Di jaman sekarang, selain rumah dan handphone, kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil juga telah berubah menjadi kebutuhan sehari-hari. Apalagi bagi keluarga yang memiliki anak lebih dari dua dan intensitas bepergiannya yang sering, pastilah sangat mengusahakan memiliki kendaraan pribadi juga. Beruntungnya dengan kemajuan teknologi saat ini, untuk mendapatkan mobil pun sekarang bisa dibilang tidaklah sulit. Jenis dan metode penjualannya pun beragam, dari mobil baru hingga bekas pun dijual baik secara online maupun offline

Penggunaan situs jual beli mobil sebagai sarana mencari dan memasarkan mobil bekas, kini tengah menjadi tren di masyarkat. Namun, harus hati-hati dalam melakukan transaksi jual beli di sana. Pasalnya, situs jual beli mobil atau transaksi jual beli mobil secara online rentan terjadi kejahatan. Bukan hanya bagi pembeli saja, para penjual mobil pun sering jadi sasaran tindak kejahatan tersebut. 

Jika Temans mengetik kata kunci “Cara Aman Melakukan Jual Beli Mobil secara Online” di internet, maka mayoritas dari artikel yang akan kita temukan adalah tips seputar keamanan pembeli. Padahal, tak jarang juga para penjual mobil lah yang menjadi sasaran penipuan oknum tidak bertanggung jawab melalui media internet. Oleh sebab itu, bagi Temans yang ingin jual mobil lewat situs jual beli mobil, berikut ini beberapa tips aman melakukan jual mobil online yang bisa kita ikuti. 

1. Cek Profile Pembeli 

Pada umumnya, para pengguna situs jual beli online harus melakukan registerasi terlebih dahulu ketika ingin menjual/membeli sebuah mobil pada situs mereka. Sehingga, data-data orang yang mendaftar di situs tersebut biasanya dapat kita lihat melalui profile pengguna yang mereka miliki. Seorang pembeli yang baik biasanya melengkapi profile pribadinya.

Freepik

Dari profile tersebut kita dapat melihat nama pembeli, lokasi, hingga foto orang tersebut. Jika informasi yang tercantum di profile penggunanya tidak jelas, kita patut waspada terhadap orang tersebut. 

2. Jangan Cantumkan Nomor Telepon secara Gamblang 

Tips yang satu ini sering dilupakan oleh para penjual di situs jual beli mobil. Terkadang, kita ingin proses transaksi berjalan lebih cepat, sehingga meninggalkan nomor telepon secara jelas di iklan yang kita buat. Namun, nyata hal ini sangat berisiko untuk dilakukan. Sebab, dengan mencantumkan nomor telepon secara jelas di iklan tersebut, kamu tidak bisa memfilter siapa-siapa saja yang menghubungi nomormu. 

Beberapa situs jual beli mobil telah menyediakan fitur komunikasi ‘chat live’ di situs mereka. ada baiknya kita hanya menggunakan fitur tersebut ketika berkomunikasi dengan calon pembeli. 

3. Kaburkan Gambar Plat Mobil 

Pernah melihat iklan mobil dijual di situs jual beli mobil yang gambar platnya di-blur atau dikaburkan? Kira-kira mengapa hal tersebut dilakukan oleh orang tersebut? 

Ternyata, hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Saat ini, banyak sekali tindak penipuan dan kejahatan yang terjadi dengan modus duplikasi nomor plat kendaraan. Plat kendaraan sendiri berisi nomor polisi mobil. Dari nomor tersebut, tercatat data-data yang dimiliki oleh pemilik kendaraan. Nah, data-data ini rentan sekali dimanfaatkan untuk tindak kejahatan. 

4. Hindari Menemui Calon Pembeli Seorang Diri 

Freepik

Pernah mendengar istilah COD? Istilah COD atau Cash on Delivery juga ada di situs jual beli mobil. Selain melakukan pembayaran, COD sendiri bertujuan untuk melihat kondisi mobil secara langsung. Namun, proses bertemunya calon pembeli dan penjual mobil ini kerap kali jadi celah tindak kejahatan. Maka dari itu, untuk menanggulangi hal tersebut bawa rekanmu 2-3 orang ketika melakukan COD. 

Selain itu, ajak calon pembeli bertemu di lokasi yang cukup ramai. Katakan pada calon pembeli, bahwa ini dilakukan demi keamanan dan kelancaran proses transaksi kalian berdua. 

5. Pahami Prosedur Jual Beli Mobil secara Online 

Tak bisa dipungkiri, tak semua pengguna situs jual beli online paham akan prosedur dan tata cara transaksi mobil melalui internet. Bahkan, tak jarang ditemui penjual online yang gagap menggunakan internet. Ketidaktahuan inilah yang sering kali dimanfaatkan oleh oknum penipu untuk melancarkan aksinya. Oleh sebab itu, penting sekali memahami prosedur situs jual beli mobil sebelum menggunakannya. 

Selain itu, pahami pula cara transaksi online yang baik dan benar. Sebab, para penipu sering kali memperdaya korbannya pada saat proses pengiriman uang berlangsung. 

6. Persiapkan Mobil secara Baik 

Bukan cuma mengantisipasi tindak kejahatan dari luar saja, sebagai penjual mobil kita juga harus mempersiapkan mobil yang hendak dijual dengan sebaik-baiknya. Mulai dari kondisi mesin mobil, kondisi fisik, fitur-fitur yang ada pada mobil, hingga urusan surat-menyurat dan dokumentasi mobil semuanya harus dipersiapkan secara matang. 

Hal ini dimaksudkan, agar reputasi  kita sebagai penjual di situs jual beli mobil baik di mata calon pembeli. Jika sudah demikian, biasanya pembeli tak sungkan merekomendasikan ‘lapakmu’ kepada orang lain. 

7. Pilih Situs Jual Beli Mobil yang Kredibel 

Tips terakhir yang bisa Temans ikuti adalah memilih situs jual beli mobil yang kredibel sebelum memutuskan menjual mobil tersebut. Ini penting, sebab hanya situs kredibel yang mampu menjual mobil secara aman. 

Selain itu, situs jual beli mobil yang kredibel juga bisa membantumu menjual mobil dalam waktu singkat, serta memberikan penawaran harga jual yang tinggi. 

Buat saya pribadi, hanya situs BeliMobilGue.co.id yang bisa mewujudkan hal tersebut. Pasalnya, hanya situs ini yang dapat membantu penjual mobil menjual kendaraannya dalam waktu 1 jam saja. 

Enggak percaya? Simak penjelasannya di bawah ini ya.  

Jual Mobil dalam 1 Jam Lewat Situs BeliMobilGue.co.id 

Freepik

Sekilas tentang situs jual beli mobil yang satu ini. Secara umum, BeliMobilGue.co.id adalah marketplace C2B yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang ingin jual mobil dalam waktu hanya 1 jam. Selain itu, harga jual mobil yang ditawarkan oleh situs BeliMobilGue.co.id juga sangat adil, sebab ditentukan berdasarkan kondisi mobil secara langsung. 

Jika demikian, bagaimana sih cara menggunakan situs yang satu ini? 

Pertama, kita harus masuk ke laman BeliMobilGue.co.id terlebih dahulu, lalu mengisi data informasi mobil pada kolom yang tersedia. Nantinya, kita akan mendapatkan harga kisaran mobil berdasarkan data yang telah kita input. Setelah itu, buatlah jadwal inspesi di cabang BeliMobilGue.co.id yang tersebar di banyak daerah di Indonesia. 

Proses inspeksi mobil akan dilakukan selama 30 menit. Hal ini dimaksudkan, untuk mendapatkan harga jual mobil yang sesuai dengan kondisi mesin dan fisik mobil tersebut. Jika inspeksi sudah selesai, kita akan mendapatkan harga jual final atas mobil tersebut. Jika kita setuju dengan harga yang ditawarkan, maka proses lelang mobil akan dilaksanakan. 

Pelelangan sendiri dilakukan selama 30 menit dan diikuti oleh 1000 lebih partner bisnis yang dimiliki oleh BeliMobilGue.co.id. Maka dari itu, kesempatan mobil terjual lebih cepat menjadi sangat tinggi. 

Nah, setelah proses lelang dilakukan, kita akan mendapatkan penawar tertinggi atas mobil tersebut. Selanjutnya, uang hasil penjualan akan langsung ditransfer ke nomor rekening pribadi kita sebagai penjual.

Bagaimana dengan serah terima dokumennya? 

Proses serah terima dokumen baru akan dilakukan setelah pihak penjual mengkonfirmasi, jika uang yang ditransfer oleh pembeli telah masuk ke nomor rekeningnya. Itu sebabnya, proses transaksi di situs jual mobil BeliMobilGue.co.id dianggap sangat aman dan mudah. 
  
Bagaimana? Semoga setelah membaca ulasan di atas, Temans sudah mengerti kan kenapa situs jual beli yang satu ini banyak direkomendasikan, termasuk saya. Tak lain dan tak bukan  karena situs BeliMobilGue.co.id sebagai sarana dalam menjual mobil secara online? Oleh karenanya, jangan ragu lagi untuk menggunakan situs jual beli mobil yang satu ini ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. 

Selamat mencoba!