Banyak yang bilang kalau kulit berjerawat itu karena kulitnya ngga dirawat, ngga menjaga kebersihanlah, karena inilah karena itulah. Woaah macam-macamlah komentar orang. Padahal mereka ngga tahu kalau orang yang memiliki kulit acne-prone adalah orang yang paling telaten dan rajin merawat kulit dibanding sama orang yang kulitnya ngga punya masalah. Begitu juga dengan aku yang jerawatnya turn-on dan turn-off. Aku ngga pernah ngeluh kok, malah aku senang banget menikmati proses ini. Semakin aku jalani semakin pengetahuan aku bertambah dan semakin aku tahu apa yang sebenarnya yang salah dan apa yang benar untuk aku lakukan terhadap kulitku.

Kemarin karena hormon yang belum stabil pasca melahirkan (aku sih mengasumsikan begitu) dan aku yang lagi PMS moodnya lagi pengen makan terus (parah banget, aku makan gorengan tiap hari) membuat wajah aku "hancur" berminyak luar biasa dan tentunya diiringi sama whitehead plus jerawat. Bikin aku bingung mau diapain. Alhamdulillah berkesempatan mencoba produk dari Skindewi which is bisa menjadi solusi buat masalah kulitku. Gimana hasilnya?. Tarik  nafas pelan-pelan, ambil popcorn and then aku akan mulai reviewnya.

Kita kenalan dulu ya sama brand ini.

Skin Dewi adalah brand yang dibuat oleh Dewi Kauw. Latar belakang brand ini adalah anak kedua dari Dewi Kauw yang menderita penyakit atopic dermatitis dari lahir. Beliau ingin memberi harapan dan solusi kepada mereka yang mengalami kulit bermasalah kronis seperti eczema dan jerawat. Skin Dewi adalah skincare yang menggunakan bahan natural dan organic dengan formulasi yang efektif dan high performance. Intinya Skin Dewi adalah organic skincare dan natural skincare yang menggunakan planted-based ingredients didalam produknya.


Hazelnut Cleansing Milk
Produk pertama yang akan kita bahas adalah facial cleanser yang bagus digunakan untuk kulit berminyak. Skin Dewi Hazelnut Cleansing Milk adalah gentle milk cleanser yang berguna untuk membersihkan kotoran dan sisa makeup diwajah tanpa membuat wajah terasa kering. Selain itu manfaat produk ini adalah menormalkan produksi sebum dan mengurangi tampilan pori-pori wajah.

Skin Dewi Hazelnut Cleansing Milk yang aku miliki adalah travel size dengan isi produk sebanyak 50gr. Untuk  fullsizenya berisi 150gr. Kemasan Skin Dewi Hazelnut Cleansing Milk yang aku miliki adalah kemasan lama yang berupa tube berwarna putih. Sedangkan re-packaging skin dewi berwarna hijau dan kemasannya sekarang dalam bentuk botol dan pump.

Tekstur dari  Skin Dewi Hazelnut Cleansing Milk berupa milk lotion. Warnanya putih susu. Tidak menghasilkan busa meski sudah digosok dengan air. Aromanya organic banget. Cara membersihkan wajah dengan Skin Dewi Hazelnut Cleansing Milk sama dengan facial cleanser pada umumnya. Gunakan pada wajah yang sudah  dibersihkan dengan first cleanser. Basahi kulit wajah, usapkan dan pijat ringan kemudian bilas dengan air.


Ingredients:
Aqua, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Water, Ricinus Communis (Castor) Seed Oil, Cetearyl Alcohol, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed OilCorylus Avellana (Hazelnut) Seed Oil, Glycerine, Cetearyl Glucoside, D-alpha-Tocopherol, Benzyl Alcohol, Amorphophallus Konjac Root Powder, Epilobium Fleischeri Extract, Salvia Sclarea (Clary) Oil, Benzoic Acid, Soybean (Glycine Soja) Oil, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Pelargonium Graveolens (Geranium) Oil, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Oil, Dehydroacetic Acid, Boswellia Carterii (Frankincense) Oil, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Oil, Citric Acid, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate. Citronellol*, Geraniol*, Limonene*, Linalool*. *from natural essential oils.

Bold = organic

Skin Dewi Hazelnut Cleansing Milk  menggunakan banyak bahan-bahan natural dan organic. Diantaranya ada tiga bahan utama yaitu witch hazel yang berguna mengurangi inflamasi & mengecilkan pori-pori, Hazelnut Oil yang berguna sebagai astringen untuk kulit berminyak dan jojoba oil yang sangat mirip dengan minyak alami mirip, melembabkan hingga kedalam dan ringan.

Skin Dewi Hazelnut Cleansing Milk benar-benar cleanser yang gentle dikulit aku. Meski tanpa busa tetep membuat kulit bersih tanpa membuat kulit terasa kering. Mungkin buat beberapa orang mencuci muka dengan produk yang tidak menghasilkan busa itu agak "aneh" karena mostly cleanser mengandung busa dan busa dianggap sesuatu yang membersihkan kotoran dimakeup (diiklan sih biasanya). Sehingga memunculkan pemikiran tanpa busa muka ngga bersih.

Trust me facial cleanser dengan sedikit busa atau tanpa busa itu juga mampu membersihkan wajah dengan optimal. Malah kita dapat bonus muka kita jadi lembut, soft dan moist setelah mencuci wajah. Itu pula yang aku rasakan dengan Skin Dewi Hazelnut Cleansing Milk sehabis cuci muka wajah jadi bersih tapi tetap moist dan supple. Minyak juga terkontrol. Bahkan setelah satu jam cuci muka tanpa pelembab apapun muka aku tetep terasa  moist dan ngga berminyak (tergantung kondisi kulit juga sih lagi gimana, at least pada kondisi kulit prima). Gila sih. Biasanya habis cuci muka kalau ngga langsung pakai skincare muka jadi kering atau minyakan. Memang worth it banget sih. Kalau ada budget lebih aku mau cobain lagi hehehe.

Harga : 
Travel size gr  Idr 285.000
Fullsize 150gr Idr 450.000


Skin Dewi Calendula Soothing Gel

Berikutnya adalah produk yang aku pilih karena kulit aku yang lagi cukup sensitif dan bakal cocok buat kulit berminyak aku. Skin Dewi Calendula Soothing Gel adalah pelembab yang bermanfaat untuk menenangkan kulit sekaligus memberi hidrasi pada kulit yang berminyak.

Pertama kita intip dulu ya kemasannya. Seperti Hazelnut Cleansing Milk, kemasan yang aku dapat untuk Calendula Soothing Gel juga kemasan lama yang berwarna putih. Dikemasan dalam botol kecil dengan bentuk pump. Tekstur produk berupa gel cair berwarna kuning kecoklatan yang cepat meresap dikulit. Teksturnya ringan, bikin kulit terhidrasi. Wanginya organic banget dan cukup kuat.


Ingredients:
Aqua, Butyrospwemum Parkii (shea) Butter Extract, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Glycerine, Camellia Oleifera (Seed) Oil, D-alpha Tocopherol, Benzyl Alcohol, Lysolecithin, Sclerotium Gum, Argania Spinosa Kernel Oil, Coco-Caprlyate/Caprate, Allantoin, Niacinamide, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Avena Sativa (Oat) Kernel CO2 Extract, Xanthan Gum, Pullulan, Hordeum Vulgare Cera, Citrus aurantium dulcis (Orange) Peel Oil, Calendula Officinalis Flower Extract, Benzoic Acid, Glycine Soja Oil, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Camellia Sinensis (Green Tea) Leaf Extract, Aloe Barbadensis Leaf Juice Powder, Matricaria Recutita Flower Extract, Dehydroacetic Acid, Citric Acid, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Litsea Cubeba Fruit Oil. *Citral, *Limonene, *Linalool. *From natural essential oils
Bold = organic

 Didalam Skin Dewi Calendula  Soothing gel ini mengandung beberapa ingredients utama yaitu Oat Co2 Extract yang dikenal bagus untuk kondisi kulit yang inflamasi dan itchy, Chamomile Extract yang juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, Calendula Co2 Extract untuk meregenerasi dan anti-peradangan serta Lavender Oil yang berguna untuk calming dan soothing.

Aku menggunakan Skin Dewi Calendula Soothing Gel kedalam rutinitas skincare ku sebagai mositurizer ku pada siang dan malam hari. Selama hampir sebulan aku menggunakan produk ini aku merasa wajah aku lebih sehat. Seriously. Wajah jadi lebih supple dan glow karena muka aku sudah ngga sekusam sebelum menggunakan Skin Dewi Calendula Soothing Gel. Pokoknya suka banget sama kulit aku, bener-bener ngerasa sehat. Kulit aku memang masih gampang berjerawat kalau aku pms atau sering dan banyak makan makanan berminyak. Tapi kerasa banget bedanya karena kulit jadi sehat. Ku tak bisa berkata-kata lagi. Sebagus itu sih dikulit aku. Jadi memang bisa soothing dan repair skin.

Memang worth it banget. Alhamdulillah di aku perfomanya bagus banget. Harganya memang tergolong mahal ya apalagi isinya cuma 20gr. Ets tenang kok 20gr itu ngga cepet habis kok. Bisa buat 1-2 bulanan.

Kenapa aku seyakin itu kalau produk ini yang bikin banyak perubahan karena hanya mositurizer dan second cleanser yang aku ganti, pre-esssence, toner, sunscreen, dll masih produk yang sama yang biasa aku gunakan. Second cleanser pun aku gunakan sebelum mencoba Calendula Soothing Gel.



Buat kalian yang penasaran banget gimana hasil before dan after aku menggunakan kedua produk Skin Dewi selama hampir sebulan atau tepatnya tiga minggu, gambar diatas adalah hasilnya. Please maafkan karena pada gambar diatas diambil pada pencahayaan berbeda dan angle berbeda karena aku pakai lighting outdoor kebetulan cuaca lagi kurang bersahabat sehingga susah mengambil foto dengan cahaya yang serupa.

Seperti yang aku ceritakan, jerawat masih bisa muncul kalau aku pms atau ngga menjaga pola makan. But as you can see kemerahan pada pipi dan hidung aku memudar dan permukaan pipi aku tampak lebih halus. So far puas sama hasilnya. Puas pakai banget. Hehehe.

Harga
Fullsize 20gr Idr 470.000

Dimana membeli produk

By-the-way Skin Dewi lagi mengadakan Mini Workshop. Untuk informasi dan registrasi workshop kalian bisa ke website skindewi.com/en/workshops

Tinted Lip Balm dan Lipgloss  
Hair pomade

Face and Body Scrub 
Mineral Face Powder dan Blush on

Body Wash/shower gel

Mineral highlighter, bronze & all over illuminating powder
Mineral eyeshadow

Lotion bar

Hand and foot cream