Setelah sekian lama waktu berlalu akhirnya up juga review Pixi Glow Tonic. Exfoliating toner ini kemarin hype banget dan jadi holy grail banyak orang. Kalau ngga salah sekitar satu atau dua tahun lalu deh. Meski agak telat, semoga belum basi deh buat mereview ini. 

Pixi adalah sebuah brand yang berasal dari London, Inggris. Brand ini dibuat oleh Petra Strand seorang make-up artist dan product developer. Brand ini beda yah sama brand Pixy. Jangan sampai salah loh meski beda huruf  "i" sama "y" karena kedua brand ini berbeda banget.


Kemasan Pixi Glow Tonic itu dari botol plastik dengan tutup ulir. Warna botolnya bening, bikin enak kalau mau lihat isi produk sisa berapa. Seperti biasa aku bukan tipe yang suka bahas packaging ya gaes. Jadi mengenai packaging bla-bla aku skip dulu.


Pixi Glow Tonic adalah exfoliating toner yang mengandung 5% AHA. AHA yang ada dalam toner ini adalah glycolic acid. Selain itu key ingredients dalam Pixi Glow Tonic adalah aloe vera dan ginseng. Toner ini mengklaim aman untuk semua jenis kulit.

Ingredients : Aqua, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Leaf Extract, Aesculus Hippocastanum (Horse Chestnut) Seed Extract, Glycolic Acid, Ammonium Glycolate, Glycerin, Butylene Glycol, Hexylene Glycol (and) Fructose (and) Glucose (and) Sucrose (and) Urea (and) Dextrin (and) Alanine (and) Glutamic Acid (and) Aspartic Acid (and) Hexyl Nicotinate, Panax Ginseng Root Extract, Phenoxyethanol, Sodium Benzoate, Biotin, Polysorbate 20, Fragrance.

Btw, Pixi Glow Tonic ini tidak diuji coba pada hewan dan mengandung paraben.



Kunci ingredients didalam Pixi Glow Tonic adalah glycolic acid, aloe vera dan ginseng. Aku jabarin secara sederhana apa aja fungsi bahan tersebut dibawah ini.

Glycolic Acid bermanfaat untuk mencerahkan wajah, menyamarkan noda bekas jerawat, anti-penuaan dini, mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori dan mengatasi jerawat.

Aloe vera bermanfaat melembabkan kulit, menyamarkan noda hitam, anti-penuaan dini dan mengatasi jerawat.

Ginseng bermanfaat sebagai anti-penuaan dini, mengatasi jerawat, mengatasi hyperpigmentasi, menyeimbangkan kadar minyak pada wajah dan meratakan/mencerahkan kulit.

Beberapa dari kalian mungkin masih belum ngerti banget apa itu chemical exfoliation. Next time aku akan share ke kalian dipost khusus ya. Kalau aku jelasin disini sepertinya bakal kepanjangan banget deh.


Cara menggunakan Pixi Glow Tonic.

Kembali lagi aku ingatkan ini adalah chemical exfoliation toner bukan toner biasa.

Setiap orang punya reaksi berbeda terhadap chemical exfoliation. Sebaiknya gunakan secara perlahan dan sabar. I know banyak yang cerita betapa bagusnya manfaat exfoliating toner tapi kamu harus sabar apalagi kalau kamu beginner.

Saran aku gunakan dengan persentase yang rendah. Pixi Glow Tonic mengandung glycolic acid 5% which is cukup rendah untuk kadar AHA menurut aku. Dan banyak yang bilang Pixi Glow Tonic ini toner yang mild. Kalau kalian masih takut, gunakan dulu exfoliating toner yang kurang dari 5% setelah kulitnya siap baru coba Pixi Glow Tonic.

Gunakan Pixi Glow Tonic bertahap. Seminggu sekali terlebih dahulu. Kemudian naikkan frekuensinya hingga dua sampai tiga kali seminggu hingga setiap hari penggunaan. Penggunaan terbaik adalah saat malam hari. Kalau kalian memilih menggunakannya saat siang hari, kalian harus menggunakan sunscreen.

Untuk pengaplikasiannya, tuangkan Pixi Glow Tonic pada kapas. Swipe ringan pada wajah dan leher. Baru kemudian dilanjutkan dengan hydrating toner. Hydrating toner itu wajib digunakan setelah menggunakan produk yang mengeksfoliasi. Kalau kalian tidak menghidrasi kulit kalian dengan cukup, kulit kalian bisa iritasi atau breakout. Jangan salahkan produknya jika kalian sendiri kurang tepat dalam menggunakannya.

Contoh Step skincare sederhana yang bisa lakukan.
Cleanser - Exfoliating toner - Hydrating toner - Moisturizer - Sunscreen (jika digunakan pada siang hari).

Kalian bisa sesuaikan step skincare kalian dengan kebutuhan kulit kalian. Jangan mengkombinasikan skincare sembarangan saat menggunakan exfoliating toner. Ada beberapa ingredients yang tidak boleh digunakan bersamaan dengan acid toner. Untuk sementara kalian cari lewat google aja ya kapan-kapan aku bikin blog post khusus.


Saran aku buat kalian yang pertama menggunakan exfoliating toner, sebelum kalian menggunakan exfoliating toner harus banyak baca-baca dulu. Pilih chemical exfoliation yang tepat buat kulit kalian. Apakah kalian butuh BHA, AHA atau PHA. Terus baca juga mengenai hal yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Menggunakan bahan exfoliant itu ngga bisa asal templok ke muka. Nanti ujung-ujungnya bilang produknya jelek, ngga cocok. Padahal kalian yang salah dalam memilih dan menggunakan produk. Be smart gaes. Ada internet buat baca tulisan ini?, artinya bisa akses google kan.

Maaf nulis ini hampir emosi, gegara baca komentar warganet. Hihihihi.

Satu lagi deh, kalau pakai Pixi Glow Tonic atau produk lain selalu perhatikan period-after-open alias PAO ya. Patokan utamanya bukan tanggal expired dikemasan tetapi periode atau masa setelah kalian buka produk.


Sebelum aku membeli Pixi Glow Tonic dalam kemasan 250ml, aku mencoba dulu Pixi Glow Tonic dalam kemasan share untuk test gimana reaksi exfoliating toner ini dikulit aku. Kan nyesek juga ya kalau udah beli mahal-mahal kalau ternyata kurang cocok buat aku. Hasilnya menurut aku oke banget, meski belum kelihatan signifikan karena nyoba 20ml. At least kulit aku nggak mengalami iritasi atau breakout bahkan dengan ke sotoyan aku, aku menggunakan Pixi Glow Tonic ini tiap hari muka aku aman aman aja. Aku ngerasa kulit aku jadi lebih halus dan enteng. Sedikit lebih cerah juga. 

Setelah coba kemasan share itu ngga beli lagi sih sekitar setengah tahun karena lagibokek. Hahahaha. Sampai akhirnya Pixi Glow Tonic diskon di Benscrub.com. Ya udahlah ya, hajar aja langsung beli. Mana kebetulan ada uangnya kan.

Aku menggunakan Pixi Glow Tonic ini setelah lahiran dan hasilnya tidak sebagus sebelumnya. Setelah aku pakai Pixi Glow Tonic pada malam besoknya muncul jerawat dan muka malah jadi terlihat kusam. I don't know why. Padahal aku pakainya cuma seminggu 2x dan udah make sure kulit aku terhidrasi dengan baik. 

Meski kondisinya begitu aku ngga salahin produknya sih, menurut aku bisa saja kondisi kulitku yang sudah berubah. Mungkin karena adanya kehamilan atau setelah lahiran kondisi kulit aku berubah sensitivitasnya karena hormon, pola tidur yang kurang karuan karena ngurus newborn atau kondisi lain. Atau bisa jadi karena kondisi kulit aku berubah aja. There's no reason. 

Kesimpulannya menurut aku Pixi Glow Tonic produk yang bagus kalau melihat hasil yang aku dapatkan sebelum aku hamil. Dan pasti ada alasan kenapa exfoliating toner ini hype dan jadi holy grail banyak orang. Exfoliating toner emang tricky, saran aku kalau kalian mau mencoba Pixi Glow Tonic coba dulu dalam kemasan kecil. Gunakan toner ini pelan-pelan sekali seminggu, dua kali seminggu baru setiap hari kalau kulit kalian sudah "menerima" dan fine. Oh iya jangan lupa berikan kulit kalian hidrasi optimal dan gunakan sunscreen pada siang hari saat menggunakan exfoliating toner.



Harga
PIXI Glow Tonic 100ml idr 349.000
PIXI Glow Tonic 250ml idr 529.000

Dimana membeli
www.benscrub.com

Kode diskon belanja di www.benscrub.com