Hai haii! Banner apakah itu diatas? Yak betul sekali bisa dibaca ya itu banner event Ngopi Cantik #3 with BeautieSquad. Apaan tuh BeautieSquad? Faedahnya apa ikut BeautieSquad? Buat yang mau tau banget, nih di post ini bakal dikupas tuntas soal BeautieSquad! BeautieSquad 101 UH-OH! Pembicaranya kali ini adalah kak Vina Eska, seorang Beauty Blogger yang berdomisili di Bali. Kak Vina adalah SPV PR di BeautieSquad loh beauties! So pasti infonya penting banget buat kalian yang mau join ke BeautieSquad juga nih, cusss aja dibaca yaaa.

BeautieSquad adalah komunitas beauty blogger dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki tujuan untuk menyatukan para beauty blogger Indonesia pada satu wadah untuk belajar dan berkembang bersama. BeautieSquad didirikan tanggal 23 bulan November tahun 2016. Pas 1 tahun dong ya? Yaiyalah event NgopCan ini kan dalam rangka BeautieSquad First Anniversary!


Siapa sih kak yang bentuk BeautieSquad? Nah perkenalkan ini dia para founder BeautieSquad, kak Virly, kak Nisa dan kak Liana. Jadi awalnya itu mereka bertiga membuat grup chat untuk beauty blogger. Awalnya hanya pakai nama Beauties, but then berganti menjadi BeautieSquad. Penggunaan nama Beauties karena isinya beauty blogger, penggunaan Squad untuk memperjelas bahwa BeautieSquad adalah sebuah Komunitas. Awalnya BS (singkatan BeautieSquad) menerima siapa saja yang ingin mencari teman chat, berbagi cerita, yang enggak punya blog, pokoknya bebas deh. Nah waktu awal tahun 2017 akhirnya BS membentuk kepengurusan dan memutuskan bahwa seluruh member BS harus memiliki blog agar sesuai dengan visi dan misi BS.

So apa sih Visi dan Misi BS?
Visi BeautieSquad :
  1. Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia.
  2. Menjadi wadah berkembang bersama pada beauty blogger dan beauty influencer.
Misi BeautieSquad :
  1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda NgopCan yang digelar setiap 2 bulan.
  2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand.
  3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collab yang rutin digelar setiap bulan.
  4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website BS.
Wah ternyata komunitasnya aktif banget ya kak sampai bisa jadi jembatan antara beauty influencer dengan brand. Iya dong, karena memang komunitas ini bukan untuk sekedar main-main. Bahkan pengurus BS semuanya punya tugas masing-masing dan tugasnya enggak semudah yang dibayangkan lohhh! Nih tugasnya, baca deh.

Bahas dari awal dulu ya, yaitu Founder. Tugas Founder BS adalah mengambil keputusan cepat dan tegas demi kelancaran Visi dan Misi BS, selain itu juga memantau pada officers melakukan tugas sesuai ketentuan. Anyway, para pengurus BS disini disebut BS Officers, kenapa gitu? Karena tujuan utamanya adalah melaksanakan tugas sesuai Visi dan Misi BS, bukan mengurus tugas.


Untuk membantu para Founder dalam menjalankan tugasnya, BS memiliki Chief Officer yaitu kak Vina Eska! Yey! Tadi katanya SPV PR, kok jadi Chief Officer? Iya, karena ada perubahan pengurus dengan tujuan memperjelas tugas para pengurus, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Disini tugas kak Vina sebaai Chie Officer yaitu melaksanakan Visi dan Misi BS yang sudah dibentuk oleh Founder dan melaksanakan keputusan yang dibuat. Selain itu kak Vina juga membantu founder dalam memantau progress kerja para officers. Selain para officers, kak Vina juga memantau, membantu dan memberikan semangat kepada para member BS dalam menjalani dunia blogger!


Then, here it is! Para officers BS. So disini ada 3 bagian yaitu Community Relation, SocMed Squad, dan Photo Editor Squad. Community Relation atau disebut CR ini dulunya bernama Public Relations. Di CR ada Lia Melqha sebagai SPV PR (menggantikan kak Vina), Fuji Astyani sebagai sekretaris dan SEO Analysis, dan ada 3 officers yang bertanggungjawab dalam divisi CR yaitu kak Liana, Ariani dan Rahma. Tugas officers di CR adalah menjembatani BS dengan brand, serta menjembatani para member dengan BS dan brand. Mereka juga melakukan proker bulanan seperti collab, ngopcan dan proker lain yang akan dijalankan nantinya. CR juga membantu kak Vina dalam memutuskan member BS yang dapat lolos untuk menjadi member BS inti. Apa itu member BS inti? Setelah ini dibahas yaa, baca terus sampai bawah pokoknya hahaha.

Kemudian ada SocMed Squad disebut SM, dulunya bernama Admin. SPV SM yaitu kak Rani Lukman, dan 3 officers yang bertanggungjawab yaitu Devi, Khrairunnisa dan Savitri. Ngapain sih SM ini? Tugas SM adalah memberikan informasi pada member melalui media sosial BS dan menjaga image BS di dunia maya. Kesannya gampang ya? Tapi ternyata susah loh, mereka harus memikirkan feeds, caption, insight, dan hal lain yang pasti harus membuat socmed BS terpampang nyata!

Nah yang terakhir ini Photo Editor Squad disebut PE, yang always main di belakang layar tapi enggak kalah pusing juga loh beauties! SPV PE adalah kak Raydita dengan 2 officers yaitu Laudita dan Annisa. Tugas mereka adalah membuat desain mulai dari desain collab sampai desain feeds! Berat ya, apalagi waktu collab harus collage foto dari member dan mikir desain frame dll.

Jadi dengan kepengurusan yang seperti itu, apa aja sih program yang dijalanin oleh BS? Hingga sekarang, program yang dijalani oleh BS secara rutin dan berkelanjutan adalah Makeup Collaboration (contohnya ada di post aku sebelumnya, Birthday Makeup Collab), sponsored review dan Ngopi Cantik BeautiSquad. Untuk kedepannya BS akan mengoptimalkan media sosial untuk dijadikan wadah berkembang bersama. Target utama dalam waktu dekat ini adalah program Instagram Take Over, yang isinya seperti ngopi cantik namun ditayangkan melalui Stories Instagram. Of course bahasannya seputas dunia beauty dan blog ya beauties!

Sesuai Visi dan Misi BS juga, BS memutuskan untuk memiliki SEO Analysis. Fungsinya yaitu untuk membantu apakah blog para member sudah sesuai kriteria SEO baik dari template, penulisan dan widget pendukungnya. Mengapa butuh SEO Analysis? Karena enggak semua blogger paham tampilan blog yang baik atau cara menulis yang SEO friendly (aku pun termasuk yang masih belajar untuk menjadi blogger yang baik hihihi).

Next, ini dia yang penting banget! Apa sih member inti BS? Beda ya sama member grup di Facebook BeautieSquad?

Beda dong say!
Member inti BS disini sudah terbiasa menulis sesuai SEO, template blog mereka sudah nyaman untuk dilihat, dan yang penting yaitu disiplin waktu! 3 hal tersebut merupakan hal penting di BS. Para officers sudah mengetahui kinerja para member inti sehingga saat brand meminta nama blogger untuk melakukan review atau kegiatan lainnya, BS berani untuk memberi jaminan bahwa para blogger menyanggupi keinginan brand sponsor.

Gimana caranya kak biar bisa jadi member inti BS?
Nih dibaca baik-baik ya jangan sampai ada yang kelewat.
  1. Punya Blog! Ya namanya juga beauty blogger masa enggak punya blog? Blognya enggak boleh sembarangan, harus memiliki template yang SEO friendly dan menarik. Cara menulisnya pun harus sesuai SEO dan enak dibaca, mulai dari pemilihan kata, keyword, tanda baca, foto yang digunakan. Foto penting banget beauties, harus cantik dan menarik!
  2. Top Level Domain apaan tuh kak? Itu loh yang enggak pake tambahan blogspot.com, wordpress.com, wix.com, sejenis itu deh pokoknya. Kenapa begitu? Coba kalian googling aja yah kenapa top level domain itu penting untuk blog, yang jelas bisa mempengaruhi traffic blog kalian beauties!
  3. Minimal menulis tentang beauty 2x dalam 1 bulan ya namanya juga beauty blogger masa nulisnya tentang kegalauan kan salah topik dongseee.
  4. Disiplin dan memiliki attitude! Penting banget nih! Untuk kalian yang ingin serius di dunia per-beauty-blogger-an, ngeblog itu enggak main-main. Harus disiplin contohnya waktu ngumpulin foto makeup collab, or posting event report, or lainnya yang sudah ditentukan oleh pihak BS dan brand sponsor. Sebetulnya ini juga untuk diri kalian sendiri kok, enggak mau kan nama kalian jelek di dunia per-blogger-an karena telat ngumpulin report or sejenisnya.
  5. Selain instagram memiliki fanpage dan twitter. Untuk instagram BS menentukan standar yaitu 500 follower, twitter 100 follower. Kenapa harus punya sosmed lain? Ya of course sosmed itu bisa jadi ladang kalian untuk sharing blog kalian kan.
  6. AKTIF intinya aktif terlihat di grup, aktif di sesi sharing, aktif apapun itu yang pasti dengan tujuan untuk berkontribusi di BS.
  7. Rajin ikut collab ya paham kan ini dunia maya, kalo kalian gak ikut makeup collab gimana caranya para officers sadar bahwa kalian nyata? Dari makeup collab kan bisa terlihat gimana cara para beauties merepresentasikan sesuatu melalui tulisan di blog kalian.
  8. Lolos dari pandangan CR, Chief Officers dan Founder. Udah ngerasa memenuhi 7 syarat diatas tapi belum keterima jadi member inti juga? Mungkin you are missing something, maybe suka telat deadline, atau kurang attitude, or followersnya beli, penulisan masih kurang enak dibaca, ya apapun itu banyak kemungkinan ya kan.
So that's all about BeautieSquad! Kalau kalian mau tau dan lebih kenal dengan BeautieSquad kalian bisa langsung klik badge BeautieSquad di blog ini, di sebelah kanan ada badgenya gede banget ya bok terpampang nyata! Or kalian juga bisa langsung klik >> Grup Facebook BeautieSquad.



Anyway aku bikin postingan ini karena BS sedang ber-Annive ria! So BS bikin giveaway bareng Nihonmart. Apa tuh Nihonmart? Nihonmart adalah toko online yang khusus menjual skincare, makeup, pokoknya beauty stuff dari berbagai merk. Lengkap banget loh di Nihonmart. Kalian bisa langsung ke websitenya ya, klik aja >> Nihonmart.

Okey akhirnya selesai juga postingan ini, info pentingnya silahkan kalian screenshoot, disimpan selama-lamanya di galeri hape juga boleh kok beneran, aku enggak ngelarang.

Sekali lagi, HAPPY 1ST ANNIVERSARY BEAUTIESQUAD!!

Love,
Rizt