidur. Jadi jatah ngasih permen itu ya di siang hari aja, kecuali kalau lagi dalam keadaan darurat, hehe

Oh iya, Pindy Permen Susu tersedia dalam kemasan 115 gr dengan isi 50 butir dalam satu kemasan. 

Bagi yang pengen tahu lebih lanjut tentang permen yang #AmanDikonsumsi ini, bisa cek akun Instagramnya @permenpindy_id



Salam,