Sedikit curhat, sebenernya aku ga suka ikan dan ga makan ikan, kenapa sih ga suka ? Kenapa ga makan ikan kan banyak protein dan baik bagi kesehatan? Bukan ga makan sih, aku makan ikan cuma ikan tertentu yang aku mau makan, apa aku vegetarian ? Ga juga :D aku mau makan daging sapi, kambing, ayam tapi bebek aku ga suka ga tau kenapa kalo inget dia main lumpur . Jadi balik lagi ngomongin kenapa aku ga makan ikan, aku sebenernya makan, tapi ikan tertentu yang aku bisa dan aku makan. Karena ada beberapa ikan yang aku ga bisa karena alergi, seperti ikan tongkol terus aku juga ga bisa makan seafood (oh god kenapa aku ga bisa makan enak :D dan temen-temen aku juga bilang gitu :D. Selain alergi tongkol aku juga alergi  seafood, udang, cumi dan semacamnya, kadang aku tuh pengen nyoba makan cumi, kepiting  tapi apalah daya makan udang-udangan satu doang udah garuk-garuk.

Beberapa ikan lainnya aku ga suka karena dulu sebenernya fine-fine aja makan ikan kalo ga alergi tapi dulu beberapa kali makan ikan tapi ketulangan, terus ada yang kemaleman empedu jadi rasanya pait, ada pernah makan tapi rasanya tanah dan lumpur dan dari situ aku kapok makan ikan. Aku suka ikan sarden, salmon, lele, gurame (tapi digoreng krispi sampe ga kerasa ikan banget) karena ada ikan yang rasanya khas banget dan aku ga suka (lagi-lagi aku ga suka).

Beberapa waktu lalu jujur, aku ga pernah makan ikan salmon dan sama sekali ga pengen nyoba juga, tapi aku disuruh makan karena baik buat tubuh dan berprotein karena aku jarang makan ikan juga. Dalem ati bilang (Ya allah buat lidah aku nerima dan aku berusaha suggesti diri sendiri kalo emang ikan salmon emang enak (sangking aku ga doyan ikan )). 

Setelah dibilang makan ikan, aku pun beli ikan salmon 1/4 kg doang dan baru mau nyoba karena takut ga cocok dilidah kan mubazir kalo beli banyak tapi ga dimakan. Setelah semuanya kebeli salmon dan bahan bahannya sampe rumah pun bingung karena aku ga pernah masak ikan salmon, paling kalo masak ikannya ya digoreng biasa :D.  Lama banget aku mikir setelah beberapa hari mencari referensi mau diapakan ikan salmon ini akhirnya nemu juga ide dan resep membuat salmon Asam manis.

Jadi, tadi tu sedikit intermezzo aja jangan tegang dan serius banget :D kita langsung mulai aja untuk resep salmon asam manis ini udah ga sabar kan ? Apa b aja ? Ga sabar dong hehe.

Untuk bahan kalian harus siapkan : 
Bahan dasar : 

  1. 1/4 Kg Ikan Salmon (boleh lebih sesuai selera)
  2. 1 Buah Wortel 
  3. 2 buah jeruk kunci / Nipis (untuk menghilangkan bau amis pada ikan)
  4. Tepung bumbu kentaki (boleh pakek untuk memberikan rasa gurih pada ikan)

Bahan bumbu : 
  1. 2 siung bawang putih
  2. 3 siung bawang merah
  3. 1 siung bawang bombay 
  4. 3 batang cabe rawit 
  5. Saus sambal 
  6. Saus tomat 
  7. Merica Secukupnya
  8. Garam Secukupnya
  9. Minyak Secukupnya 
  10. Air Secukupnya.


Cara membuat :
Pertama, cuci dan bersihkan ikan salmon fillet dan potong dadu (sesuai selera) daberi perasan air jeruk kunci/nipis.

Kedua, iris wortel dan cabe rawit 
Selanjutnya iris juga bawang putih, bawang merah dan bawang bombay.

Campurkan ikan kedalam tepung kemudian panaskan minyak kedalam wajan dan masukkan ikan tepung, goreng sampai ikan krispi dan matang. Angkat kemudian tiriskan.



Selanjutnya tumis bawang putih, bawang merah dan bawang bombay hingga tercium wangi setelahnya kalian bisa tambahkan wortel, cabe rawit, merica dan garam.
Setelah bahan semua matang tambahkan saos tomat dan saos sambal. 
Tuangkan sedikit air dan masak hingga mengental.

Setelah mengental angkat dan siramkan di ikan salmon goreng tadi.


Nah, itu dia resep membuat salmon asam manis, ini pengalaman pertama aku nyobain salmon dan ternyata enak dan cocok dilidah aku. Jadi buat kalian yang sama kayak aku yang ga suka makan ikan, yuk cobain dulu dan kalian bisa cobain resep ini dirumah, karena bahannya gampang ditemuin dan resepnya simple.

Thank you buat yang udah mampir dan baca cerita dari aku.

Semoga bermanfaat dan menginspirasi :)