source : Wikipedia .org
Rumah dijual di Medan banyak dicari karena kota ini adalah salah satu kota besar di Pulau Sumatera bahkan juga di Indonesia, dan jadi salah satu sasaran urbanisasi.

Ada lebih dari 2 juta jiwa yang berdomisili di area dengan luas tak kurang dari 260km2 ini. Maklum saja, Medan menawarkan banyak peluang kerja hingga pilihan perguran tinggi favorit yang mengundang banyak pendatang.

Ya, sebagai kota besar Medan sudah dilengkapi fasilitas sosial dan infrastruktur yang memadai, sehingga membuatnya jadi salah satu kota yang tak hanya didiami oleh penduduk setempat, tapi juga pendatang.


Secara ringkas, berikut kelebihan Medan sebagai area domisili yang wajib diketahui sebelum teman-teman membeli rumah dijual di Medan:

1. Masyarakat beragam dan hidup harmonis

Medan menjadi salah satu daerah di Sumatera dengan masyarakat yang paling beragam dengan latar belakang budaya dan agama berbeda. Mulai dari orang Batak, Jawa, Tionghoa dengan agama yang juga beragam dan didominasi oleh pemeluk Kristen serta Islam.

2. Banyak pilihan kuliner murah meriah

Karena latar belakang masyarakat yang beragam, membuat Medan juga kaya dengan berbagai ragam kuliner khas dari masing-masing suku.
Anda bahkan tak perlu susah mencari makanan enak, karena jajanan pinggir jalannya saja sudah mengguggah selera.

3. Destinasi wisata alam yang populer

Siapa yang tidak tahu Danau Toba? Salah satu objek wisata yang tak hanya dikenal di Indonesia tapi juga hingga mancanegara. Berjarak 90km dari Kota Medan, kalian hanya perlu menempuh perjalanan beberapa jam saja.

Apalagi sekarang sudah dibangun jalan bebas hambatan yang membuat jarak tempuh kedua titik ini hanya sekitar 1,5 jam saja. Pembangunan Tol Tebingtinggi - Pematangsiantar sejauh 42km ditargetkan rampung tahun ini.

Selain Danau Toba tentu masih banyak pilihan objek wisata lainnya, termasuk di pusat kotanya sendiri. Mulai dari objek wisata sejarah seperti Gedung Balai Kota Lama, hingga objek wisata kuliner dan wisata belanja. Wisata religi pun juga ada dengan pilihannya Gereja Velangkanni dan Masjid Raya Medan serta masih banyak lagi.

4. Infrasturktur, transportasi dan fasilitas memadai

Selain pembangunan jalan tol baru seperti yang disinggung di atas, Medan juga diperkuat dengan keberadaan angkutan umum yang mempermudah akses ke berbagai titik.

Ada pula pusat tranportasi publik seperti Bandara Internasional Kualanamu yang dibangun megah dan menjadi salah satu dari 3 bandara terbesar di Indonesia. Akses bandara ini didukung oleh jalur kereta sehingga waktu tempuh Medan - Kuala Namu menjadi sekitar 30 menit saja. Bandara ini juga terhubung dengan jalan tol rute Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi.

Untuk fasilitas sosialnya antara lain ada pusat kesehatan seperti RS Siloam, Advent Hospital. Lalu pusat pendidikan ada Universitas Sumatera Utara (USU) sebagai salah satu yang terbaik di Sumatera.

Pusat perbelanjaan di Medan juga tak kalah lengkap, antara lain ada Lippo Plaza, Sun Plaza dan Thamrin Plaza. Tak terkecuali pasar tradisionalnya, dimana yang cukup dikenal ada Pasar Petisah, yakni salah satu pasar tua yang tak hanya dikunjungi oleh warga Medan, tapi juga para wisatawan, karena pasar ini juga menyediakan oleh-oleh khas Medan, disamping tentunya juga menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari.

Cari Rumah Dijual di Medan? Ini Pilihan Menarik dan Tips Memilihnya



Setelah mengetahui beberapa kelebihannya, apa teman-teman tertarik untuk berdomisili dengan mencari rumah dijual di Medan?


Beberapa pilihannya bisa kalian cek secara online melalui www.99.co/id.

Sebagai contoh, ada rumah dijual di Medan murah senilai Rp 200 juta saja. Berada di Villa The Green Makmur, rumah dengan luas 80m2 di atas lahan 120m2 ini memiliki 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi.

Dibangun di lingkungan yang asri dan nyaman, dari perumahan ini kita bisa dengan mudah menjangkau jalan raya, pusat perbelanjaan, terminal, gerbang tol hingga kampus USU.

Info rumah dijual di Medan lainnya yang menarik untuk dipertimbangkan adalah rumah dengan ukuran mencapai 131m2dan memiliki 4 kamar tidur serta ditawarkan seharga Rp 500 juta.

Menarik sekali bukan pilihan-pilihannya?

Jika kalian mencari pilihannya di 99.co Indonesia, maka akan banyak sekali pilihan menarik seperti di atas. Mungkin ini bisa akan membuat teman-teman kebingungan dalam memilih, tapi tak perlu khawatir. Karena kalian bisa mengikuti beberapa tips mudah dalam membeli hunian berikut:

1. Tentukan budget

Dalam membeli sesuatu, harga tentunya jadi salah satu pertimbangan penting, termasuk membeli rumah karena nominalnya juga terbilang besar. Jadi selain mencari rumah sesuai keinginan, susaikan pula dengan budget, apalagi jika akan membeli hunian dengan sistem kredit (KPR).

Perlu perhitungan yang cermat, mulai dari besaran uang muka hingga cicilan per bulan yang akan jadi beban biaya yang harus ditanggung dalam beberapa tahun ke depan.

2. Perhatikan lokasi dan akses

Lokasi yang strategis jadi salah satu faktor penting dalam membeli hunian. Hal ini terkait dengan kemudahan akses. Baik ke tempat bekerja, sekolah / kampus, hingga ke berbagai fasilitas sosial seperti pusat perbelanjaan atau pun rumah sakit dan pusat transportasi publik.

Tapi saat ini sudah banyak pilihan rumah murah namun berada di pinggir kota. Sebenarnya ini tetap bisa jadi pertimbangan selama akses transportasinya mudah, sehingga kita tak akan kesulitan untuk mengakses kantor dan sebagainya.

3. Lakukan survei


Mencari pilihan dan menyeleksi pilihan hunian melalui 99.co Indonesia memang sangat mudah dan bisa menghemat waktu. Setelah menemukan beberapa pilihan via online, kita bisa langsung survei untuk memastikan kondisi rumah yang diminati.

Jangan lupa untuk memeriksa lebih detail setiap sudut rumah, khususnya jika membeli rumah bekas. Dengan survei langsung,  tentunya kita juga berkesempatan bertemu dengan penjual dan bisa leluasa melakukan negosiasi, baik itu meminta potongan harga, bonus dan lain sebagainya.

Namun bukan berarti jika membeli rumah baru, tidak perlu teliti. Tetap perlu dicek setiap sudut rumah, apakah sesuai dengan ekspektasi atau tidak. Dan juga cek track recordpengembang rumah. Misalnya bisa dengan menanyakan pada orang-orang yang pernah membeli rumah dari pengembang tersebut, atau bisa juga cek melalui onlinemisalnya lewat website perusahaan dan semacamnya.

Nah, Apa sekarang kalian sudah siap atau memiliki rencana membeli rumah dijual di Medan? Selamat mencoba!