Cancerian merupakan orang yang cerdas dan seringkali sangat intuitif, orang-orang yang memiliki tanda zodiak Cancer (Cancerian) sangat sensitif dan perhatian kepada orang lain. Dengan temperamen mereka yang melankolis, mereka menyukai rutinitas, yang membuat mereka merasa aman. Mereka perlu melupakan masa lalu mereka untuk mampu hidup dalam kedamaian dan ketenangan. Mereka tidak suka perubahan, relokasi, atau pergolakan. Ini adalah tanda zodiak yang sangat membutuhkan cangkangnya yang keras, baik di masa lalu dan di masa kini.

Cancerian, seringkali berfokus pada masa lalu dan berlindung pada elemennya, Air, untuk dapat merefleksikan segala hal yang ada. Keterampilan dan kecerdasan adalah dua aset utama dari tanda zodiak ini, yang juga mempunyai kepribadian misterius yang tidak mudah untuk dimengerti. Dualitas pada zodiak ini, yang terus bergonta-ganti antara kebaikan dan kekerasan, sangatlah penting. Dengan kepribadian yang menawan, Cancerian seringkali menonjol dalam sebuah kelompok, tapi mereka akan selalu mencoba untuk tidak menjadi istimewa karena kerendahan hatinya.

Cancerian mempunyai kemampuan  yang sangat baik, tapi aset yang tidak terlalu signifikan ini seringkali merugikan mereka. Pada kenyataannya, bersifat terlalu emosional dapat berisiko untuk mereka yang menikmati suasana rutinitas harian mereka. Mereka tidak sering berbicara di depan umum dan berhati-hati untuk tidak memberikan pandangan mereka. Mereka lebih memilih untuk membiarkan orang lain mendapat perhatian utama, supaya isi hati dan perasaan mereka tidak terlihat dan supaya mereka mampu mengontrol emosi mereka. Ini adalah tanda zodiak yang tidak menyukai konflik dan tidak tahu cara mengatasinya. Mereka lebih memilih untuk lari, tidak berkata apa-apa, dan tidak mengekspresikan opini mereka, daripada mengambil sikap dan berusaha mempertahankan posisi mereka. Moto sang Cancerian adalah berkorban untuk orang lain.