It's my FREE DAY! *again, finally*. So beauties kali ini aku mau sharing pengalaman cat rambut sendiri pakai pewarna rambut dari L'Oreal. Awal aku cat rambut tuh pertengahan tahun 2017, dan itu cat di salon. Aku kurang paham pewarna rambut merk apa yang dipakai waktu itu, aku cuma nunjuk mau warna brown dan setelah itu rambutku jadi kering, sedih deh. Untuk balikin rambutku ke kondisi semula yang lembut dan enggak gampang patah itu aku berjuang banget, harus rutin hair mask dan pakai vitamin rambut. Setelah beberapa bulan, kan harus touch up tuh biar tetap terlihat warna coklat. Aku pakai cat rambut yang model shampoo gitu, jadi cat sendiri dirumah. Ekspetasi aku ya agak mirip deh warnanya sama yang di packagingnya, karena memang aku enggak pernah bleaching rambut, aku tau warnanya enggak mungkin ON banget, tapi seenggaknya ya ada warna brown lah ya di rambutku. But ternyata setelah selesai ngecat, warnanya enggak mirip sama yang di packaging huhu bahkan warna brown-nya terlalu tua jadi malah mirip rambut asliku, jadi enggak kayak habis di cat haha.

Sekarang kan sudah lewat beberapa bulan dan aku harus touch up lagi, nah kali ini aku pakai cat rambut L'oreal Excellence Fashion. Aku tertarik banget karena waktu lihat gambar model di packagingnya warnanya tuh bagus dan kayaknya bakal cocok sama aku. Seperti apa hasilnya? Keep reading, scroll down!


Jadi ini dia item yang ada didalam box, dari kiri ke kanan ada Protective Pre-Color Serum, Protective Creme Colorant, Creme Developer, dan Protective Conditioner. Banyak ya? Waktu awal aku lihat juga agak bingung, tulisannya juga enggak paham karena sepertinya tulisan Jepang or China gitu (?). Penjelasan dengan bahasa Indonesia bisa kalian lihat di box yang paling luar, jadi kalau beli cat rambut L'oreal ini box paling luar jangan langsung dibuang ya. Oke yuk langsung ke cara penggunaannya. Scroll more!



Sebelum melakukan pewarnaan rambut sebaiknya lakukan tes alergi, hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah beauties alergi terhadap bahan pewarna rambut atau tidak. Caranya yaitu oleskan sedikit creme pewarna rambut pada bagian telinga belakang, lalu diamkan selama 48 jam. Jika tidak ada tanda seperti gatal, panas, timbul merah-merah, berarti beauties tidak alergi terhadap pewarna rambut tersebut dan bisa melanjutkan ke tahap pewarnaan. Untuk memulai proses pewarnaan rambut, langkah pertama adalah cuci rambut sampai bersih, pakai shampoo yang kita punya. Setelah itu keringkan rambut sampai benar-benar kering, lalu pakai Protective Pre-color Serum ini. Protective Pre-color Serum berguna untuk menjaga rambut agar kuat menerima bahan kimia dari si cat rambut itu sendiri. Cara pakai serum ini hanya diratakan ke seluruh rambut, tapi jangan sampai mengenai kulit rambut. Gunakan dari bagian tengah hingga ujung rambut, usahakan rata ke seluruh rambut, dari rambut bagian luar hingga rambut bagian dalam. 



Jika sudah selesai, gunakan 2 item berikutnya yaitu Protective Creme Colorant dan Creme Developer. Cara menggunakannya yaitu campurkan Protective Creme Colorant ke dalam tube Creme Developer, lalu kocok hingga merata. Jangan terlalu lama, karena ketika dikocok bahan tersebut akan menguap, kalau terlalu lama bisa blow up (meledak). Bukan meledak yang keluar api ya haha tapi bahannya maksa keluar karena enggak ada udara. Makanya setelah dikocok pelan, bisa patahkan bagian atas penutup tube-nya, atau langsung ganti penutup tube dengan penutup yang model sisir. Penutup model sisir ditengahnya ada lubang untuk mengeluarkan cat rambutnya, jadi udara bisa keluar melalui lubang sisir itu. 


Setelah warna cat rambut di tube terlihat merah dan merata, bisa langung gunakan ke rambut kita, ratakan dari pangkal hingga ujung rambut. Oh ya, jangan lupa gunakan sarung tangan plastik (ada di dalam box tapi tidak masuk ke foto disini) agar tangan kita tidak terkena cat rambut berlebihan. Walaupun jika terkena tetap bisa hilang bekasnya, namun kalau terlalu banyak pasti agak susah hilang dari tangan kita. Lanjut, ratakan pewarna rambut L'oreal Paris Excellence Fashion dari pangkal hingga ujung rambut, pastikan semuanya rata agar tidak belang-belang nanti rambutnya. Jika susah dapat membagi rambut menjadi 3 bagian dari atas ke bawah. bagian dalam, bagian tengah, dan bagian luar rambut. Jika masih kesusahan mengerjakan sendiri, bisa meminta bantuan orang lain (aku minta bantuan adikku untuk memakaikan serum dan cat rambut ini hihi). Jika sudah merata, diamkan selama 20-30 menit. Di keterangannya ditulis 20-30 menit, namun aku diamkan hingga 60 menit karena aku tidak melalui proses bleaching. Just make sure warnanya nempel, jadi aku diamkan hingga 60 menit.


Then setelah lewat 60 menit, bisa langsung mencuci rambut menggunakan shampoo untuk menghilangkan bahan kimia dari rambut. Berbeda dari pewarna rambut sebelumnya, waktu dibilas rambut terasa sangat lembut, mungkin karena sudah menggunakan serum sebelum proses cat rambut. Setelah keramas, keringkan rambut, lalu gunakan Protective Conditioner untuk menjaga kesehatan rambut. Benar saja, rambutku tidak terasa kering sama sekali setelah proses cat rambut ini. Wangi conditioner ini enak, namun masih kalah dengan bau kimia cat. But it's ok, karena rambutku jadi sangat lembut setelah menggunakan conditioner.


This is my before-after! Foto afternya agak kurang merah ya, karena agak gelap juga waktu foto. Aslinya kalau rambutku kena matahari wah merah bagus deh aku suka banget. Kemarin sempat aku upload ke instastory, merahnya bagus. Once again, aku TIDAK pakai bleaching ya, jadi warna rambutnya masih agak gelap.

Pros :
  • Warna rambut muncul, tidak perlu bleaching kecuali mau warna rambut yang ON banget ya memang harus melalui tahap bleaching.
  • Rambut tetap lembut terawat, serum dan conditionernya bekerja dengan baik.
  • Harga standar, tidak mahal untuk ukuran kualitas cat rambut sebagus ini.
Cons :
  • Bau pewarna rambut saat digunakan sangat menusuk hidung.


Pewarna rambut L'oreal Excellence Fashion memiliki 3 shade yaitu 6.34 Intense Golden Auburn, 6.13 Golden Nude Brown, dan P66 Intense Spicy Red (aku pakai red). Ketiga warna ini lagi jadi warna rambut trend loh, lagi IN banget gitu.

Jadi, tertarik untuk merubah warna rambut kamu jadi warna rambut trend? Kalian bisa dapatkan L'oreal Excellence Fashion di berbagai tempat seperti drugstore, dept. store, atau toko kosmetik terdekat dengan harga Rp. 123.000,-. Bisa pesan online juga loh melalui e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, Bukalapak, dll.

Yuk jadikan warna rambut kalian jadi warna rambut trend tahun ini!

Love,
R i z t `