Gratis Packing di Blibli, Jualan Online Makin Untung
(Jualan online yang sudah aku rencanakan terkendala oleh siapa yang packing. Dokpri)
Jualan Online Shop Hijab - Bermimpi menjadi penjual dalam bisnis hijab di era milenial saat ini meruapakan sebuah peluang besar sekaligus menantang, karena pesaing tidak hanya satu atau dua orang. Hal inilah yang  menjadi pertimbangan aku untuk meneruskan niatan untuk jualan online sebuah hijab.

Pengalaman merencanakan jualan online shop

Gratis Packing di Blibli, Jualan Online Makin Untung
(source: unsplash.com)

Aku memang pada dasarnya menyukai yang namanya berjualan, aku masih ingat saat perekonomian keluargaku mengalami pasang surut, aku sudah dilatih untuk bermental bisnis. Aku mulai dengan berjualan makanan snack anak-anak SD yang awalnya satu dua jenis, lalu permintaan itu menjadi berkembang hingga terdengar oleh para pedagang sekolahan dan kebetulan aku sudah mau lulus SD.

Lalu masih berlanjut untuk berjualan di SMP, yang mana aku berjualan snack berupa gorengan, kue basah dan juga puding, yang mana itu semua dibuat home made oleh mamah dan papahku. Yang tidak bisa aku lupakan adalah saat aku membawa puding untuk aku jual, ternyata hanya laku dua buah saja dan itu pun dibeli oleh temanku, sejak saat itulah aku tidak lagi berjualan.

Gratis Packing di Blibli, Jualan Online Makin Untung
(teaser bahan untuk jualan online shop hijab yang belum selesai terkendala "siapa yang packing"? Dokpri)

Masa-masa rindu dengan namanya jualan, aku masih sempat membantu berjualan di rumah karena mamah punya sebuah warung. Dan setelah menikah dan memutuskan untuk resign, aku diminta oleh suami untuk berdiskusi merencanakan tentang jualan online shop ini dan dekat dengan keseharianku, yaitu hijab.

Pasang surut biniss ide dan action jualan online shop hijab 

Gratis Packing di Blibli, Jualan Online Makin Untung
(beberapa kali sudah aku coba untuk teaser hijab ini untuk jualan online. Dokpri)

Hal ini karena aku masih merasa kesulitan dalam menemukan beberapa vendor untuk sampai pada tahap action, karena aku inginnya memulai jualan online shop hijab ini dengan label dan merk hijab sendiri, bukan dari reseller. 

Udah gitu, aku merasa so takes time banget ketika bisnis aku ini sudah jalan, namun aku ada pekerjaan lain sehingga sangat keseulitan jika harus menyiapkan dari proses produksi, hingga pada proses pengiriman. Sudah berandai-andai jika ada sebuah e-commerce yang bisa memberikan gratis packing dan ongkos kirim produk dan itu sudah diwujudkan oleh Blibli.com

Sehingga yang tadinya aku bermalas-malasan dalam meneruskan ide dan action jualan online shop hijab, dengan adanya penawaran dari Blibli.com ini aku makin percaya bahwa sebagai penjual bisa dapatkan untung yang ga tanggung-tanggung.

Membayangkan kemudahan gratis packing dan ongkos kirim produk yang diberikan Blibli.com

Gratis Packing di Blibli, Jualan Online Makin Untung
(Gratis Packing di Blibli, Jualan Online Makin Untung. Dokpri)

Karena bukan type wanita yang menyukai hal-hal mendetail dan rasanya aku sangat tidak kompeten untuk setiap penjualan nanti yang akan di packaging, karena sebelum meluncurkan jualan online shop hijab ini, aku sudah mencoba menjual barang dalam bentuk jastip dan beberapa barang preloved dan kuakui terkendala sekali pada bagian packaging.
Berkaca dari pengalaman aku yang pernah mendapatkan beberapa kali complain dari costumer tentang packaging aku yang tidak support atas barangnya dia, karena menggunakan kresek, ada beberapa bagian yang menjadi bolong, menjadi sangat tidak rapih karena lakban yang ditempel tidak rapih juga. Bisa-bisa jadi stress aku kalo ngurusin permasalahan packaging ini, dan inilah celah dimana aku tidak mau meneruskan jualan online shop hijab. 

Hal ini aku sadari karena kendala packaging sangatlah fatal, bisa-bisa customer tidak mau repurchase lagi, lalu sirkulasi perdagangan aku di jualan online shop hijab ini tidak meningkat dari waktu ke waktu. Bayanginnya aja udah sedih bin nelangsa.

Penawaran gratis packing dan ongkos kirim produk yang diberikan Blibli.com 

(Kegiatan packing oleh Blibli membuat penjual makin untung. Dokpri)

Terima kasih banyak lho Blibli.com sudah hadirkan kemewahan ini karena berarti banget buat penjual newbie kayak aku ini biar makin semangat melanjutkan jualan online shop nya tanpa terpentok di wilayah packaging.

Nah, teman-teman yang merasa super ribet dan hectic untuk menangani dan ga sanggup rasanya terus-terusan menghadapi complain dari customer hanya dari persoalan packaging ini, yuk-yuk simak cara-caranya untuk dapatkan gratis packing dan ongkos kirim produk yang diberikan Blibli.com ini:

Jika sudah terdaftar sebagai merchant :
  • Pada bagian MTA klik pesanan lalu selanjutnya klik pesan packaging
  • Muncul pilihan packaging, lalu klik dan pastikan harga yang tertera itu berubah menjadi 0 (nol) ya
  • Tunggu sampai mendapatkan verifikasi dari Blibli lalu jika sudah disetujui pesanan itu akan terkirim ke tempat teman-teman

Apabila belum terdaftar sebagai merchant:
  • Memastikan sudah punya akun Blibli.com ya
  • Lalu hubungi merchant care di nomor 021-579-77777 atau melalui merchant.care@blibli.com untuk mendapatkan akun kemasan gratis
  • Selanjutnya klik www.blibli.com/pages/kemasan-partner dan buat kemasan 150 pc
  • Terakhir kita akan melihat adanya perubahan harga kemasan menjadi 0 (nol) rupiah dan pesanan akan dikirimkan oleh Blibli.com
So, tunggu apalagi gengs buat bisa mendapatkan keuntungan karena tidak harus ribet dengan proses packaging ini dan dijamin rapih sehingga complain dari customer diharapkan itu adalah berupa value dari jualan online yang sedang aku rintis ini ya seperti pengembangan produk atau modifikasi dari produk yang aku jual nantinya. Semangatin aku ya!