Benjolan tiroid merupakan jenis kista yang tumbuh di leher, benjolan yang berisi cairan ini terbentuk dari kelenjar tiroid yang berada pada dasar leher. Bila kalian mengalami ini tentunya tidak boleh di anggap dengan sepele, sebab kista dapat menjadi benjolan besar ketika di diamkan saja.

Penyebab dari benjolan tersebut masih belum dapat diketahui dengan pasti. Seiring berjalannya usia yang semakin bertambah separuh manusia akan memiliki benjolan tiroid. Walaupun penyebab dari kista tiroid masih belum di ketahui dengan pasti, tapi ada beberapa yang dapat meningkatkan kista itu muncul.

- Kanker tiroid, benjolan yang terjadi bukanlah kanker tiroid, namun ada kemungkinan kecil.
- Adenoma tiroid, Sebagian besar bersifat jinak, namun sebagian kecil memproduksi hromon tiroid.
- Kekurangan Iodin, Salah satu akibat dari pola makan yang rendah iodin.
- Kista tiroid. Yang disebabkan karena adenoma tiroid yang mengalami degenerasi.

Sebeneranya kondisi tersebut bukan benjolan yang serius dan sebelum muncul tidak menimbulkan tanda dan gejala. Untuk pengobatan nya dokter akan memberikan saran dan penegasan yang benar serius dalam menangani kista tiroid.

1 . Obat Anti tiroid
Obat kelenjar tidroid untuk mengendalikan hipertiroid adalah tirostatika. Obat antitiroid ini berfungsi untuk menghambat sintesis hormon tiroid dan menekan efek autoimun.
Pemberian obat ini awalnya dalam dosis terbesar atau sesuai klinis, kemudian diturunkan sampai dosis terendah di mana hormon tiroid masih dalam batas normal.

2. Diet
Orang-orang yang memiliki beberapa ciri-ciri kelenjar tiroid yang mengalami pembengkakan akibat hipertiroid bisa diatasi dengan melakukan diet sehat.
Diet sehat untuk hipertiroid dilakukan dengan mengonsumsi makanan tinggi kalsium (brokoli, kacang almond, ikan, okra); makanan tinggi vitamin D (ikan sarden, minyak ikan cod, ikan salmon, ikan tuna, dan jamur); makanan tinggi magnesium (cokelat hitam, kacang almond, kacang mete, biji-bijian); serta makanan mengandung selenium (jamur, beras merah, kuaci, ikan sarden).

3. Operasi tiroid
Pembedahan tiroid dapat dilakukan secara total atau sebagian. Operasi tiroid diperlukan jika mengalami hal berikut ini:

- Hipertiroid yang parah pada anak.
- Tidak sembuh dengan yodium radioaktif, obat anti-tiroid atau obat kelenjar tiroid lainnya, dan perawatan lainnya.
- Pembengkakan kelenjar tiroid menyebabkan mata bengkak parah.
- Pembengkakan menyebabkan masalah pernapasan atau sulit menelan.
- Memerlukan kesembuhan yang cepat seperti ibu hamil, ibu yang merencanakan kehamilan dalam 6 bulan atau orang dengan penyakit jantung yang tidak stabil.

Obat kelenjar tiroid lain yang diberikan untuk hipertiroidisme adalah beta-blocker. Obat ini berfungsi untuk mengurangi gejala hipertiroid seperti jantung berdebar, tangan gemetar dan lainnya. Contoh obat ini adalah propranolol dan metoprolol.

Baca juga : Manfaat daun pandan untuk wajah 
                   Manfaat kecantikan dari buah bit 
                   Kurangi makanan ini untuk detox wajah berjerawat
sumber : https://lingshenyao.id