Kerokan merupakan sebuah pengobatan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk menghilangkan pegal, sakit kepala, dan masuk angin. Dengan kerokan ini mampu membuat aliran darah kembali lancar dan jaringan sirkulasi jaringan lunak di bagian tubuh akan terangsang. Itu merupakan salah satu manfaat kerokan.

Area yang biasa menjadi kerokan ialah di area punggung, hasil yang di tunjukan akan nampak merah dan memar. Di samping itu manfaat kerokan juga akan meningkatkan metabolisme dan mengatasi peradangan yang sering menjadi pemicu beberapa penyakit tertentu.

Manfaat Kerokan

Manfaat kerokan sangat banyak sekali yang sudah dirasakan oleh pasien kerokan. Tidak hanya mengusir angin saja, akan tetapi ada beberapa gejala yang dapat diredakan dengan cara kerokan.

1. Nyeri leher

Nyeri leher biasa dirasakan pada saat bangun tidur membuat kita menjadi tidak nyaman untuk melakukan aktiftas. Namun kebanyakan orang dalam meredakan nyeri leher tersebut tidak menggunakan alternatif obat, bahkan dengan cara kerokan yang dimana akan merasakan lebih nyaman, hangat, dan leher terasa ringan.

2. Sakit kepala migrain

Kerokan merupakan pengobatan alternatif yang tidak kalah ampuh dengan obat-obatan. Melakukan kerokan pada saat sakit kepala migrain menjadi sorotan dalam pengobatan yang dapat meredakan lebih cepat dibandingkan dengan produk obat yang dijual di mini market.

3. Pembengkakan payudara

Ibu yang menyusui biasanya lebih sering mengalami pembengkakan ketika masa persalinan. Pada saat itu ibu menyusui akan lebih kesulitan dalam menyusui. Alangkah lebih baiknya dengan cara kerokan lebih efektif untuk membantu mengatasi pembengkakan pada payudara tersebut.

4. Hepatitis B

Manfaat kerokan juga dapat meredakan gejala penyakit hepatitis B, seperti peradangan pada liver, muncul jaringan pada liver, kerusakan pada liver, serta menurunkan enzim pada liver.

Namun bila Anda memiliki gangguan pembekuan darah atau mengonsumsi obat pengecer darah sebaiknya menghindari kerokan, walaupun tergolong aman. Dan juga bila kalian baru saja beres melakukan operasi, mohon untuk tidak melakukan kerokan. Hindari kerokan yang berlebihan yang bisa membuat luka di kulit Anda dan gunakan logam yang sudah dibersihkan sebelumnya.
Baca juga : Manfaat daun pandan untuk wajah 
                   Manfaat kecantikan dari buah bit 
                   Kurangi makanan ini untuk detox wajah berjerawat