Note : For international readers, kindly translate this article.


Kalau kalian sudah pernah baca review-ku tentang pengalaman pertama treatment IPL Hair Removal di ERHA, pasti tau banget alasannya kenapa beberapa hari yang lalu aku memutuskan untuk mengulangi treatment ini di ERHA Apothecary di Pakuwon Mall Surabaya. Sekilas info saja, terapi IPL (Intense Pulsed Light) memang sekilas mirip dengan terapi laser, namun bedanya terapi ini sangat minim resiko atau efek samping, dapat mencerahkan kulit, memperlambat pertumbuhan bulu rambut hingga 30% semenjak terapi pertama, dan bulu rambut yang kemudian tumbuh pun lebih halus dibandingkan sebelum treatment.

Treatment ERHAIR Removeasy Hair Removal by IPL ini dapat dilakukan di area ketiak, bagian atas dan bawah bibir, tangan maupun kaki tergantung dari permasalahan pertumbuhan rambut yang mengganggu di area mana. Nah, karena sebelumnya aku sudah pernah mencoba treatment IPL di bagian ketiak, kali ini aku cobain untuk treatment di area kaki. Memang sih, bulu rambut kaki ku nggak terlalu banyak, tapi kadang agak mengganggu juga karena meskipun nggak banyak, bulu rambut di kaki ini tumbuhnya panjang-panjang. Oleh karena itu, sebelum hari H treatment, aku double-check lagi mengenai treatment hair removal area kaki di website ERHA dan langsung bikin appointment di ERHA Apothecary Pakuwon Mall lagi deh, karena lokasinya paling dekat dengan rumahku ( fyi, treatment ini juga bisa dilakukan di ERHA Clinic ya ). Sebelum mulai treatment, seperti biasa aku dijelaskan prosedur IPL Hair Removal area kaki dan kali ini aku ditangani oleh dr. Melisa yang dibantu oleh Mbak Rina. Ternyata prosedur nya berbeda dengan hair removal di bagian ketiak loh!
Penasaran nggak sih bagaimana prosesnya dan apa perbedaannya? Yuk kita ulas secara lengkap!


PRE STEP : REGISTRASI DAN KONSULTASI
Seperti treatment sebelumnya, aku book appointment terlebih dahulu via Whatsapp mengenai tanggal dan jam treatment nya. Respon mereka sangat cepat dan ramah, bahkan beberapa jam sebelum treatment pihak ERHA menelepon aku dulu sebagai reminder untuk jadwal treatment. Saat tiba di lokasi, karena sebelumnya aku sudah pernah registrasi di ERHA,  jadi aku hanya perlu menunggu giliran dipanggil untuk memulai treatment. Untuk konsultasi kali ini pun langsung dijelaskan di ruang tindakan karena sebelumnya aku sudah pernah melakukan treatment ini, jadi untuk konsep garis besarnya sudah paham jelas.


STEP 1: CUKUR MANUAL
Sama seperti prosedur IPL Hair Removal di bagian ketiak, bulu rambut kaki dicukur secara manual terlebih dahulu dengan pisau cukur baru (Mbak Rina menunjukkan kalau pisau cukur yang akan dipakai masih baru dan bersegel). Bedanya dengan prosedur di area ketiak, sebelumnya kaki dibersihkan dulu dengan kapas basah.



STEP 2: PENGGAMBARAN POLA
Nah, ini yang paling membedakan treatment IPL di area kaki dengan area ketiakyaitu kaki digambar pola terlebih dahulu untuk menentukan pembagian area yang akam disinari dengan alat IPL. Kenapa harus digambar pola? Karena area kaki paling luas (kaki bagian depan dan belakang), jadi dibutuhkan pembagian area sehingga memudahkan saat tindakan IPL. Pembagian area nya ini menggunakan pensil berwarna putih, lalu dibagi areanya dengan menggambar grid.



STEP 3: TINDAKAN IPL
Setelah menggambar pola, langsung dilakukan penyinaran dengan alat IPL, dimulai dengan kaki bagian depan terlebih dahulu, dilanjutkan dengan kaki bagian belakang. Pada prosedur ini kaki tidak diolesi cooling gel terlebih dahulu seperti di area ketiak karena kulit di bagian ketiak lebih sensitif daripada kulit kaki.
Saat disinari dengan alat IPL, yang paling terasa adalah rasa dingin ketika alat menempel pada kulit. Sesekali memang ada terasa seperti digigit semut selama 1 detik, namun ternyata penyebabnya karena ada beberapa area permukaan kaki yang tidak rata sehingga alat IPL tidak dapat menempel dengan sempurna.

Alat IPL (Intense Pulsed Light)



STEP 4: APLIKASI SUNSCREEN
Setelah selesai tindakan IPL untuk kedua kaki (depan dan belakang), kaki dibersihkan kembali untuk menghilangkan gambaran pola lalu kemudian kaki diolesi dengan sunscreen, tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya iritasi. Dokter juga menganjurkan untuk selama 5 hari setelah treatment, kaki jangan sampai terpapar sinar matahari secara langsung. Tetap boleh menggunakan body lotion, namum dianjurkan untuk tidak menggunakan lotion yang mengandung efek brightening / mencerahkan.



Lama treatment ini adalah sekitar 1,5 jam, sedikit lebih lama dibandingkan dengan treatment di area ketiak karena areanya cukup luas. Menurut dr. Melisa,  treatment ini hasilnya akan lebih maksimal jika sudah dilakukan 4 hingga 6 kali dengan pengulangan secara rutin tiap 4 minggu sekali.

Sebelum - Sesudah Treatment Hair Removal by IPL

REVIEW :
Foto di atas adalah foto kondisi bulu rambut kaki sebelum dan sesudah treatment, terlihat jelas kalau kulit kaki terlihat lebih cerah dan halus seperti ada efek glowing. Sekitar 5 hari setelah treatment pun, bulu kaki masih belum tumbuh. Overall, aku puas banget dengan treatment dan service di ERHA. Ruang treatment yang selalu tertata rapi dan bersih dengan nuansa yang tenang menjadi poin plus yang membuat aku suka sekali treatment disana. Selain itu, baik perawat maupun dokter yang bertugas selalu menjelaskan secara detail tentang treatment yang akan dilakukan oleh tiap customer sehingga kita pun juga paham betul tentang treatment tersebut.

Nah, buat kalian yang saat ini juga punya masalah mengenai pertumbuhan rambut di area tubuh yang cukup mengganggu dan tidak bisa diatasi dengan produk OTC atau treatment biasa, aku rekomen banget untuk cobain treatment ERHA Removeasy Hair Removal by IPL ini untuk kalian coba. Aku sudah buktikan dua kali treatment di area yang berbeda dan hasil keduanya sangat memuaskan. Kalau kalian masih ragu, bisa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk solusi perawatan terbaik atau cek di website ERHA : http://www.erha.co.id langsung supaya lebih yakin untuk melakukan treatment.

 Dengan dr. Melisa


Rate : 4.5 out of 5
Price : 
- Underarms (ketiak kanan, kiri) : IDR 399.000 / treatment
- Arms (lengan bawah) : IDR 699.000 / treatment
- Legs (kaki bawah) : IDR 999.000 / treatment

ERHA Official Website : www.erha.co.id
ERHA Official Instagram : @erha.dermatology