Perlu di informasikan kembali bahwa Buah-buahan dan sayuran mengandung berbagai mikronutrien seperti vitamin, mineral dan antioksidan yang membantu tubuh untuk selalu menjaga daya tahan terhadap berbagai poenyakit dan menjadi pelarut terbaik terhadap lemak jenuh tubuh dan juga attacker terbaik terhadap sel-sel kanker dalam tubuh. buah dan sayur juga mengandung serat, yang membantu menghilangkan racun dan menurunkan kadar kolesterol. 

Sebuah study lain menunjukkan jika mengkonsumsi wortel secara teratur dapat mengurangi resiko terkena pernyakit jantung. Selain itu ternyata wortel dapat mengurangi kadar kolesterol 
Beta karoten yang terkandung dalam sebuah wortel berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu tubuh melawan pengaruh negatif dari radikal bebas.

Selain itu, sebagai antioksidan, beta-karoten diubah menjadi vitamin A dalam tubuh dan vitamin ini penting untuk pertumbuhan. Sebenarnya, apa saja manfaat dari wortel?

- Membantu penglihatan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, sekitar 1,4 juta anak di dunia mengalami kebutaan akibat kekurangan vitamin A. Jadi, nutrisi ini memang sangat penting untuk penglihatan.

- Meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin A membuat kulit dan sel-sel sepanjang saluran napas, sistem pencernaan dan saluran kemih tetap sehat. Semua ini merupakan ujung tombak pertahanan tubuh terhadap infeksi. Bahkan, kekurangan vitamin A yang ringan sekalipun pada anak erat kaitannya terhadap tingginya angka penyakit saluran pernapasan dan diare.

- Melegakan pernapasan. Wortel bisa mencegah asma pada anak, khususnya yang selalu dikelilingi perokok. Studi pada anak usia 4-16 tahun menemukan, asupan beta-karoten yang baik akan mengurangi serangan asma hingga 10% bila ia berada di lingkungan bebas rokok, serta 40% jika menjadi perokok pasif alias menghisap asap rokok orang lain.

Richard Baybutt, rekanan profesor nutrisi di Kansas University menemukan hal yang mengejutkan.
Ternyata, zat beracun yang umum ada dalam asap rokok, yakni benzo(a)pyrene, memicu terjadinya kekurangan vitamin A.
Baca juga : Manfaat daun pandan untuk wajah 
                   Manfaat kecantikan dari buah bit 
                   Kurangi makanan ini untuk detox wajah berjerawat
sumber : https://lingshenyao.id