Gatal pada kulit sering kali terjadi, atau sudah sangat umum di masyarakat. Gatal tersebut bisa menyerang bayi atau dewasa. Hal ini bisa mengganggu sebuah aktifitas yang sedang kalian lakukan bahkan mengganggu waktu tidur Anda. Perlu diketahui bila kalian terjadi gatal dalam waktu yang lama dan disertai dengan gejala yang lainnya.

Gatal bisa terjadi pada seluruh tubuh atau bisa juga di area tertentu. Ruam dengan kemerahan merupakan salah satu gejala yang diiringi dengan rasa gatal, akan tetapi hal tersebut bisa saja hilang dengan sendirinya, atau menggunakan obat yang di makan. Namun bila rasa gatal tidak hilang atau mereda, hal ini sudah menandakan bahwa adanya penyakit yang lebih serius.
Hal yang paling utama dalam memberikan rasa gatal ialah gigitan yang dilakukan serangga terhadap kulit, akan tetapi ada banyak hal yang lainnya yang menyebabkan rasa gatal terjadi, seperti.

1 . Penyakit pada kulit
Pada dasarnya ialah memiliki penyakit kulit seperti eksim, folikulitis, kudis, psoriasis, dan prurigo. Pada dasarnya rasa gatal dirasakan di area tertentu dan disertai dengan gejala iritasi kulit.

2. Kulit kering
Kondisi lingkungan biasanya bisa menyebabkan kulit kering, seperti dengan udara kelembapan rendah, terlalu lama dalam mencuci atau mandi, terus menerus berada diruangan berAC.

3. Penyakit dalam
Penyakit dalam biasanya menimbulkan gejala alergi kulit gatal seperti, hepatitis, anemia defisiensi besi, penyakit celiac, leukemia, gangguan tiroid, dan limfoma.

4. Perubahan hormon saat hamil
Bagi wanita yang sedang mengalami kehamilan akan merasakan gatal pada bagian perut, paha, lengan, dan payudara karena adanya perubahan hormon. Ada beberapa masalah kulit yang mungkin terjadi pada saat kehamilan ialah urtikaria, pruritus, dan plak yang biasa menyebabkan ruam dan gatal pada paha dan perut bagian atas. Dan tidak hanya perubahan hormon pada saat kehamilan akan tetapi pada saat menjelang menopause juga menyebabkan gatal-gatal.
Baca juga : Manfaat daun pandan untuk wajah 
                   Manfaat kecantikan dari buah bit 
                   Kurangi makanan ini untuk detox wajah berjerawat
sumber : https://lingshenyao.id