Bagi orang yang banyak beraktivitas hingga kurang memperhatikan asupan makanan serta waktu istirahatnya, lebih rentan terkena penyakit akibat virus. Hal ini disebabkan pada tubuh yang kelelahan akan memiliki kekebalan tubuh rendah sehingga virus lebih mudah masuk dan menimbulkan penyakit. 


Contohnya adalah penyakit flu yang kerap menimpa seseorang dengan aktifitas tinggi dan kurang beristirahat. Flu bisa menjadi penyakit yang mudah ditanggulangi tanpa obat, namun bisa juga menjadi penyakit membandel yang lama sembuh atau kambuhan.

Bagi teman-teman yang sering terkena flu dan membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh, hal tersebut adalah pertanda bahwa tubuh berada dalam kondisi kurang fit. 

Meski pada umumnya flu bisa sembuh dengan sendirinya, namun jika tak ada hal yang dilakukan secara khusus untuk mempercepat proses penyembuhan tersebut, flu bisa bertahan lebih lama. 

Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa teman-teman lakukan agar penyakit membandel ini lebih cepat disembuhkan sehingga bisa kembali beraktivitas dengan normal:

  • Istirahat.
Jangan memforsir tubuh jika sudah terkena flu dan ingin lekas sembuh maka kurangi aktifitas dan segera beristirahat.

  • Banyak makan dan banyak minum.
Tambah porsi makanan dan minuman yang menyehatkan. Konsumsi buah dan sayur lebih banyak. Biasanya jika sedang sakit saya akan mengkonsumsi makanan berkuah seperti sop, dan soto.

  • Madu asli.
Konsumsi madu asli setidaknya satu sendok setiap harinya.

Jika flu tak kunjung sembuh hingga lebih dari seminggu setelah melakukan hal di atas, maka jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Meski flu umumnya disebabkan oleh virus namun pada beberapa kasus juga bisa diperparah oleh hadirnya infeksi bakteri yang menyebabkan antibiotik. Obat pilek resepdokter akan memberikan komposisi yang lengkap sesuai dengan diagnosa penyakit Anda.

Lalu bagaimana jika pilek terjadi pada bayi? obat flu pada bayi sebaiknya tidak Anda pilih sembarangan karena bayi memiliki dosis tersendiri yang perlu diperhitungkan. Bawa si kecil ke dokter jika flu yang dideritanya tidak membaik setelah 3 hari padahal Anda selalu memberikan ASI yang mengandung zat untuk membantu kekebalan tubuhnya.