Menjelang akhir tahun ini jadi ingat pesan Mama, bahwa di akhir/awal tahun ini adalah waktu yang enak untuk melaksanakan ibadah umroh. Yap, cuaca yang lebih sejuk (cenderung dingin kayanya ya hahaha) menjadikan periode ini salah satu waktu yang pas. Saya sendiri belum pernah pergi umroh, namun saat Mama pergi, ternyata cukup mudah berkomunikasi dengan keluarga saat umroh maupun saat haji.

Cara Mudah Berkomunikasi dengan Keluarga Saat Umroh & Haji
Mengantar Mama dan Uti umroh di awal 2019

Keinginan untuk Pergi Haji & Umroh

Sebagai umat muslim, pasti dalam hati pengen mengunjungi tanah suci. Baik untuk melaksanakan ibadah umroh maupun haji. Apalagi kalau mendengar cerita orang-orang yang baru pulang dari tanah suci huhuhu, kadang ikutan terharu. Apalagi kalau melihat foto Kabah. Duh kapan ya bisa kesana. 

Cara Mudah Berkomunikasi dengan Keluarga Saat Umroh & Haji
Courtesy of Pixabay

Memang persiapan untuk ke tanah suci tidak sedikit. Kita harus mempersiapkan fisik, mental dan jangan lupa juga persiapan finansial. Apalagi kalau kita pergi dengan keluarga. Bahkan beberapa teman saya juga berani untuk membawa anak balita dan bayinya ikut umroh. Patut diacungi jempol! 🙂

Jumlah hari yang digunakan untuk beribadah umroh bervariasi, namun pada umumnya berkisar dari 9 hingga 15 hari. Apalagi kalau ditambah dengan tour ke kota atau negara lain yang kerap ditawarkan oleh biro perjalanan. Beberapa tips persiapan yang saya dapatkan dari para kerabat yang sudah lebih dulu ke tanah suci adalah :

  • Persiapan fisik yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, konsumsi multivitamin dan juga bisa berolahraga ringan agar tubuh tetap fit dan siap untuk beribadah. 
  • Persiapan mental dengan mengali informasi tentang umroh dari internet, buku dan juga dari kerabat. Jangan lupa juga untuk mengingat dan menghafal doa-doa penting serta peraturan/hukum umroh. Jangan sampai kita kesana tanpa bekal untuk beribadah ya.
  • Persiapan finansial, pastikan uang untuk berangkat dan juga untuk berbagai kebutuhan disana sudah ada. Ada berbagai macam paket yang ditawarkan namun rata-rata dimulai dari sekitar 1790 USD. Itu diluar dari asuransi, vaksin dan biaya pribadi lainnya untuk sehari-hari di tanah suci (dan di destinasi lainnya).
  • Persiapan untuk keluarga di tanah air. Jika kita berpergian sendiri, atau tidak lengkap sekeluarga, maka poin ini juga sangat penting. Siapa yang menjaga rumah, siapa yang mengawasi hewan peliharaan, bagaimana mereka bisa berkomunikasi dengan kita, bahkan in case of emergency, siapa yang dapat mereka hubungi. Sepele, namun tetap penting bagi kelangsungan ibadah umroh maupun haji.

Baca Review Buku Student Traveller (Annisa Hasanah)

Cara Mudah Berkomunikasi dengan Keluarga Saat Umroh & Haji
Courtesy of Pixabay

Berkomunikasi dengan Keluarga di Tanah Suci

Yap, di era digital ini, berkomunikasi dengan keluarga yang sedang berada jauh dari rumah memang cukup mudah. Bahkan waktu Mama melaksanakan umroh di awal 2019 kemarin, saya, Rio maupun Bapak saya juga bisa melihat Kabah secara langsung meskipun berada di Bogor. Yap dengan video call hihi.

Cara Mudah Berkomunikasi dengan Keluarga Saat Umroh & Haji
Video call dengan Mama saat di Mekah

Dengan adanya internet, kita bisa melakukan video call secara langsung untuk mengetahui kabar sanak keluarga di tanah suci. Dengan komunikasi yang lancar, perasaan keluarga yang ditinggalkan di tanah air juga jauh lebih tenang. Mau nitip doa juga tinggal kirim message hihi.

Yang paling penting, kita juga bisa memantau keberadaan Mama dari jauh. Memang keluarga saya menggunakan Location Tracker yang ada di Google Map. Sehingga tanpa harus mengirimkan pesan “dimana?”, kita bisa melihat lokasi orang secara real time. Tentu harus dengan internet dan GPS yang menyala dong.

Cara Mudah Berkomunikasi dengan Keluarga Saat Umroh & Haji
Mendeteksi lokasi sanak keluarga

Tentu untuk bisa berkomunikasi secara mudah, diperlukan jasa telekomunikasi yang mumpuni. Salah satu service yang bisa digunakan dengan mudah untuk berkomunikasi kalah di tanah suci adalah dengan menggunakan Paket Umroh & Haji XL. Meksipun namanya Paket Umroh & Haji XL, namun bisa juga digunakan saat musim haji. Pokoknya lebih mudah untuk berkomunikasi dengan keluarga di tanah suci deh.

Baca Belajar Mendidik Anak di Era Digital 

#JADIBISA Komunikasi dengan Paket Umroh & Haji XL

Cara Mudah Berkomunikasi dengan Keluarga Saat Umroh & Haji
Courtesy of XL

Dengan adanya Paket Umroh & Haji XL, kita bisa menelpon, mengirim dan menerima SMS, dan mengakses internet dengan mudah saat di tanah suci. Paket ini memberikan kuota data yang lebih besar dengan harga terjangkau, serta dukungan jaringan yang lebih luas di Arab Saudi. 

Paket Umroh & Haji XL dimulai dengan harga Rp. 149.000,- untuk start jangka waktu 10 hari. Kita jadi bisa menikmati akses komunikasi yang baik, bahkan di beberapa paket ada unlimited internet.

Cara Mudah Berkomunikasi dengan Keluarga Saat Umroh & Haji
Courtesy of XL

Paket Umroh & Haji XL ini tersedia di berbagai online marketplace, seperti Traveloka Apps, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Kaskus, JD.ID, Sepulsa dan Ayopop Apps. Cara mengaktifkannya juga mudah, bahkan bisa dilakukan saat kita masih di Indonesia. Sebelum berangkat, silakan aktifkan paket Umroh & Haji XL dengan menekan *123*747# atau buka aplikasi myXL. Kemudian pilih Paket Umroh & Haji XL yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan layanan data roaming tetap dalam keadaan aktif ketika kita sampai di Arab Saudi agar bisa menggunakan layanan Paket Umroh & Haji XL. 

Saldo akan dipotong langsung setelah aktivasi Paket Umroh & Haji XL berhasil dan masa aktif paket akan dihitung setelah kita tiba di Arab Saudi (Loc-up), Untuk mengecheck penggunaan paket, bisa tekan juga *123*747# atau buka aplikasi myXL di untuk mendapatkan informasi terkait penggunaan data roaming selama di luar negeri.

Baca Yuk Berkunjung ke 6 Destinasi Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri

Courtesy of Pixabay

Dengan adanya Paket Umroh & Haji XL,  kita dapat dengan mudah berkomunikasii dengan keluarga saat umroh & haji. Karena XL, semua #JADIBISA ibadah dan komunikasi lancar. 😀 Ada yang sudah menggunakan Paket Umroh & Haji XL ini saat ke tanah suci? Please leave your comments below!

The post Cara Mudah Berkomunikasi dengan Keluarga Saat Umroh & Haji appeared first on faradiladputri.com.