Bunda ada yang panik jika ananda minta sesuatu sampai nangis dan teriak teriak?
Ada beberapa masalah yang kita hadapi saat anak menangis minta ampun karena meminta sesuatu. Kita menjadi panik, terbawa emosi dan kadang malu juga karena anak nangisnya didepan umum. Lalu apa yang kita lakukan cenderung membelikan, menuruti apa keinginan anak. Bunda ada beberapa tips dalam menghadapi anak yang menangis karena meminta sesuatu:
1) Berikan Penjelasan
Anak harus diberikan penjelasan tentang kondisi kita ketika tidak membelikan apa yang diminta. Jangan ragukan kemampuan anak dalam mencerna penjelasan kita, apalagi kalau kita memberikan penjelasan dengan menggunkan bahasa yang mudah dipahami dan menggambarkan kondisi kita dengan cerita yang menarik.
2) Menunda untuk Membelikan
Adakalanya kita menunda apa yang diminta oleh anak. Berikan penjelasan yang mudah dipahami anak kenapa kita menunda membelikan sesuatu. Ini penting untuk membiasakan anak matang dalam mengendalikan emosinya.
3) Berikan Syarat jika Menuruti Keingingan Anak
Iya boleh menuruti keinginan anak asal anak tersebut berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik. Ini contoh bagaimana kita sebagai orang tua menuruti keinginan anak anak kita agar bertanggung jawab terhadap keputusannya kelak ketika ia dewasa.
Bunda itulah beberapa tips dalam mengelola dan menghadapi perilaku anak yang meminta sesuatu kepada kita. Semoag tips ini bermanfaat buat bunda...