Sudah pernah melakukan street feeding?

Bagi cat lover, aktivitas ini tentunya bukan sesuatu yang asing lagi.  Ada yang melakukannya secara rutin terjadwal, ada juga  kalo pas ketemu dengan para empuss yang sedang kelaperan atau nyambi di sela-sela acara makan di warung. 

Street feeding biasanya dilakukan untuk kucing-kucing liar yang berada di jalanan (bisa juga kalo mau anjing).  Mereka mengandalkan insting untuk memenuhi rasa lapar & haus. Jadi kalo udah ketemu apa pun yang mereka bisa makan, ya hap aja.  So, mereka tidak memiliki akal sebagaimana manusia. 


So, kalo ada yang pernah kecurian lauk dan oknumnya adalah si empuss, udah jelas si empuss dalam kondisi kelaperan.  Makanan yang sudah diberi ternyata bisa jadi dia nggak suka atau nggak cukup alias belum kenyang. Hehehe. So simple as that ya.  

Jadi, justru kalo sampe kucing yang kelaperan itu ditendang atau disiram pake air panas, yang ada malah menyiksa binatang dong.  Hati-hati, bisa kena pasal nih.  Dalam agama sih udah jelas bakal dosa nyakitin makhluk ciptaanNya & negara pun juga memiliki perangkat hukum untuk para penyiksa binatang.

Dalam sebuah hadis, dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda, "Seorang perempuan diazab karena seekor kucing yang dikurungnya sampai mati. Dia pun masuk neraka karena perbuatan itu. Kucing itu tidak diberi makan dan minum ketika dia mengurungnya. Bahkan, dia tidak membiarkannya makan serangga di bumi." (HR Muttafaq 'Alaih).


Pasal 302 KUHP menyebutkan, barang siapa tanpa tujuan yang patut atau secara melampaui batas, dengan sengaja atau melukai hewan atau merugikan kesehatannya, tidak memberi makanan yang diperlukan untuk hidup hewan, akan diancam pidana penjara paling lama tiga bulan. Sementara bila perlakuan seperti itu menyebabkan sakit lebih dari seminggu, cacat, luka berat lain, atau mati, pelaku diancam pidana penjara paling lama sembilan bulan.


Jadi menurut Emak, street feeding adalah salah satu upaya untuk membuat kenyang para kucing jalanan. Yuk ah jadi manusia yang berperi kehewanan hehe.

Pengen juga ikutan street feeding?  Boleh.


  • Siapin makanan yang akan diberikan.  Boleh nasi + lauk yang udah tercampur merata. Bisa juga wet food yang dicampur dengan nasi.  Kalo Emak biasanya sangu dry food di jok motor. 
  • Pantau daerah mana yang biasanya banyak kucing liar. Pasar, perumahan, jalanan, lingkungan sekolah, tempat-tempat umum dan seterusnya. Emak sarananin bukan di warung atau di rumah makan.  Why?  Mereka biasanya udah dapet dari sisa-sisa makanan yang diberikan pengunjung &  juga dari warung/rumah makan tersebut.  Selain itu mereka kadang nggak suka dengan dry food. 
  • Then lets do it.

Mungkin kita perlu belajar ya dengan cat lover dari negara-negara lain untuk lebih peka lagi kepada binatang, salah satunya adalah kucing.  Contohnya seperti di Turki & Suriah.


So, kita street feeding yuk!  Aktivitas ini bisa dilakukan sendirian juga bersama teman, keluarga atau komunitas.

Baca Juga: