Dulu banget aku pernah nulis di blog tentang penggunaan micellar water. Beberapa orang sempet nanya, “berarti febi enggak pernah pakai micellar water buat ngebersihin wajah dong?”. Aku tetap pakai ko, malah  micellar water dari Garnier yang warna pink selalu ada di pouch makeup. 

Baca juga: Micellar water sebagai pembersih wajah. Yay? Nay?

Kali ini Garnier mengeluarkan varian cleansing water terbarunya dengan mengkombinasikan argan oil dan kandungan micelles. Alhamdulillah aku juga dapat tawaran untuk coba produk terbarunya, penasaran pendapat aku mengenai cleansing water dengan tambahan minyak ini? Simak terus ya.

Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water




Setelah sukses dengan kedua varian pembersih makeupnya, varian warna pink yang diperuntukan bagi kulit sensitif dan varian biru untuk kulit berminyak, untuk pertama kalinya Garnier punya inovasi baru dengan mengkombinasikan minyak argan yang fungsinya sudah terkenal banyak banget untuk kulit dan teknologi micellar yang mereka klaim cocok untuk semua jenis kulit.

Seperti yang aku jelaskan di postingan aku sebelumnya soal zat micelles ini, si micelles ini berfungsi untuk mengangkat seperti magnet dan minyak argan berfungsi untuk melunturkan sisa makeup.

Aku jujur belum pernah pakai argan oil untuk membersihkan makeup. Aku cuma pernah pakai untuk rambut supaya enggak terlalu frizzy dan gampang diatur dan tangan, karena sekitar kuku tanganku kering parah.

Dari penelitian yang aku googling, dapat disimpulkan bagaimana minyak argan mempercepat pemulihan dari kerusakan kulit. Melanin, atau pigmen kulit yang membantu melindungi kita dari sinar UV, sangat menentukan sehat tidaknya kulit kita. Jika kulit mempunyai terlalu banyak atau terlalu sedikit melanin, dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, dan bahkan mengarah pada risiko kanker.

Minyak argan dapat menghambat biosintesis melanin elektif, yang berarti dapat menormalkan sel-sel kulit yang memiliki terlalu banyak melanin, membuat kulit sehat dan aman dari paparan sinar UV. Sumber dari sini.
Walaupun manfaatnya mungkin tidak akan terlalu berperan besar karena fungsinya untuk membersihkan makeup. Tapi ide menambahkan argan oil di cleansing water ini dapat diacungi jempol.



Dari segi packaging, botol micellar oil biphase ini sama seperti pendahulunya, berbentuk oval bottle dengan tutup flipflop. Yang membedakan tentu saja warna tutup botol dan minyak di dalamnya. Untuk varian terbarunya memiliki tutup berwarna putih kekuningan.

Aku dapat ukuran 400ml, lebih besar dari yang biasa aku beli. Entahlah akan habis sampai kapan, sepertinya tidak akan habis-habis. Tertulis dari kemasannya diperkirakan cukup untuk 200kali pemakaian. Lumayan untuk stok di rumah.

Dari tampilan luarnya mengingatkan aku dengan eye dan lip remover pada umumnya. Tapi jelas ini levelnya beda ya.

Cara penggunaannya hampir sama seperti makeup remover pada umumnya, kocok botolnya sebelum digunakan agar minyak dan airnya menyatu.




Satu hal paling aku notice dari produk ini yaitu wanginya, tidak seperti pendahulunya yang tidak mempunyai fragrance alias tidak berbau, cleansing oil water ini mempunyai wangi fruity campur floral. Masih tercium enak, manis dan tidak mengganggu.


Test


Garnier mengklaim produk ini cocok untuk semua jenis kulit karena formulanya yang gentle dan cukup efektif membersihkan waterproof makeup. Aku coba tes  dengan membersihkan beberapa makeup yang biasa aku pakai sehari-hari.

Cara pakainya cukup simpel ko, cukup shake, tuang dan swipe tanpa perlu lagi dibilas. Mari kita lihat seberapa efektif membersihkan makeup.

dari kanan ke kiri: Concealer urban decay naked skin, makeover lipcream pompous, mascara mavala, eyeliner silky girl, l'oreal brow plumper





Makeup terangkat sempurna dengan tujuh kali usap. Aku coba swipe langsung tanpa dipijat syantik. Mungkin hasilnya akan beda jika kulit dipijat dahulu lebih lama sebelum dibersihkan. Kulit pun tidak terasa  greasy atau kering dan ketarik sesudah digunakan.

Apakah ini dapat menggantikan first cleanser atau facial foam dalam skincare routineku? Nope, karena kulitku kering dan dehidrasi, sepertinya agak riskan kalau menjadikannya pengganti oil cleanser maupun facial wash. Jadi walau judulnya all in one cleansing water, kayanya aku akan tetap menempatkannya sebagai precleansing sebelum rutinitas double cleansing.

Selain precleansing untuk membersihkan waterproof makeup, aku juga biasa gunakan all in one oil cleanser ini untuk touch up sunscreen setelah istirahat sholat. Setelah sholat, langsung pakai produk ini untuk membersihkan sisa sunscreen atau makeup sebelum menggunakan sunscreen kembali. Makanya, seperti yang aku bilang di atas, produk ini pasti selalu ada di makeup pouchku.

Karena aku seneng banget coba berbagai produk skincare baru termasuk produk pembersih, MW biasa aku gunakan untuk memastikan oil cleanser atau facial wash yang baru aku beli efektif membersihkan atau tidak.

Jadi terjawab ya, walaupun cleansing water ini tidak menggantikan posisi first cleanser dan facial foam dalam rutinitas double cleansingku, dia punya tempat dan fungsi tersendiri yaitu precleansing atau pembersih makeup dan light cleanser saat istirahat siang.

Info lebih jelas tentang produk terbaru Garnier ini, bisa cek di webnya Garnier Micellar Water. Untuk pembeliannya, kali ini Garnier punya official account di lazada, lho. Pastinya akan banyak banget promo menarik yang bisa didapatkan untuk pembelian Garnier Micellar Oil Water



Overall Reviews
Price :  39.000 IDR - 95.000 IDR (Tergantung size)


What I Like
Tidak greasy maupun kering setelah digunakan
Praktis, mudah dipakai
Murah, tentu saja


Recommended For
Untuk yang sering menggunakan makeup remover (plecleansing)
Light cleanser sebelum touch up sunscreen




XOXO,