Sebagai seorang beauty blogger, kita wajib memberikan tulisan atau ulasan terbaik untuk para pembaca. Gimana caranya, kita mampu membuat pembaca betah berlama-lama di dalam satu post yang udah kita tulis. Makanya, pemahaman tentang dunia literasi ini penting banget dimiliki oleh orang-orang yang ingin menjadikan blogger sebagai lahan pencahariannya.
     Dan di moment perayaan ulang tahun yang ke-3 ini, Sociolla dan Beauty Journal ngadain workshop yang temanya tentang "Writing a 'Lit' Beauty Review in Genius Way". Mungkin banyak yang udah tau gimana caranya menulis sebuah beauty review. Tapi banyak juga yang belum paham gimana sih caranya membuat sebuah review menarik yang bakalan bikin pembaca puas dengan info yang ada di dalam post kita.
 
Beauty 911: Writing a 'Lit' Beauty Review in Genius Way
1st Talkshow: Top Expert Tips to Shop Your Wishlist Product
 
     Di sesi pertama workshop ini, kak Mira Monika selaku Editor in Chief Beauty Journal ngasih tips untuk kamu yang pengen jadi seorang blogger. Intinya, pertama-pertama kamu harus temukan personal branding yang nunjukkin jati diri kamu. Misalnya nih, kamu adalah beauty blogger yang nulis produk kecantikan khususnya untuk brand-brand lokal saja. Otomatis isi di dalam blog kamu hanya produk dari brand-brand lokal dan nggak ada satupun produk high end. Dengan ini pembaca jadi tau kalau "Oh kalau mau nyari review produk lokal terbaru, mending ke blog si "A" aja". Dan itu bakalan jadi identitas kamu.
     Yang kedua, kreatifitas. Gimana caranya kamu harus bikin setiap post yang kamu tulis menarik ketika dibaca. Entah itu dari gaya bahasa atau dari foto-foto yang kamu tampilkan.
     Dan yang terakhir, konsistensi. Kalau kamu udah mutusin jadi blogger, ya kamu harus konsisten untuk terus menulis. Jangan sampai hari ini kamu nulis, eh sebulan lagi baru nulis. Tentukan waktu reguler untuk ngeluarin setiap post yang kamu bikin. Kalau bisa sih seminggu 3 kali. Semakin sering kamu menulis, semakin banyak juga tentunya pembaca yang membuat traffic blog kamu meningkat.
     Kalau baca tipsnya sih kelihatannya gampang ya. Tapi yang suka jadi masalah adalah tabungan konten dan bahkan tabungan keuangan kita. Namanya beauty blogger, pasti butuh produk yang akan di review. Dan untuk dapetin produk itu tentu kita harus beli donk, kecuali memang ada brand yang menawarkan produknya ke kita untuk di review. Nah, sebelum ada brand yang ngajakin kerjasama kita pasti butuh modal sendiri untuk melaksanakan review-review yang jadi materi di blog kita. Terus gimana nih biar kita nggak tekor ngeluarin budget untuk membeli produk-produk yang akan di review?
 
Top Expert Tips to Shop Your Wishlist Product by Mira Monika
5 Beauty Rules to Help You Stay on Top of Your Budget
 
     Sebagai Visual Planner Jenius, kak Melia Praditya ngasih beberapa tips untuk kamu agar bisa mengatur budget yang akan dikeluarin ketika membeli suatu beauty produk.
1. Know when to save and slurge
Untuk kamu yang punya budget terbatas, perlu banget yang namanya pengetahuan tentang kapan kamu harus membeli barang dan kapan kamu bisa membelanjakan uang yang kamu punya untuk dibelikan  beauty produk yang tentunya kelak sangat berguna untuk investasi. 
2. Research, research, research
Sebelum membeli sebuah produk, kamu wajib yang namanya cari tahu tentang keunggulan dari produk yang akan kamu beli. 
3. Don't be afraid to make the most of your money
Selama kamu pikir barang yang akan kamu beli itu berkualitas, jangan ragu mengeluarkan uang semahal apapun itu. 
4. Sleep on it
Yang ini khusus buat kamu yang mupeng banget pengen beli beauty produk mahal tapi belum punya budget, udah mendingan lupain aja atau tunggu sampai ada flash sale hehe. 
5. Buy variety not quantity
Penting banget nih untuk kamu lebih selektif dalam memilih beauty produk yang akan dibeli. Misalnya, kamu mau beli foundation, belilah yang berbeda jenis, seperti matte finish atau dewy finish. Jangan sampai 5 foundation yang kamu beli tapi punya hasil akhir yang sama aja.
 
5 Beauty Rules to Help You Stay on Top of Your Budget by Melia Praditya
How to Manage Your Money in Jenius Way
 
     Untuk bisa mengatur finansial kamu dalam membeli sebuah produk, sekarang kamu bisa memanfaatkan aplikasi Jenius yang bisa diakses dari smartphone kamu. Jadi di aplikasi ini kamu bisa spend money dan mengatur budget sesuai dengan kebutuhan kamu. Dengan begitu, nggak ada lagi deh yang namanya over budget dan tekor tiap akhir bulan. Aplikasi ini dijamin aman karena dibawahi langsung oleh bank BTPN lho.

How to Manage Your Money in Jenius Way
The Ultimate Guide to Write a "Lit" Beauty Review
   
     Kalau udah paham gimana caranya mengatur keuangan kamu untuk membeli sebuah beauty produk, sekarang saatnya kamu mulai review deh produknya. Gimana sih tips review yang baik? Nah, kali ini kak Grisselda Nihardja selaku Lead Editor Beauty Journal bakalan ngasih tips yang berguna banget nih buat para beauty blogger. 
     Untuk mereview sebuah beauty produk kita perlu banget merhatiin yang namanya konten. Apa aja sih yang ada di dalam konten itu? Jadi mulai dari texture, color, scent, claims, packaging, star ingredients, aplication tips, how to use, final thought sampai cover the basics sebisa mungkin ada di dalam ulasan yang akan kita post. Gimana caranya pembaca tuh puas dengan info yang kita berikan dan nggak perlu nyari-nyari referensi dari artikel lain lagi.
     Selain itu secara visual juga perlu kita perhatikan. Sebisa mungkin foto yang akan kita unggah merupakan foto karya kita sendiri, bukan mencomot dari website brand yang bersangkutan. Foto yang kita pilih juga diusahakan untuk focus dan mensupport artikel yang kita tulis. Khusus untuk skin care, kalau bisa sih ada foto before after pemakaian produk yang kita review.
 
Grisselda Nihardja as Lead Editor Beauty Journal
     Nah sekarang para beauty blogger atau yang baru mau jadi beauty blogger udah kebayang kan gimana cara mereview yang baik dan disukai pembaca. So, jangan pernah takut untuk mereview apapun because sharing is caring!