Sebagai seorang blogger yang menggunakan niche beauty sebagai topik utama seringkali postingan  yang aku publish nggak terlalu jauh dari content beauty. Jujur selama ini dalam menulis untuk blog aku biasanya hanya menulis sesukaku saja. Bahkan terkesan acuh. Karena pada dasarnya blog ini hanya kujadikan sebagai hobi. Aku nggak ambil pusing soal “printilan” dalam menulis blog.
Alhamdulillah kemarin aku bergabung dengan Ngopi Cantik Beautiesquad yang membahas bagaimana cara menulis artikel kecantikan dengan baik dan benar yang mengundang kak Grisselda Nihardja dari Beauty Journal by Sociolla. So gaes,  aku bakal share ke kalian beberapa materi yang aku tangkap dari Ngopi Cantik pada postingan ini.
Hal pertama sebelum menulis sebuah artikel tentunya kita memerlukan Ide tulisan. Untuk mendapatkan ide kita bisa dapatkan dari banyak cara misalnya dari sosial media, media cetak atau online. Bahkan bisa terinspirasi dari kehidupan sehari-hari. Misalnya saat kita ngobrol sama temen tentang foundation, kita bisa mendapatkan ide untuk menulis tips memilih foundation untuk kulit berjerawat atau menulis rekomendasi foundation yang murah. Banyak banget hal yang kita bisa explore untuk menambah ide tulisan kita.
Kak Griss ngasih tips kalau kita juga bisa mendapatkan ide tulisan dengan mengulik apa yang sedang trend di Google dengan mengklik https://trends.google.com/. Walaupun data disana katanya ngga spesifik banget karena free, setidaknya dapat memberi kalian gambaran mengenai apa sih topik yang lagi sering dicari banyak orang.
Jangan lupa setelah mendapatkan ide catat dalam memo, planner atau notebook biar ngga kelupaan.
Setelah dapat ide penulisan kita dapat mulai menulis artikel kita. Sebelum menulis ada baiknya membuat kerangka penulisan. Kalau aku secara pribadi, dalam membuat kerangka penulisan aku buat secara sederhana aja, biar ngga bikin pussyiingg. Hehehe. Pada dasarnya kerangka penulisan itu terdiri dari intro, isi dan conclusion.  Kalau aku pribadi lebih prefer dengan menulis poin-poin apa saja yang ingin aku sampaikan lalu aku kembangkan menjadi tulisan. Misalnya dalam menulis review kecantikan, poin utama dalam review yang ingin aku sampaikan biasanya meliputi kemasan, klaim produk, ingredients, cara penggunaan, tekstur, aroma, pendapat aku mengenai produk, harga  produk, dimana membeli atau poin lain yang aku sesuaikan dengan produk apa yang sedang aku review. Kedengarannya sulit ya?. Ngga kok, kalau sudah terbiasa membuat kerangka itu ngga rumit.

“Kerangka Penulisan”

Intro : Menyoroti fear, desire atau masalah.

Isi : Poin-poin penjabaran.

Closure : Kesimpulan, pertanyaan balik untuk enggangement atau mengundang audience untuk berkomentar.

Menurut CMO luar negeri artikel yang bagus itu membuat pembaca belajar sesuatu, melakukan sesuatu dan/atau merasakan sesuatu. Artikel yang bagus membuat pembacanya ingin mencoba (bisa dari tips, tutotial atau review produk) atau merasakan opini dari penulis (bisa dari bagus atau buruknya produk, atau merasa relevan dengan pengalaman atau ceritanya).
Cara penulisan dalam artikel kecantikan tidak harus baku atau seluruhnya mengikuti KBBI.  Kalian bisa menggunakan bahasa sehari-hari atau menggunakan istilah tertentu. Kalau menurut aku pribadi penulisan itu yang penting mudah dimengerti dan nyaman dibaca. Meskipun dengan penggunaan bahasa yang santai ada baiknya tetap menulis dengan tata penulisan yang baik, misalnya dalam peletakan tanda baca, kata penghubung dan lain sebagainya.
Oh iya satu lagi sih, meskipun personal banget ini sifatnya, aku jarang menggunakan istilah bahasa kecantikan yang sulit dimengerti pembaca yang awam. Aku lebih memilih menggunakan bahasa umum agar pembaca aku bisa mengerti dan menyerap tulisan aku dengan baik. Aku ngga mau setelah pembaca membaca tulisan aku mereka bingung dengan penggunaan istilah sulit yang aku gunakan. Itu sebabnya aku meminimalisir penggunaan kata istilah yang sulit. Karena sebagai seorang audience juga, akupun sering kebingungan  dengan beberapa kata istilah yang asing menurutku.
Aku yakin banyak dari kita yang bingung bagaimana cara mengungkapkan saat mencoba produk yang tidak cocok dengan kita terlepas dari produk tersebut beli sendiri atau merupakan kerjasama dengan sebuah brand. Personally saat bekerjasama dengan brand aku selalu bilang diawal kalau aku mau review produk mereka dengan pengalaman pribadi yang jujur. Karena aku yakin review jujur akan memberi dampak baik bagi aku, brand dan pembaca.
Aku yakin saat menciptakan produk brand sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membuat sebuah produk yang terbaik. Yes, i believe. Jika ada kekurangan dalam produk mereka menurut aku itu hal yang wajar. Karena manusia itu unik, berbeda satu sama lain. Sebuah produk itu bisa memberi hasil yang berbeda pada setiap orang. Apalagi produk skincare. Kalau kalian akan bekerja sama dengan sebuah brand ada baiknya berkomunikasi diawal bahwa kulit kamu kondisinya bagaimana untuk kebaikan segala pihak. Aku juga beberapa kali menolak tawaran review karena aku tahu produk tersebut tidak akan cocok dengan kulit aku karena tidak sesuai jenis kulit, permasalahan kulit atau ada kandungan yang tidak cocok dengan kulitku.
Lalu bagaimana cara menulis dengan baik jika produk tersebut kurang bagus untuk kamu?. Pertama yang harus dihindari adalah penyampaian dengan kata-kata kasar. Tidak perlu sampai sumpah-serapah atau menghina sampai berlebihan. Tulislah dengan penyampaian yang baik. Lebih bagus lagi jika bisa diselipkan masukan kepada brand tersebut. Aku yakin brand akan senang jika diberi masukan yang membangun. Kita bisa menuliskan foundation brand xxx tidak memiliki tutup pump sehingga sering menumpahkan foundation kebanyakan dan menyarakan agar kedepannya brand xxx tersebut re-packging agar menambahkan pump pada foundation tersebut. Untuk skincare kita bisa menyebutkan kalau kita tidak cocok dengan pelembab brand xxx  tetapi mungkin akan lebih cocok untuk jenis kulit kering atau bisa juga menyebutkan tidak cocok karena kulit kita alergi pada suatu ingredients sehingga tidak cocok untuk kulit kita tapi mungkin akan cocok jika kalian tidak alergi terhadap ingredients tersebut
Nah itu dia hal yang aku tangkap dari Ngopi Cantik. At least semoga bisa menambah wawasan ya buat  kita semua. Kalau kalian mau sharing boleh dong komen dibawah biar kita semua saling belajar..