Kista dermoid merupakan benjolan yang bukan bersifat kanker, benjolan ini terletak di bawah kulit. Kista dermoid dapat muncul dimana saja, artinya di seluruh badan kalian. Fisik dari dermoid berwarna kuning kecoklatan dan berisi cairan yang sangat bau.  Besar dari kista ini bisa mencapai sebesar bola pingpong.

Gejala yang dirasakan pada kista dermoid ini memiliki beberapa karakteristik yang memungkinkan kalian terkena kista tersebut.

-         Benjolan yang berukuran besar dari mulai kelereng hingga bola pingpong.
-         Biasanya benjolan tumbuh di daerah wajah
-         Pada puncak benjolan, terdapat komedo hitam
-         Bila kista mengalami pecah maka akan keluar cairan kental berwarna kuning dan kental.
-         Bila mengalami infeksi maka daerah di sekitar kista akan bengkak atau kemerahan.

Hal tersebut tidak bisa dibiarkan perlu di tindaklanjuti, pergi segera ke dokter. Karena merupakan masalah yang cukup serius.

Penyebab tumbuhnya kista =dermoid ketika sel-sel kulit mati terjebak dalam kulit. Cedera ini dapat di picu infeksi HPV, jerawat, atau paparan sinar mata hari yang berlebihan.

Dokter akan menentukan kista dermoid dengan cara melihat karakteristik dari benjolan. Dokter akan mengambil sample jaringan atau cairan untuk di periksa di laboraturium. Kista dermoid dapat berhenti tumbuh, bahkan dapat menghilang dengan sendirinya tanpa menggunakan pengobatan apapun.
Ketahui Tentang Kista Epidermoid
Kista akan membuat kalian tidak nyaman dan mengganggu penampilan, bila ingin mengobati dokter akan memberikan metode pengobatan seperti;

-         Operasi kecil, untuk mengangkat kista
-         Menyayat kecil pada benjolan kista untuk mengeluarkan cairan yang ada didalam
-         Terapi laser, untuk mengurangi ukuran kista
-         Suntuk obat, Mengurangi peradangan dan pembengkakan.