Kista gigi muncul di ujung akar gigi, akan tetapi bisa juga muncul di gusi bagian atas gigi. Penyebab dari munculnya kista gigi ialah terjadinya infeksi pada gigi yang tidak dapat perawatan, hingga gigi tersebut mati dan membusuk. Gigi yang mati akan kehilangan fungsi dan bisa menjadi sarang tempat bakteri. Kista gigi jarang sekali di sebabkan faktor genetik.

Kista gigi pada umumnya hanya 1 saja yang muncul, namun untuk orang yang memiliki kondisi khusus, bisa jadi kista gigi yang muncul lebih dari 1. Kelainan dari pertumbuhan gigi juga bisa menjadi penyebab dari munculnya kista gigi. Banyak sekali orang yang mengalami pertumbuhan posisi gigi yang salah seperti dalam keadaan miring, atau mendatar, gigi gagal tumbuh, dan tertanam di dalam gusi.

Rasa ngilu pada gigi akan selalu menghantui, kelemahan rahang, serta gangguan pada fungsi gigi dan jaringan mulut. Sama dengan hal lain nya, namun kista ini ialah berisi cairan dan membentuk benjolan. Bahkan ukuran dari kista tersebut sangat bervariasi. Sama dengan kista yang lainnya seperti, kista nabothian, kista ganglion dan lain-lain.

Mengobati kista gigi tanpa operasi

Kista gigi sering tidak diketahui kemunculannya, hal tersebut tidak disadari terkecuali dengan adanya pemeriksaan oleh dokter. Pemeriksaan gigi dilihat dari yang terkena infeksi atau melakukan rontgen pada rahang. Mengobati kista gigi tanpa operasi sangat jarang, karena biasanya mencegah terlebih dahulu, oleh sebab itu dokter akan melakukan operasi untuk pengangkatan kista.

Mengobati kista gigi tanpa operasi sangat jarang terjadi juga tidak bisa di lakukan dirumah, perlu pengawasan dokter. Kantung yang berisi cairan di sekitar mulut ini di akibatkan karena infeksi pada akar gigi yang mati. Untuk mencegahnya kalian perlu menjaga gigi agar tetap bersih dan rutin untuk selalu melakukan pemeriksaan 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Baca juga : 
Manfaat daun pandan untuk wajah 
Manfaat kecantikan dari buah bit 
Kurangi makanan ini untuk detox wajah berjerawat