Ngga semua orang bisa berenang, termasuk aku. Karena ngga bisa berenang biasanya aku menghindari aktifitas yang berhubungan dengan air termasuk dalam berwisata. Walaupun pergi berwisata yang ada airnya, misal pantai atau pegunungan yang ada sungainya aku biasanya ngga berani nyemplung. Paling berani cuma rendem-rendem kaki. 

Kalian pernah dengan rafting?. Rafting ini adalah salah satu olahraga air yang merupakan olahraga yang paling berbahaya jika kita tidak bisa menguasainya. Buat kalian yang ingin liburan sekaligus menyukai tantangan, kalau kalian mampir ke Malang cobalah olahraga air satu ini. Sebelum kalian pergi rafting ke Malang ada beberapa tips dibawah ini yang bisa kalian coba.

Cari Tahu di Mana Saja Tempat Rafting di Malang
Sebelum memutuskan liburan ada baiknya dibuat planning terlebih dahulu. Kalian harus memutuskan kemana saja tujuan kalian bukan?. Ngga cuma cari tahu bagaimana cara naik pesawat ke Malang, juga tujuan dan bagaimana kalian pergi ke tempat untuk rafting. Kalian bisa pergi ke Kaliwatu, Kota Batu atau Poncokusumo karena disana merupakan surga rafting di Malang. Di Kaliwatu kamu akan dihadapkan pada sungai alami bercampur sungai irigasi, jadi ngga perlu banyak mendayung kalau pintu airnya sedang dibuka lebar. Sedangkan di Poncokusumo kamu akan mengarungi sungai alami berair deras jika tepat pada musimnya. Keduanya memiliki pemandangan indah yang bisa dinikmati sambil rafting.

Sumber: naturalsunrisetour.com
Ada beberapa operator berpengalaman yang siap menerima kedatanganmu untuk rafting di Malang. Sebut saja Ndayung Adventure dan Sedaer Tubing di Poncokusumo. Di daerah Batu, cobalah mencari Kaliwatu Rafting atau Batu Rafting yang sudah terbukti  pengalamannya.

Persiapkan Kondisi Tubuhmu

Sumber: korinatour.co.id
Coba hindari dulu aktivitas yang berpotensi menggangu kesehatan kamu. Bisa saja hari ini kamu  cedera karena bersepeda dan terjungkal padahal sudah booking buat minggu depan. Pertahankan performa tubuh kamu agar tubuh fit dan bugar. Usahakan agar kamu jangan sampai batuk dan pilek juga. Ngga asyik banget kan

Tampil Total Kepercayaan Diri Semakin Maksimal
Dalam rafting tidak perlu baju olahraga khusus, dengan mengenakan kaus katun dan celana pendek pun sudah cukup. Tapi biar percaya diri dan totalitas kamu bisa kenakan pakaian renang khusus yang dapat melindungi kulit dari gesekan batu di sungai.
Sumber: oars.com
Rashguard yang tebal untuk atasan dan celana renang yang tidak mengganggu pergerakan dapat kamu pilih sebagai alternatif pakaian yang dapat kamu gunakan saat rafting. Hindari pakaian yang menyerap air, bukan hanya tidak nyaman tapi juga berbahaya karena dapat menghalangi refleks tubuh.

Jangan Abaikan Perlengkapan Perlidungan Tubuh
Pastikan kamu memilih operator rafting yang menyediakan perlengkapan pelindung tubuh. Standarnya kamu harus memakai helm pelindung dan jaket pelampung saat rafting. Kalau ukuranmu tergolong istimewa dalam arti sangat besar atau bertubuh mungil, ada baiknya melengkapi diri sendiri dengan perlengkapan pribadi yang pas dengan kebutuhan. Nggak enak pakai helm longgar, pandangan jadi tidak nyaman, konsentrasi mengikuti petunjuk guide juga terganggu karena harus terus memperbaiki posisi helm.

Sumber: instagram.com @jonamora_16
Biaya rafting di Malang bervariasi tergantung tingkat kesulitan. Tenang saja, berapapun biayanya, pengalaman rafting di Malang ini memberikan keseruan yang tiada habisnya dari titik pemberangkatan hingga finish.