Benjolan di leher rahim sering khawatir karena organ-organ ini berkaitan erat dengan kehamilan. Selain itu, benjolan di leher rahim juga sering dikaitkan dengan kanker serviks. Padahal, bukan hanya penyakitnya saja, ada beberapa kondisi lain yang juga bisa menyebabkan terbentuknya benjolan di serviks.

Meskipun beberapa bagian serviks tidak berbahaya, penyumbatan jenis ini tidak bisa dianggap remeh. Memahami dan menyadari kemungkinan penyebab nodul di serviks dapat membantu Anda untuk mendapatkan perawatan yang diperlukan secepat mungkin, untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut beberapa penyakit yang mungkin menyebabkan munculnya benjolan di mulut rahim:

1. Polip rahim

Polip rahim adalah pertumbuhan jaringan yang tidak normal pada dinding dalam rahim atau endometrium. Karena pertumbuhan terjadi pada endometrium, polip rahim terkadang disebut juga sebagai polip endometrium.

Munculnya benjolan di leher rahim mungkin disebabkan oleh polip uterus. Benjolan yang muncul akan oval dan membentuk satu hingga beberapa nodul. Biasanya polip di serviks jinak, yang berarti bahwa polip uterus cenderung berkembang menjadi kanker rahim.

Peningkatan kadar hormon estrogen, peradangan pada leher rahim dan perubahan hormon pada wanita bisa menjadi penyebab munculnya polip uterus. Meskipun tidak diketahui persis penyebab utamanya, wanita yang lebih tua dari 40 tahun lebih berisiko terkena polip rahim.

Gejala polip uterus selain benjolan di serviks termasuk siklus menstruasi yang tidak normal, putih atau kuning putih, perdarahan setelah berhubungan seks dan di luar menstruasi dan perdarahan pascamenopause.

2. Kista Nabothi

Kista Nabothi adalah kista kecil yang ditemukan pada permukaan leher rahim yang isinya adalah lendir serviks (mukus). Diameternya berkisar antara 2 - 10 millimeter, dan kandungan mukusnya bisa berwarna kuning pucat sampai kecoklatan.

Dalam kebanyakan kasus, kista nabothi terjadi ketika jaringan baru tumbuh pada leher rahim setelah proses melahirkan. Jaringan baru ini akan menyumbat muara kelenjar nabothi, sehingga terjadi penumpukan sekresi mukosa dalam kantong kelenjar.

Benjolan di leher rahim juga bisa disebabkan oleh kista Nabothi. Secara umum, kista Nabothi mengandung cairan atau lendir dari rahim, dengan warna yang terlihat putih atau kuning. Munculnya penyumbatan ini bisa lebih dari satu dengan berbagai ukuran, untuk mencapai diameter 4 cm.

Kista Nabothi muncul karena kelenjar yang mensekresi lendir serviks tersumbat. Sehingga menyebabkan benjolan putih kecil di permukaan jaringan serviks.

3. Kondiloma akuminata

Sesuai namanya, kondiloma akuminata atau kutil kelamin adalah kutil yang terdapat pada area kelamin. Kutil yang dapat berjumlah satu atau sekumpulan ini ditularkan dari orang yang sudah terinfeksi virus human papillomavirus (HPV).

Tidak hanya di leher rahim, pada wanita, kondiloma akuminata juga dapat terjadi di bagian lain tubuh, seperti daerah vagina, anus, bibir, mulut atau lidah. Nodul kondiloma akuminata atau dikenal sebagai genital warts umumnya berukuran kecil, tetapi bisa juga berkembang menjadi bentuk cauliflower.

Munculnya kondiloma akuminata pada bagian tubuh biasanya disebabkan oleh satu jenis virus pappilomavirus (HPV) manusia. Seseorang dapat memperoleh lilin acuminegal jika kontak langsung atau melakukan hubungan seksual berisiko dengan seseorang yang menderita penyakit.

4. Kanker serviks

Kanker serviks adalah kanker yang terjadi saat ada sel-sel di leher rahim alias serviks yang tidak normal, dan berkembang terus dengan tidak terkendali. 

Sel-sel abnormal tersebut bisa berkembang dengan cepat sehingga mengakibatkan tumor pada serviks. Tumor yang ganas nantinya berkembang jadi penyebab kanker serviks.

Benjolan di leher rahim juga bisa menjadi tanda kanker serviks. Kanker serviks juga berkaitan erat dengan infeksi human papillomavirus (HPV).

Untuk meminimalkan dan mengurangi risiko kanker serviks, penting bagi wanita untuk melakukan apusan biasa seperti yang ditentukan oleh dokter, sebagai deteksi dini kanker serviks.
Baca juga : Manfaat daun pandan untuk wajah 
                   Manfaat kecantikan dari buah bit 
                   Kurangi makanan ini untuk detox wajah berjerawat
sumber : https://lingshenyao.id