Hidung tersumbat itu memang menyebalkan. Biasanya akibat dari flu yang menyebabkan penumpukan ingus di dalam hidung. Jika dialami bayi dan anak akan merasakan tidak nyaman atau rewel. Biar hidung lega, ingusnya bisa dikeluarkan dengan cara semprot Respimer.

Flu memang penyakit yang sering mampir pada anak-anak. Kalau sudah sakit begini enggak hanya anaknya yang jadi rewel, tapi ibunya juga jadi khawatir. Tidurnya enggak nyaman, miring salah, terlentang salah, nungging salah, pokoknya posisi apapun jadi serba salah. Belum lagi kalau anaknya nangis karena belum mengerti bagaimana cara mengeluarkan ingusnya.

Ada beberapa penyebab hidung tersumbat, antara lain karena batuk pilek sehingga adanya penumpukan ingus di dalam hidung. Ingus yang menumpuk itu bisa mengakibatkan pembuluh darah dan sel-sel di dalam hidung mengalami bengkak. Mungkin efek dari bengkak itu hidung terlihat jadi merah. Kayak hidung badut. 

Nasal Spray bersihkan hidung pada bay idan anak


Bayi yang mengalami hidung tersumbat akibat batuk pilek, penyebabnya karena alergi (debu atau angin), flu, atau infeksi bakteri. Kebetulan Sagara baru sembuh dari batuk pilek nih, biasanya memang dari alergi debu, sama kayak saya juga. Dan memang kalau salah satu orangtua yang punya alergi, maka anaknya punya bakat alergi juga. 

Terus, bagaimana dong caranya supaya ingus yang ada di dalam hidung anak enggak numpuk dan nafas jadi lega gitu lho? Coba praktekin cara-cara berikut ini : 
  1. Bagi yang punya AC di rumah, suhunya diatur ya. Jangan terlalu dingin, mesti dijaga bener-bener biar suhu bayi stabil.
  2. Bersihkan hidung bagian luar dengan kapas yang sudah dicelupakan pakai air hangat. 
  3. Hangatkan dada dan punggung dengan minyak telon hangat atau bisa juga skin to skin.
  4. Jemur tiap pagi jam 7.30-8.30. Kalau jemur enggak usah lama-lama, nanti gosong.
  5. Kalau hidungnya mampet, bisa semprotkan masak spray dan ingusnya bisa disedot dengan alat penyedot khusus. 
  6. Lakukan penyemprotan hidung dengan larutan cuci hidung (Nasal Spray).
  7. Bawa bayi ke dokter jika disertai demam (38°), mata merah dan berair, serta flu yang enggak kunjung reda selama kurang lebih 5 hari.

Semprot Respimer, Cara Mengeluarkan Ingus Pada Bayi dan Anak



Dr.Intan Diana Sari (baju putih) dan moderator

Sabtu, 1 Desember 2019 lalu saya datang ke IMBEX 2019 di JCC dan mengikuti talkshow dengan tema  Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Si Kecil. Duduk dan menyimak paparan dr. Intan Diana Sari yang sangat bermanfaat buat orangtua yang sering mengalami hidung tersumbat pada anak. Dr. Intan menjelaskan bagaimana hidung bisa tersumbat dan memberikan solusi  yang tepat. 

Berkat acara itu saya jadi kenalan dengan RESPIMER. Produk apa tuh? 

RESPIMER merupakan cairan cuci hidung (NASAL SPRAY) yang kandungannya adalah AIR LAUT ALAMI 100% yang dibuat dengan konsentrasi tertentu untuk membantu membersihkan hidung harian dan juga dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan dapat membantu mengeluarkan ingus atau lendir yang kental pada bagian dalam hidung bayi yang terkana pilek atau flu. 


Keunggulan dari RESPIMER yaitu : 
  • 100% air laut dari St. Malo Bay yang terletak di Kota St. Malo, Provinsi Britanny, Perancis. Sebuah kawasan lindung UNESCO.
  • Proses pembuatan di pabrik Respimer dengan proses Elektrodialisis yang dipatenkan untuk menurunkan kadar NaCl tanpa mengurangi kadar mineralnya. 
  • Mengandung 80 mineral dan kalsium, magnesium dan kalium.
  • Kadar pH 7,6-8,4
  • Sterilitas terjaga selama penyimpanan
  • Tidak menggunakan gas propilen
  • Daya semprot lebih lembut buat bayi
  • Nozzle terdapat Tip khusus
  • Nozzle lebih higienis karena mudah dibersihkan.
  • Produk rekomendasi dokter spesialis anak dan THT

RESPIMER memiliki 2 varian yakni Baby Nasal Hygiene dan Baby Decongestant. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Simak di bawah ini ya.

2 Varian RESPIMER

Baby Nasal Hygiene : cairan isotonik, mengandung air laut dengan konsentrasi 0,9% NaCl yang artinya memiliki konsentrasi garam mirip dengan cairan tubuh manusia. Mengandung juga 80 mineral dan Trace Element. Idealnya digunakan membersihkan hidung sehari-hari baik dalam keadaan sehat atau hidung penuh ingus mencegah terjadinya flu dan infeksi. Gunakan 2-4 kali sehari. Isinya 115 ml seharga Rp155.000,00.

Baby Decongestant : mengandung air laut dengan konsentrasi garam 2,2% NaCl yang lebih tinggi dari cairan tubuh manusia, makanya disebut hipertonik. Mengandung juga 80 mineral dan Trace Element. Idealnya digunakan saat bayi dan anak mengalami hidung tersumbat akibat alergi yang mengalami infeksi saluran pernapasan akibat virus flu. Digunakan saat mencairkan ingus pada flu berat. Gunakan pada bayi > 1 bulan, 2-3 kali sehari. Harganya Rp175.000,00.

RESPIMER memiliki Nozzle yang mudah digunakan. Pada ujungnya terdapat Tip yang ukurannya kecil supaya bisa masuk ke dalam hidup bayi dan anak, sehingga semprotannya lembut. Pastinya tidak mengandung GAS PROPILEN yang berbahaya karena mudah terbakar, melainkan menggunakan teknologi Power Assembly. Kemasan botol RESPIMER pun dibuat aman, nyaman serta praktis.

Perhatikan cara penggunaan RESPIMER

Sekarang enggak perlu khawatir ya para orangtua kalau anaknya sedang flu dan ingusnya meler mulu. RESPIMER ini sebagai pencegah flu tidak berlarut-larut, bukan sebagai obat. Tenang saja tidak akan tertelan sampai ke perut atau ke paru-paru. Karena saat disemprotkan si kecil bisa langsung bersin dan keluar ingusnya. Mungkin si kecil bakal kaget sih saat pertama kali pakai. Meskipun direkomendasi buat bayi dan anak, RESPIMER bisa digunakan untuk orang dewasa juga.  Cuma efek semprotannya saja beda.

Jadi, ibu-ibu kalau anaknya ingusan banyak di hidung jangan dikorek-korek ya, bahaya. Karena di dalam hidung ada bulu-bulu halus yang bisa rusak. Semprotkan saja RESPIMER sesuai anjuran pemakaian. Produk ini bisa dibeli di toko-toko bayi atau toko daring. Ternyata RESPIMER ini satu perusahaaam dengan MustelaLaderma dan Interlac yaitu PT Interbat. Wah, pasti sudah terjamin kualitasnya. Bersihkan hidung tersumbat akibat ingus yang menumpuk degan Nasal Spray yang aman.