Kista tulang merupakan benjolan atau tumor jinak yang tumbuh di area tulang atau sendi. Benjolan tersebut berisi cairan dan biasanya tumbuh di tangan atau pergelangan tangan. Kista tulang bisa muncul atau berubah ukuran dengan cepat atau menghilang. Penyakit ini akan lebih sering dialami wanita berusia 20 hingga 40 tahun.
 
Kista tulang juga biasanya di kenal dengan kista ganglion, yang dimana kista tersebut muncul di area sendi. Kista ganglion di sebabkan karena tumpukan cairan sendi dan membentuk sebuah kantung pada sandi. Akan tetapi hal tersebut belum diketahui walaupun ada beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko terjadinya ganglion, yaitu cedera pada sendi atau osteoarthritis.
 
Gejala kista pada tulang
 
Ada beberapa ciri khusus atau gejala yang alami oleh pasien kista ganglion. Diantaranya;

- Bentuknya bulat, memiliki ukuran seperti buah kelengkeng
- Munculnya ganglion sering di area pergelangan tangan dan sendi tangan
- Ukuran yang bervariasi, dapat berubah menjadi besar namun bisa juga mengecil kembali
- Kista yang muncul biasanya tidak akan sakit jika saraf tersebut tidak tertekan dengan benjolan kista.
 
Untuk memastikan kembali kista tulang atau ganglion kalian bisa berkonsultasi kepada dokter, dan dokter akan memeriksa atau mendiagnosis benjolan tersebut. Hal yang akan dilakukan dokter ketika melakukan pemeriksaan ialah;

- USG, Dimana dokter akan melihat benjolan tersebut berisi cairan atau jaringan padat dengan menggunakan ultrasonografi (USG).
- Aspirasi, Dokter akan melakukan penyedotan cairan yang ada pada kista menggunakan jarum, untuk dilakukan pemeriksaan di laboraturium
- MRI, dimana MRI ini pelaksaan pemeriksaan yang paling detail untuk memastikan kista tersebut.
Dengan pemeriksaan ini dokter akan memahami lebih luar tentang adanya kista ganglion serta dapat melihat kondisi kista tersebut.

Kalian harus mewaspadai hal tersebut karena sangat berbahaya bila terjadi komplikasi yang dapat menekan saraf pada persendian. Hal ini akan menjadi gangguan terhadap pergerakan sendi yang dimana setiap pergerakan akan merasakan nyeri, mati rasa, kesemutan, sehinnga melemahnya otot. Cegah kista ganglion dengan bahan yang alami atau dengan pola yang lebih sehat di bandingkan sebelumnya dan menjaga setiap asupan makanan atau minuman.
Baca juga : Manfaat daun pandan untuk wajah 
                   Manfaat kecantikan dari buah bit 
                   Kurangi makanan ini untuk detox wajah berjerawat
sumber : https://lingshenyao.id