Aku udah lama banget ngga nulis di #RabuCantik, kangen juga ya..

Mulai hari ini aku mau mulai melakukan omong kosong di #RabuCantik entah seminggu sekali atau dua minggu sekali. Doakan aja yah semoga bisa langgeng. Eh.

Kali ini aku mau sharing pengalaman aku menggunakan facial oil pada kulit wajahku yang berminyak. Meskipun facial oil yang baru aku coba cuma rosehip oil, Bio-Oil dan argan oil, setidaknya share kali ini sedikit banyak bisa bantu kalian yang lagi galau mau nyoba facial oil.

Alasan aku mau share mengenai ini karena dulu aku juga ragu-ragu dan bimbang mau coba facial oil. Meski banyak yang bilang, "Facial oil bisa kok buat oily-skin", "Facial oil ini ngga bikin muka tambah berminyak kok", "facial oil ini bagus buat jerawat", dan bla-bla. Entah kenapa aku masih aja ragu even banyak yang bilang bagus. Sampai pada akhirnya entah kenapa aku nyobain rosehip oil dan nagih banget.

Aku pernah nyobain Sukin Certified Rosehip Oil dalam kemasan kecil terus hasilnya bagus menurut aku sampai aku beli kemasan gedenya. Karena suka sama Rosehip Oil akhirnya aku coba juga Argan oil dari Utama Spice dan Bio-Oil hasilnya ternyata bagus dan cocok-cocok aja. 


"Iya, bagus saat itu..."


"Sekarang bagaimana?"


"Sekarang kalau mau pakai facial oil tricky banget. Malah bisa bikin muka muncul jerawat gitu."


"Eh, kok bisa?"


"Mana saya tahu, wkwkwk"


Ettss, ngga deh. Awalnya bingung banget kok tiba-tiba setelah beberapa pekan ngga menggunakan facial oil lagi wajahku jadi minyakan dan muncul jerawat. Bingung dong ya dimana salahku. Padahal aku ngga ada ganti wajah lho. Eh.

Dari hasil pengamatanku sepertinya kondisi kulit aku berubah-ubah. Bisa banyak faktor penyebabnya tapi aku simpulkan begini;

Kondisi pertama, mungkin saat itu cuaca lagi ngga panas. Lagi adem sehingga produksi sebum ngga banyak. Cuaca seperti itu yang malah bikin kulit aku kering dan kekurangan minyak sehingga facial oil malah membantu melembabkan wajahku yang kering. Ngga diragukan lagi. Aku ingat banget saat aku getol getolnya menggunakan facial oil, waktu itu musim penghujan. Even aku gunakan siang hari facial oil fine fine aja. Ngga ngasih rasa greasy.

Kedua, setelah beberapa pekan skip menggunakan facial oil lagi, sepertinya aku dalam masa PMS atau karena aku lagi doyan makan gorengan dan makanan yang kurang sehat muka aku jadi berminyak banget. Pada saat itu menggunakan facial oil ngga ngaruh buat atasi jerawat aku. Malah makin bikin muka ku berminyak dan numbuhin jerawat.

Aku sih mengasumsikan wajah yang berminyak kemudian ditambah minyak lagi akan menambah minyak dan menyebabkan ketidakseimbangan antara air dan minyak diwajah. Itulah yang menyebabkan minyak muncul tiada akhir.

Kesimpulannya...

Untuk wajah aku yang memiliki jenis berminyak ini. Ingat, untuk wajah aku yah. Bukan bearti bakal sama diwajah orang lain meski sama-sama memiliki jenis kulit berminyak. Facial oil ngga bisa aku gunakan kapanpun aku mau.

Aku harus lihat kondisi kulit atau cuaca. Jika kulit aku sedang berminyak banget dan cuaca lagi panas banget, aku rasa lebih baik menghindari penggunaan facial oil. Aku akan pilih produk yang lebih watery dan ringan.

Sebaliknya jika wajahku lagi normal, kering atau cuaca lagi dingin aku akan menambahkan facial oil jika perlu untuk menambah kelembapan kulit. Even siang hari, kalau kulit kering dan cuaca dingin pakai facial oil di sang hari it's okay for me walaupun kulitku tipe berminyak.


So...

Kalian dapat pointnya?...

Aku harap sih kalian paham ya maksud dari omong kosong aku kali ini huahaha.

Oke bye :D