kalimat-positif-dan-contoh-baik-untuk-anak


Apa yang paling susah jadi seorang ibu buat aku? Belajar untuk konsisten mendidik anak usia dini dalam kondisi mood apapun. Pada dasarnya aku orangnya moody, susah banget rasanya menerapkan parenting anak, misalnya soal aturan untuk anak sementara mood saja naik turun. Apalagi teteh Harumi sudah mulai bisa negosiasi dan dedek Hamiz sedang senang meniru.




Kalimat positif untuk mendidik anak



Aku sadar sebagai ibu, aku bukan ibu yang sempurna banget. Tapi aku berusaha meramu cara mendidik anak yang baik versiku. Contohnya berusaha untuk menahan diri tidak mengeluarkan kata kasar dan kalimat negatif dalam kondisi mood apapun. Bukan hanya di depan anak-anak tapi keseharian juga agar jadi kebiasaan. Kadang kan kalau sedang capek, kaget, kata yang terlontar itu kata yang biasa kita ucapkan sehari-hari.


Aku juga selalu ingat kalau ucapkan orang tua pada anak itu doa. Jadi aku berusaha mengganti beberapa kalimat negatif dengan kata "berusaha" dengan tone yang positif.


Saat teteh belum bisa menulis dan senang-senangnya main game anak-anak di gadget dan nonton film. Aku enggak mungkin dong, melarang teteh main kedua hal tsb. Karena teteh senang negosiasi, aku tawarkan kesepakatan, misal nonton satu film tapi belajar nulis satu jam atau nonton youtube 3 video setelah itu bantuin jaga dedek. Tidak lupa kasih pujian jika teteh berhasil penuhi kesepakatannya.


Mungkin karena selalu dikasih kalimat positif, teteh jadi mencontoh apa yang biasa aku dan keluarga katakan. Misal, saat uyutnya sedang sakit muntah, teteh langsung elus-elus punggung nenek sembari bilang,"keluarin uu, uu kan anak pinter, pasti bisa". Pernah juga aku ajak beli jus depan minimarket ada dua anak SMP bicara kasar dengan kata kebun binatang. Perjalanan pulang, teteh bicara,"Mi, tadi aa aanya ngomong kasar ya, enggak bagus". Ini salah satu cara aku untuk melatih kecerdasan emosi anak. Jika sedang marah, minimal anak dapat mengendalikan kata yang terucap dari mulutnya.


kalimat-positif-dan-contoh-baik-untuk-anak


Selain stimulasi berupa kalimat positif dan contoh yang baik dengan menahan diri berkata kasar untuk kecerdasan emosi anak. Aku juga sangat aware dengan nutrisi anak-anak. Keluarga besar kayaknya udah hafal banget bagaimana ketatnya aku soal makanan teteh waktu masih kecil. Alhamdulillah sejauh ini, teteh belum pernah susah makan bahkan dalam kondisi sakit sekalipun.

Kebetulan, Bebelac mengeluarkan formula baru yang mengandung minyak ikan dan omega 6 yang ditingkatkan. Omega 3 dan 6 ini penting sebagai nutrisi otak. Selain itu, dilengkapi juga dengan FOS:GOS 1:9, 13 vitamin dan 9 mineral. Kandungan tersebut dapat mendukung anak untuk tumbuh dengan tanggap yang lengkap.

Bagaimana cara mah yang selalu mud lain dalam menstimulasi anak? Untuk info lebih lanjut mengenai parenting anak agar Tanggap yang lengkap bisa dicek di website Bebelac.