Minggu pagi saya bergegas ke daerah jakarta kali ini kedatangan saya untuk kampanye #PeduliKitaPeduliTBC  untuk kampanye ini sendiri sudah dilakukan sejak bulan januari, hingga puncaknya pada tanggal 25 maret 2018 diadakan media dan blogger gathering sekaligus cfd di depan fx sudirman.





Senang saya mengetahui ada banyak artis di Indonesia yang mendukung kampanye TBC ini, memang kita sebagai masyarakat harus dan wajib menyebarkan pesan penting soal penyakit TBC ini. Karena dampak yang diterima oleh pasien penderita TBC sangatlah berat.



Kita patut menyebarkan edukasi pada masyarakat luas akan TBC contohnya seperti mengalamih batuk berdahak atau tidak berdahak lebih dari 2 minggu lebih baik segera periksakan ke klinik kesehatan atau puskesmas terdekat agar mudah ditangani dan diobati.


Ada banyak pasien yang mengkonsumsi obat namun akhirnya ia berhenti meminum obatnya karena merasa dirinya sudah sembuh.



Saat acara kemarin ada banyak masyarakat yang ikut serta menyampaikan pesan kepedulian dengan menuliskan di ikon kampanye, berfoto didepan mural art work. Dan menggunakan masker yang designnya khusus dari tutugraff.





Pas acara media & blogger gathering ada artis seperti Vino G Bastian dan Reza Rahardian loh, mereka ikut memberikan kepeduliannya dalam kampanye #PeduliKitaPeduliTBC.



Bukan hanya artis saja yang hadir namun ada mantan pasien penderita TBC yang sudah dinyatakan sembuh dia juga seorang member dari komunitas PETA.



Gejala yang nampak pada penderita TBC sebagian seperti :

“ batuk berdahak

“ batuk tidak berdahak

“ demam namun tidak tinggi

“ berat badan menurun

“ nafsu makan berkurang

“ batuk bercampur darah


Etiket dalam batuk :

“ Cuci tangan dengan air bersih & sabun

“ tutup hidung/mulut ketika batuk

“ tutup hidung/mulut dengan lengan

“ gunakan masker

“ gunakan sapu tangan

“ ganti tisu yang sudah terpakai


Menjaga lingkungan area rumah pun wajib kita bisa memulai dengan :

“ menjemur bantal, guling, kasur

“ buka pintu & jendela

“ mengkonsumsi makanan bergizi

“ Olahraga


Lalu apa yang akan terjadi bila pasien tidak lagi konsumsi obat nya,akan menjadi resisten dimana sang kuman menjadi kebal terhadap semua obat.