Bawang putih merupakan bembu dapur yang dapat merubah selera makanan menjadi lezat dan khas aromanya. Selain itu bawang putih juga memiliki banyak manfaat yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah kesehatan tubuh, terutama untuk mencegah kanker. Mengonsumsi bawang putih memiliki efek yang sangat besar untuk mengurangi kanker pada mulut, perut, prostat, ginjal, tenggorokan, dan kolorektal.

Sebagian penelitian sudah mencoba meringkas semua hasil penelitiannya, dari bukti penelitian tersebut jumlahnya hanya sedikit sehingga mengonsumsi bawang putih perlu penelitian lebih lanjut. Terhadap manfaat dan risiko pada kanker kandung kemih, ovarium, payudara, dan paru-paru masih belum begitu jelas.

Komplikasi pada bawang putih

Mengonsumsi bawang putih dengan jumlah yang banyak bisa menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan, miningkatkan risiko perdarahan dan sakit perut. Bawang putih mempengaruhi enzim dalam hati yang membantu menghilangkan efek dari obat-obatan tertentu di dalam tubuh sehingga efek obat dapat menurun, sedangkan pasien yang sedang menjalani kemoterapi justru membutuhkan efek obat-obatan tersebut. Efek ini masih diteliti, dan pilihan untuk konsumsi suplemen bawang putih harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Meskipun penelitian observasi membawa hasil yang cukup menggembirakan tentang zat aktif yang terkandung dalam bawang putih, namun informasi lain juga diperlukan untuk mendapatkan bukti yang lebih kuat.

Hanya sedikit penelitian yang mempelajari bawang putih, manfaat, dan risikonya terhadap mengobati kanker. Pastikan untuk memberi tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi suplemen makanan atau minuman dalam jumlah yang besar.

Baca juga : Manfaat daun pandan untuk wajah 
                   Manfaat kecantikan dari buah bit 
                   Kurangi makanan ini untuk detox wajah berjerawat
sumber : https://lingshenyao.id