Air kelapa adalah air segar yang keluar ketika Anda membuka sebuah kelapa segar. Sedangkan santan adalah cairan kental yang Anda dapatkan ketika mencapur daging kelapa dengan air. Gilingan tersebut kemudian disaring dan menghasilkan santan.
Cara terbaik mendapatkan santan adalah membeli kelapa yang sudah tua dan matang. Seiring bertambahnya umur buah, air didalamnya akan digantikan dengan daging buah. Hal ini membuat kualitas santan lebih baik.

Santan, bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, bisa sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Santan dapat digunakan dalam beragam perawatan kulit dan rambut. Santan juga digunakan sebagai bahan dasar utama di hampir setiap hidangan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Jika Anda mengenal masakah padang, saya yakin Anda akan banyak menemukan santan dalam olahan masakan tersebut.

Santan digunakan dalam masakan bukan hanya karena rasanya, tapi juga karena berbagai macam nutrisi yang dikandungnya.
Ada beberapa yang menjadi manfaat santan untuk wajah.

1 Melembapkan kulit.
Tidak diragukan lagi bahwa mandi susu telah menjadi salah satu perawatan kulit terbaik yang telah diterima di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sangat umum kita ketahui bahwa mandi susu dapat melembabkan kulit dan membuat kulit menjadi lentur dan lembut.
Ternyata santan juga bisa dijadikan bahan lulur. Tidak hanya melembabkan kulit, santan juga dapat memerangi kulit kering, gatal, bengkak, dan kemerahan. Selain itu, santan juga dapat menenangkan kulit serta meningkatkan kesehatan dan kecerahan kulit.

2.  Mencegah penuaan dini
Santan mengandung vitamin C dan tembaga yang dapat membantu menjaga elastisitas dan fleksibilitas kulit sekaligus meningkatkan kesehatan tampilan kulit.
Buat pasta dari beberapa tetes santan dan campur dengan 6-7 kacang almond yang telah dikupas. Campur dan gunakan sebagai masker wajah sekitar 15 menit. Cuci bersih menggunakan air dingin. Lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu untuk meningkatkan kesehatan kulit serta mengurangi tanda-tanda penuaan kulit secara signifikan.

3. Membantu mengangkat kulit kering mati
Santan adalah salah satu cara terbaik dan paling alami untuk membantu mengelupas kulit Anda.
Buatlah pasta santan dan campur dengan serbuk oatmeal sebagai scrub. Guanakan masker kulit ini 1-2 kali seminggu untuk hasil yang terbaik.
Baca juga : Manfaat daun pandan untuk wajah 
                   Manfaat kecantikan dari buah bit 
                   Kurangi makanan ini untuk detox wajah berjerawat
sumber : https://lingshenyao.id