Menjadi perempuan itu dituntut untuk memenuhi standart-standart yang ada di masyarakat. Perempuan harus gini harus gitu. Harus bisa pekerjaan rumah. Bisa ini bisa itu. Kalau seorang perempuan berbuat salah, orang-orang akan langsung menjudge ‘kamu itu jangan ngelakuin itu. Kamu perempuan loh!’

Tak jarang yang menjudge seperti itupun sesama perempuan. Menjadi perempuanpun harus memenuhi standart ‘kecantikan’ yang sudah ada dikalangan masyarakat. Harus kudu putih, tinggi, langsing, hidung mancung, mata belok, bibir tipis, dan standart-standart lainnya.

Lucu! Dipikir saat hendak lahir ke dunia ini, perempuan bisa memilih ingin terlahir seperti apa, memiliki kulit bagaimana, bermata seperti apa, dan semua hal yang harus sesuai dengan standart-standart itu? Apa bisa memilih? Beruntunglah bagi yang memang terlahir sudah sesuai dengan standart-standart kecantikan yang ada. Ibaratnya satu masalah hidupnya terselesaikan, tapi jika yang lahir tidak sesuai standart-standart yang ada?



Semakin hari media semakin gencar memproklamirkan standart-standart tersebut, sehingga membuat banyak perempuan insecure terhadap dirinya sendiri. Aku pun dulu juga salah satu perempuan yang insecure dengan diriku sendiri.

Hingga kemudian aku tersadar bahwa semua standart itu bullshit. Aku ya aku. Cantik itu saat aku bisa menjadi diri sendiri dan merawat apa yang udah Allah kasih padaku. Ya, merawat bagiku adalah salah satu cara bagaimana aku bersyukur atas apa yang sudah diberikan. Yap, dengan skincare.

Baca Juga: CANTIK ITU...?

Aku jatuh cinta pada dunia perskincare-an. Aku suka hal-hal berbau skincare. Tak jarang aku gonta ganti untuk mencoba skincare baru. Nah, salah satu skincare yang udah hampir habis satu tube yang ku cobain adalah senka perfect whip.

Senka Perfect Whip sendiri merupakan produk pembersih nomor satu di Jepang. Selain itu, produk ini juga termasuk salah satu produk best seller di Jepang selama delapan tahun. Facial wash senka ini sendiri berasal dari brand Senka dengan induk brandnya Shiseido. Iya, shiseido. Pasti pada kenal produk-produknya Shiseido, kan?

Btw, sekedar informasi nih, shiseido sendiri sudah berdiri sejak 1872. Kalau senkanya sendiri, didirikan pada tahun 2002. Senka masuk ke Indonesia sendiri sejak tahun 2017 dan aku baru nyobain tahun ini huhu. Kemana aja, Mut? Oya, walaupun satu perusahaan dengan shiseido, untuk harga, senka jauh lebih terjangkau ketimbang shiseido.

Packaking Senka Perfect Whip
Untuk packaking, senka perfect whip ini di dominasi dengan warna ungu muda. Ungu muda kan ini? Haha menurut aku sih gitu. Packakingnya juga cukup simple dan minimalis dengan seluruh keterangan pada kemasan berbahasa Jepang.

senka perfect whip

Namun dibagian belakang packakingnya, terdapat tambahan stiker tempel yang menjelaskan keterangan produk, cara pakai, peringatan, ingredients, keterangan perusahaan distributor, serta tanggal expired produk berbahasa Indonesia.

Kalau semisalnya nggak ada keterangan berbahasa Indonesinya, aku pasti ngerasa pusing karna sama sekali nggak ngerti Bahasa Jepang. Dulu pas SMP pernah sih belajar, tapi Cuma dasar dan itupun udah lupa haha.

Ingredients dan Klaim Senka Perfect Whip
Ingredients senka perfect whip ini sendiri adalah mineral oil, cetyl octanonte, peg-120 diisostearate, peg-10 isostearate, water, phenyl trimethicone, peg-8 diisostearate, macadamia ternifolia nut oil, hybrid sunflower oil, rice germ oil, royal jelly extract, isostearic acid, alcohol, tocopherol, tetrhydroxypropyl ethylenedimine, fragrance.

Yang bikin produk ini cukup hits adalah karna memiliki kandungan white cocoon essence yang menghasilkan busa lembut nan kebal juga padat. Menurut klaimnya, busa ini yang akan bekerja mengangkat sisa-sisa kotoran dan make up yang menempel di kulit wajah, tapi tetap perlu double cleansing ya menurut aku.


Terkait busa yang banyak, orang Jepang percaya bahwa sabun dengan kandungan busa yang banyak akan mencegah kontak langsung antara tangan dengan kulit wajah. Terkait busa yang banyak ini juga, para pengguna tak perlu khawatir kulit akan menjadi kering, karna produk senka ini telah dilengkapi dengan double hyaluronic acid yang mampu menjaga kelembapan serta membuat kulit senantiasa terhidrasi.

Jika kamu memakai salah satu facial wash dan ngerasa kulit kamu ketarik setelah memakainya, berarti produk facial wash yang kalian pakai tidak mengandung Hyaluronic acid, beda dengan senka ini.

Cara Pemakain dan Tekstur Senka Perfect Whip
Untuk cara pemakainnya di malam hari, aku menggunakan metode doubel cleansing. Senka perfect whip ini aku jadikan second cleanser. Nah, nyiram wajah pakai air, aku keluarkan produk ke tangan yang bersih, lalu buat busa, baru deh di usap lembut ke wajah. Kalau di pagi hari, bangun tidur atau setelah masak sekitaran jam sembilanan, aku cuci wajah pakai senka perfect whip.

tekstur senka perfect whip
tekstur senka perfect whip

Tektus senka perfect whip sendiri adalah creamy lembut yang mudah dibusakan. Warnanya putih dengan aroma harum floral. Aku suka aromanya dan nggak bikin ganggu di hidung. Justru aromanya menurutku bikin rileks.

Pendapat Setelah Mencoba Senka Perfect Whip
Aku pertama kali nyoba produk ini di tanggal 17 Juni di pagi hari. Kok ingat, Mut? Iya, karna aku selalu mencatat di buku khusus tentang perkembangan skincare yang tengah aku pakai. Aku Cuma pengen lihat apakah benar-benar cocok dan berfungsi di kulitku atau justru sebaliknya.

Dari Juni hingga Desember berarti udah tujuh bulanan aku makai facial wash ini. Suka? Iya aku suka! Kalau udah habis, rencana bakal repurchase lagi. Setelah makai senka, aku nggak ngerasa kulit wajah jadi ketarik. Nggak nimbulin brake out juga.

Untuk membersihkan kulit sih, aku ngerasain juga, makanya aku mau repurchase. Sejauh ini sih aku rekomendasi produk ini. Oya, apa yang cocok dikulitku, belum tentu cocok di kamu. Begitu juga sebaliknya.
Oke deh, mungkin segini dulu review senka perfect whip dari aku. Semoga bermanfaat ya. Salam sayang, @muthihaura_blog.
Kamis, 5 Desember 2019. 20.25 WIB.