Kalau kalian suka perhatiin postingan aku baik di instagram atau di blog, pasti kalian bakal sadar kalau belakangan ini aku sering banget nulis review tentang serum, essence dan semacamnya. Kenapa sih? Simple banget sih alesannya, karena serum ini sering banget terlupakan padahal penting banget fungsinya di dalam dunia per-skincare-an. 

Well, today aku juga akan mereview salah satu produk serum dari Korea Selatan namanya ELFORMULA. Ada yang udah pernah denger? Brand skincare ini sebenarnya baru release tahun 2018 dengan mengusung konsep 'simple and effective'. So, menurut aku itu pula yang menyebabkan produk ini di kemas dalam sebuah kotak yang berisi 4 tabung/ botol yang bisa dipakai hingga 28 hari. Mereka ingin menunjukan, kalau untuk mendapatkan kulit yang bagus kalian ga harus ribet tapi tetap akan ada hasilnya.

First impression aku dengan produk ini sih bagus banget, karena pertama konsepnya simple banget mulai dari packaging hingga cara pakainya. Kedua karena produk ini ternyata punya tekstur yang sangat ringan dan ga berbau. Jadi semakin penasaran buat coba selama 28 hari deh.

Saat ini ELFORMULA memiliki dia varian produk yaitu ELFORMULA 28 Days Miracle Whitening Solution dan ELFORMULA 28 Days Acne Relief Repairing Solution. Yuk, simak review aku satu-satu.

ELFORMULA 28 Days Acne Relief Repairing Solution


Pas dapat produk ELFORMULA 28 Days Acne Relief Repairing Solution kebetulan saat itu aku lagi ga ada masalah dengan jerawat (diwajah). Jadi, aku putuskan untuk kasih first impression terlebih dahulu. But, setelah foto produk akhirnya aku memutuskan untuk mencoba produk ini di bagian punggung aku. Karena saat ini kebetulan aku punya backne. First impression aku saat lihat produk ini adalah, "ok cairannya ga bening ternyata, mirip obat jerawat yang mengandung sulfur". Kemudian aku pun kepo, apa sih ingredients dari produk ini? Well, aku bakal jabarin nanti dibagian ingredients tapi secara garis besar kandungan dari ELFORMULA 28 Days Acne Relief Repairing Solution ini adalah Azelaic Acid, Centella dan Purslane

What is Azelaic Acid, Centella and Purslane ?


Azelaic Acid merupakan jenis asam yang terbentuk secara alami dari barley dan biji gandum dan bermanfaat sebagai anti-bakteri, anti-inflamasi, serta mengatasi jerawat. Sementara itu, Centella belakangan ini memang menjadi salah satu bahan dasar favorit untuk skincare karena bermanfaat untuk mengurangi peradangan serta memberikan kelembaban pada kulit.

Terus, apa tuh Purslane? Terus terang aku masih asing banget sama istilah ini. Jadi, ternyata Purslane itu biasa dikenal masyarakat Indonesia sebagai tanaman krokot. Tanaman ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diluar itu, tanaman ini juga bagus banget untuk membuat kulit menjadi mulus dan sebagai anti-aging.

Ok, sekarang kita bahas progress dari pemakaian ELFORMULA 28 Days Acne Relief Repairing Solution kali yah. So far, aku baru pakai produk ini sekitar 1 minggu atau kurang lebih 7 hari. Jadi, aku hanya akan kasih first impression terlebih dahulu. Tapi aku akan update dibagian bawah artikel ini setelah pemakaian ke-28 hari. 


Kesan pertama aku terhadap ELFORMULA ini secara keseluruhan adalah steril abis karena kalian mendapatkan 4 buat botol yang tertutup rapat (mirip penutup softlense kalau kalian mau bayangin). Satu botol itu bisa kamu pakai hingga 7 hari gengs. Jadi, emang kondisi produk di dalamnya tetap terjaga.

Dibayangan aku pertama kali saat melihat warna dan tekstur dari  ELFORMULA 28 Days Acne Relief Repairing Solution adalah 'pasti produk ini bau sulfur'. Tapi ternyata ga sama sekali lo, produk ini bahkan nyaris tidak berbau. Hal yang paling aku suka dari Acne Relief Repairing Solution ini adalah, ga bikin jerawat aku yang lagi meradang jadi perih. Kebetulan di punggung aku lagi ada jerawat yang lagi meradang. Agak worry sih sebenernya mengaplikasikan dibagian tersebut karena takut perih, tapi ternyata kayak biasa aja. Ga berasa perih sama sekali. Malah bisa aku bilang sifatnya jadi calming gitu, karena berasa lebih nyaman aja.


Buat yang penasaran sama teksturnya, ini tuh ga lengket sama sekali dikulit dan cepat banget meresapnya. Tapi, lebih kental sih dibandingkan dengan series whitening.


So far, rate aku untuk produk ini (saat ini) adalah 4 /5.

Ingredients ?


aqua, propanediol butylene glycol, dipropylene glycol, azelaic acid, sodium polyacrylolydimethyl taurate, betadine, dicaprylyl carbonate, cyclopentasiloxane, aminomethyl, propanol sodium hyaluronate, glycurrhiza glabra (licorice) root extract, opuntia dillenii extrect, cetella asiatica extract, purslane extract, ethylhexylglycerin, hydroxyacetophenone, allantoiin, xanthan gum, phenoxyethanol, disodium edta,1,2-hexanediol, quaternium-73, parfum


ELFORMULA 28 Days Miracle Whitening Solution


Kalau kalian bandingkan sekilas antara whitening dan acne sering memang terlihat beda banget yah secara tekstur dan warnanya. Untuk  ELFORMULA 28 Days Miracle Whitening Solution ini memang teksturnya lebih cair dibandingkan yang khusus untuk acne dan bisa dibilang lebih cepat meresap. Sama halnya dengan yang acne, aku baru pakai produk ini sekitar seminggu jadi aku belum bisa kasih komperasi antara sebelum dan sesudah pakai produk ini. But, I promise I will update soon after 28 days.


Sejak pemakaian pertama, kulit wajah aku tidak menunjukan reaksi penolakan terhadap produk ini. Artinya yah cocok-cocok aja gengs, jadi aman untuk kulit aku yang lumayan sensitif. Walaupun baru semingguan pakai, ada efek yang lumayan terasa dikulit aku yaitu kulit aku jadi terasa lebih halus dan lembut. Bisa dibilang produk ini ga memiliki aroma sama sekali, jadi aku nyaman-nyaman aja menggunakannya.

Well, walaupun produk ini cair banget tapi untunglah penggunaan produknya itu harus dipencet dulu bagian karetnya jadi ga khawatir tumpah atau ngambil kebanyakan.

Duh, udah ngomongin result dan first impression aja nih. Sebenernya apa sih kandungan dari ELFORMULA 28 Days Miracle Whitening Solution ini secara garis besar? Jadi yang membuat produk ini beda dengan ELFORMULA 28 Days Acne Relief Repairing Solution adalah kandungan utamanya yaitu HP Niacinamide, Arbutin dan Zinc. Memang apa sih khasiat ketiga ingredients tersebut?

Kandungan HP Niacinamide, Arbutin dan Zinc


Niacinamide adalah vitamin B3 yang belakangan ini sering kali terdapat pada produk skincare. Niacinamide ini memiliki banyak fungsi untuk kecantikan diantaranya menjaga kelembaban alami pada kulit, menghindari penuaan dini, meratakan warna kulit, menyamarkan noda hitam dan masih banyak lagi. Sedangkan Arbutin adalah turunan dari zat hydroquinone yang bermanfaat untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit. Terakhir, Zinc memiliki manfaat yang baik dalam merawat kulit wajah.

Ingredients ?


aqua, niacinamide, arbutin, butylene glycol, pentylene glycol, trehalose, tamarinous indica seed gum, biosaccharide gum-1, zinc pca, sodium hyaluronate, glycyrrhiza glabra (licorice) root extract, opuntia dilleni extrect, centella asiatica extract, portulaca oleracea extract, ethoxydiglycol, hydroxyacetophenone, allantoin, xanthagum, disodium edta 1,2-hexanediol


Untuk yang penasaran sama teksturnya, seperti ini warnanya bening dan cair mirip dengan essence.


So far, untuk produk ini saat ini aku bisa kasih rate 4 /5.

How to Replace Bottle ?







Buat kalian yang tertarik buat coba produk ini, kalian bisa temuin di https://elformula.com/. Tapi, untuk more info tentang produk ini silahkan cek di instagram mereka : https://www.instagram.com/elformula.id/





I will update here :

(after 28 days)




Keep in touch with me :

Instagram || Youtube || Email