Harus diakui, untuk pasar skincare dan kosmetik, Indonesia masih tertinggal dari Amerika Serikat, termasuk untuk penggunaan Mercury dan Hydroquinon yang kita ketahui sangat berbahaya jika terdapat di dalam produk kesehatan, baik skincare maupun kosmetik. Tentu sebaiknya, kedua kandungan tersebut, patut dihilangkan dan jika masih perlu, dapat diganti dengan bahan yang lebih aman dan tidak menyebabkan ketergantungan. Hal itu pula yang dilakukan oleh dokter Jessica  Angelina, bersama adiknya, memberikan Tranexamic Acid ke dalam produk terbaru keluaran klinik kecantikannya.



Produk yang diberi nama Intense Lightener ini, mengambil formulasi terbaru dari New York, karena didasari cita-cita untuk membawa produk skincare lokal menjadi semakin maju, dengan kualitas yang bisa setaraf internasional.

Nah, sebagai seorang perempuan yang sudah peduli dengan hal-hal merawat kulit, ternyata serum Intense Lightener ini, memang tak boleh terlewatkan dari beragam produk skincare harian saya.

Berikut akan saya bagikan review produk dan pengalaman saya menggunakan serum ini selama hampir 3 minggu.

Kemasan

Dilihat dari kemasannya, produk serum seberat 15 gr ini, tak memiliki kotak (dus). Yang ada hanya plastik pembungkus rapi yang membungkus kemasan produk dengan rapi sebelum dibuka.

Ini menurut saya tak masalah, karena kita bisa dapat langsung membaca keterangan pada badan produk. Pun menurut JA Glow, ini dimaksudkan untuk membantu program zero-waste, di mana sampah kertas tidak digunakan sehingga dapat ikut membantu mengurangi global warming.

Nah, sebagai ganti si kotak, setiap pembelian produk ini, kita diberikan cute-reusable-plastic pouch yang travel friendly. Jadi pouch ini bisa kita gunakan lagi sehari-hari.

Beralih ke badan kemasan produk yang merupakan tabung plastik keras serupa kaca berwarna silver, cukup nyaman digenggam. Dengan mulut botol berupa pump, tentu mengeluarkan produk cukup mudah. Pumpnya juga tidak macet. Dilengkapi tutup plastik, semuanya baik-baik saja.

Pada badan kemasan terdapat nama produk, defenisi produk, ingredients, nomor POM dan juga tempat produksinya yaitu Indonesia. Jadi ini produk lokal, lho! 

Namun Untuk logo halal sendiri kata dokter JA, masih menunggu antrian di MUI. Tapi jangan khawatir. Semua ingredients-nya, dipastikan halal, seperti produk-produk JA Glow yang lebih dahulu sudah keluar. Kalau saya pribadi, yang penting sudah ada nomor BPOM saja, sudah tak ada masalah.

Lalu, bagaimana dengan tanggal kadaluarsa produk? Tentu saja ada di bagian bawah kemasan.

Tentang Produk

JA Glow – Intense Lightener
Instagram: @jaglowskin
15 gr
POM NA 18181905989
Produksi PT. United Farmatic Indonesia – Indonesia
Distribusi: PT. Jessica Angelina Graha Mandiri
Jl. Plumpang Semper Raya No. 18
Jakarta Utara, Indonesia
ED: Aug 2021

Tekstur dan Aroma

Produk Intense Lightener ini memiliki tekstur berupa gel. Namun demikian, tidak lengket ketika sudah menyentuh kulit, karena gelnya ini ringan seperti air. Selain itu, memberikan sensasi dingin ketika dipijatkan ke kulit. Untuk aromanya sendiri, tak ada aroma kimia maupun bau-bauan mengganggu/tajam lainnya. Saya pribadi suka dengan aromanya.

Ingredients dan Manfaatnya

Diantara banyak ingredientsnya, berikut 4 ingredient utama dari Intense Lightener ini, berikut manfaatnya.

A. Niacinamide 

Yang biasa kita kenal dengan Vitamin B3. Selama ini, kita hanyaes mengingatnya sebagai pencerah kulit. Namun ternyata, Niacinamide ini, memiliki banyak fungsi lainnya untuk kulit, yaitu:
-        Membantu mengecilkan tampilan pori-pori, mencerahkan kulit.

-         Memperkuat skin-barrier (mengurangi akibat buruk dari polusi dan radikal bebas).

-         Efek anti-inflamasi/anti peradangan, sehingga bisa mengurangi kemerahan dan radang akibat jerawat.

-         Mengurangi hiperpigmentasi/mencerahkan kulit danmelalui pengurangan produksi melanosit pada kulit.

Sumber:
British Journal of Dermatology Volume 147 Issue I,
www.healthine.com>nutrition,
www.webmd.com>vitamin

B.   Tranexamic Acid

Nah, di atas kan sudah saya singgung mengenai TranexamicAcid. Siapa sih dia? Jadi, Tranexamic Acid ini adalah kandungan yang sedang banyak digunakan oleh Dermatologist di USA, yang sudah melewati banyak uji klinis, yang dapat mencerahkan kulit.

Penelitian dari US National Library of Medicine, membuktikan bahwa penggunaan rutin selama 12 minggu dapat mengurangi pigmentasi (mencerahkan), dengan efektif setara dengan penggunaan Hydroquinon, tanpa efek samping.

Banyaknya eksperimen membuktikan bahwa Tranexamic Acid dapat:

-         Mengatasi flek melasma.
-         Mengurangi hiperpigmentasi seperti bekas jerawat dan bekas luka pada kulit.
-         Mencerahkan warna kulit.
-         Mengurangi tampilan kulit kusam.

Sumber:
International Journal of Women’s Dermatology
Dermatology Surgary 2018
Indian Journal of Drugs in Dermatology, Volume 3, Issue 2
Bio Med Research International Volume 2018

C. Aloe Vera

Buat kita yang memang concern dengan perawatan kulit, step penggunaan aloe vera, memang tak pernah terlewatkan, bukan?

Extract aloe vera berfungsi untuk menyembuhkan kondisi kulit, seperti dehydrated-skin, sun-burns, psoriasis. Aloe vera juga memiliki sifat anti-microbial, anti-fungal, dan cell regenerative properties, sehingga dapat membantu:

-         Mengurangi iritasi / kemerahan pada kulit.
-         Melembabkan kulit dan mengunci kelembaban pada kulit, karena sebagian besar aloe vera mengandung air. Dapat melembabkan tanpa sensasi lengket/greasy pada kulit.
-         Melembutkan dan menghaluskan kulit.
-         Melawan jerawat.

Sumber:
Iranian Journal of Medical Science
Public Library of Science
thehealthy.com

D. Onion Extract

Kita pasti pernah membaca tentang praktek menggunakan bawang pada wajah, bukan? Namun saya sendiri, tak pernah berani mencobanya, meskipun disebutkan, kandungannya bagus.

Kandungan vitamin C, Navonoid, dan Quercetin yang tinggi, berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Selain itu, Alium cepa bulb ext juga memiliki sifat anti-aging, antiseptic, purrifying, dan anti-iritasi.

Jadi fungsi dari Onion Extract yang terdapat dalam Intense Lightener ini yaitu:

-         Mengurangi iritasi, inflamasi dan kemerahan pada kulit.
-         Membersihkan bakteri, kotoran dan minyak dari kulit sehingga mencegah terbentuknya jerawat.
-         Menyamarkan noda kehitaman / frackles / age-spot pada kulit.
-         Mencegah pembentukan acne scar dan membantu penyembuhan dari acne scar.

Sumber:
The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology 5.6
Journal of Cosmetic Dermatology. Volume 7(2). Juni, 2008

Cara Pakai

Cara pakainya ini cukup mudah. Setelah wajah dibersihkan dan menggunakan toner, lalu pakai produk Intense Lightener by JA Glow ini di seluruh wajah dan leher. Oia, bisa juga, setelah wajah dibersihkan, pakai toner, pakai essence, lalu pakai Intense Lightener ini. Kemudian, lanjutkan saja skincare lanjutannya.

Pakainya sebanyak 2 x sehari pagi dan malam, cukup 1 pump. Tapi kalau kurang, bisa disesuaikan sesuai selera, kok. Saya sendiri pakainya kadang 2-3 pump setiap malam, karena saya ingin mencerahkan bagian mata panda, juga menyamarkan kerutan di bawah mata karena ada kandungan anti-aging juga, kan? Oia, sekaligus berusaha menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

Hasil yang Saya Dapatkan

Memang di atas sudah saya tuliskan, penelitian dari US National Library of Medicine, membuktikan bahwa penggunaan rutin selama 12 minggu dapat mengurangi pigmentasi (mencerahkan), dengan efektif setara dengan penggunaan Hydroquinon, tanpa efek samping. Namun demikian, di hampir 3 minggu pemakaian rutin ini, saya bisa melihat warna kulit sedikit cerah.
Efek dari penggunaan Intense Lightener ini intinya, baik-baik saja. Tak menyebabkan iritasi dan kemerahan, maupun menambah jerawat baru.

Oia, biasanya efek dari Hydroquinon kan bahaya dan menyebabkan ketergantungan. Tapi saat tak digunakan, kulit saya tak merasakan apa-apa. Kalau masalah ketergantungan, kata dokter JA, tidak akan ketergantungan karena bahannya sudah cukup aman. Bisa dibaca juga dari beberapa rujukan yang sudah saya tuliskan di atas.

Selain itu, pertanyaan lainnya yang ada, pasti berupa, apakah bisa dipakai dengan krim lain? Biasanya produk dokter, tak bisa dicampur dengan krim lain atau krim yang dijual bebas. Dikatakan dokter JA, Intense Lightener ini, bisa digunakan dengan skincare lainnya yang ber-BPOM. Untuk membuktikannya, saya pakai dong. Ternyata memang tak ada masalah. Malah kulit semakin terasa lembab.

Belinya di mana? Harga?

Sementara ini, produk ajaib ini, dapat ditemukan dengan mudah di klinik JA Medical Centre yang ada di Medan, Jambi, dan Jakarta dengan harga Rp 150.000,-. Kalau ingin lebih mudah, bisa langsung menghubungi instagramnya.

Repurchase?

Melihat hasil yang cukup baik dan bekerja di wajah saya, nanti kalau habis, Intense Lightener by JA Glow ini akan saya repurchase.

Jadi ini dulu yang bisa saya tuliskan tentang Intense Lightener by JA Glow. Intinya sih saya tertarik dengan klaim-klaimnya di atas dan sudah saya buktikan sendiri.

Salam,
Auda Zaschkya